Memotong (Crop) Video di Adobe Premiere

Hilangkan Bagian yang Tidak Digunakan

Sudah tidak asing lagi pada setiap aplikasi pengedit video harus memiliki fitur potong / crop video untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya walaupun tidak semua pengguna memerlukannya. Begitu juga pada aplikasi pengedit video Adobe Premiere dan kali ini saya akan jelaskan tentang memotong (crop) video di Adobe Premiere mungkin bisa bermanfaat buat temen-temen yang baru memulai Adobe Premiere.

Seperti biasa masuk ke aplikasi Adobe Premiere Pro / CC nya, disini saya anggap kalian sudah memiliki video pada timeline dan siap diedit. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan tapi saya beritahukan yang umum dan mudah digunakan yaitu menggunakan Effect.

Silahkan beralih ke tab Effects (biasanya terletak disebalah kiri layar) -> Video Effects -> Transform -> Crop atau cukup ketik “Crop” pada kolom pencarian maka akan menampilkan Effect Crop. Silahkan tarik efek tersebut ke video (timeline) yang ingin dipotong atau bisa juga tarik ke bagian tab Effect Controls pada video yang bersangkutan (untuk melihat isi Effect Controls video tersebut harus di klik terlebih dahulu).

(lihat gambar) Perhatikan tanda-tanda merah pada gambar diatas, kalian akan memerlukan itu semua.

Setelah Crop itu berhasil diterapkan pada video yang bersangkutan, silahkan tarik Left / Top / Right / Bottom yang ada didalam Crop untuk mulai memotong video tersebut maka video akan terpotong, silahkan lihat di cuplikasi / pratinjau video apakah pemotongan sudah sesuai. Jika belum, kalian dapat mengaturnya pada bagian Crop sampai sesuai.

Ada cara yang biasa saya gunakan yaitu klik Crop yang sudah diterapkan di tab Effect Controls maka akan muncul garis pemotongan di pratinjau video, dengan begini maka pemotongan lebih mudah cukup dengan menarik garis-garis tersebut.

Bagaimana Jika Ingin Crop Dengan Animasi ?

Sebetulnya bukan animasi tapi pemotongan yang berbeda disetiap frame, kalian dapat memanfaatkan keyfame untuk melakukan ini.

Misalnya crop video pada detik 5 sampai detik 10 dan kembali lagi seperti ukuran semula, maka arahkan garis merah sampa detik 5 kemudian sesuaikan pemotongan dengan cara diatas. Kemudian klik Toggle animation pada masing-masing posisi untuk membuat keyframe.

(lihat gambar) Perhatikan tanda-tanda merah pada gambar diatas.

Karena ingin kembalikan ke ukuran semula pada detik ke-10 maka perlu mengembalikan ukuran keyframe tersebut. Silahkan arahkan ke detik 10 kemudian buat keyframe baru seperti cara diatas namun nilai Crop nya kembalikan seperti semula (biasanya bernilai nol).

Dengan begitu, ketika video masuk ke detik 5 akan mulai memotong dan kembali lagi pada detik 10. Tapi jika ingin membuat animasi / transformasinya lebih cepat silahkan duplikat masing-masing keyframe dan letakkan didekat keyframe-keyframe sebelumnya. Semakin dekta keyframe itu maka animasi semakin cepat.

Silahkan lihat artikel lainnya tentang Zoom in Zoom out video di Adobe Premiere atau Cara Menghilangkan Suara, disana ada penjelasan lebih lengkap mengenai penggunaan kecepatan animasi keyframe.

Silahkan di mainkan videonya dan lihat hasilnya.

Masih bingung ? Lihat : Video tutorial cara crop video di Adobe Premiere.

Cara memotong / crop video ini biasanya tidak berbeda jauh pada beberapa aplikasi, biasanya terdapat detik untuk memotong – keyframe dan tool untuk memotong yang mana disebut Effect Crop pada Adobe Premiere. Animasi pada aplikasi ini akan lebih mudah dibuat jika kalian memahami keyframe di Adobe Premiere.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

1
Tinggalkan Komentar

avatar
ary
Visitor
ary

mas ,saya mau nanya dong…
di adobe premiere pro cs6 tuh optical flow ny dmana ya?

trus saya coba plugin twixtor untuk slowmotion malah eror video ny. malah keluar gambar kuning aja.
mohon info ny mas

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi