Trik Ampuh Memisahkan Video dan Audio di Adobe Premiere Agar Bisa Diedit Terpisah

0

Untuk memisahkan video dan audio, kamu bisa ikuti langkah mudah di bawah ini. Aplikasi yang digunakan untuk tutorial ini adalah Adobe Premiere Pro CS 6, seharusnya tidak ada masalah jika kamu menggunakan versi yang berbeda karena kita hanya akan beraktivitas di dalam…

Beberapa recorder memiliki caranya sendiri untuk menyimpan hasil record atau hasil rekamannya sendiri, banyak aplikasi perekam atau recorder yang yang menggabungkan video dan audio / suara menjadi satu kesatuan tapi ada juga beberapa aplikasi recorder yang memisahkan komponen video dan audio.

Ketika aplikasi recorder yang kamu gunakan itu menggabungkan video dan audio, ketika kamu masukkan ke dalam timeline di Adobe Premiere maka akan menjadi satu kesatuan yang utuh seperti bawaannya. Ketika kamu cut, split, geser ke kanan dan kiri, video dan audio akan kena dampaknya. Lalu, bagaimana caranya jika saya ingin memisahkan audio dan video yang sudah tergabung dari sananya agar bisa di edit secara terpisah di Adobe Premiere?

Cara Memisahkan Video dan Audio di Adobe Premiere Pro

Untuk mengetahui cara memisahkan video dan suara di Adobe Premiere, kamu bisa ikuti langkah mudah di bawah ini. Aplikasi yang digunakan untuk tutorial ini adalah Adobe Premiere Pro CS 6, seharusnya tidak ada masalah jika kamu menggunakan versi yang berbeda karena kita hanya akan beraktivitas di dalam timeline.

  • Buka aplikasi Adobe Premiere
  • Masukkan video dan audio yang masih tergabung ke dalam timeline
  • klik pada komponen audio
  • Tekan ALT pada keyboard + klik kiri lalu tarik ke bagian bawah (untuk membuat duplikat)

Sekarang kamu sudah memiliki 2 audio, klik satu per satu audionya. Salah satu dari audio tersebut ada yang ketika diklik dia menyala bersama video, sedangkan audio yang satunya lagi ketika diklik dia hanya nyala sendiri.

video dan audio terpisah adobe premiere pro

Setelah memiliki audio terpisah, sekarang kamu bisa menarik bebas audio tersebut karena sudah tidak gabung sama videonya lagi. Tapi, jika ingin timeline kamu lebih rapih, lakukan hal berikut:

  • Klik pada audio yang sudah terpisah
  • Tarik dan timpa pada audio yang masih tergabung dengan video
video dan audio terpisah adobe premiere pro cs 6

Gambar ini menunjukkan bahwa sekarang timeline kamu hanya memiliki audio dan video yang sudah terpisah, coba buktikan dengan cara geser audio ke kanan dan ke kiri, video tidak akan ikut bergeser karena bhenar-benar sudah terpisah. Sekarang, kamu sudah memiliki suara dan video terpisah, lanjutkan mengedit!

Masih bingung? Yuk, klik disini untuk menonton video tutorialnya.

Artikel Lainnya

Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya