Tips Memberikan Kesan Terbaik Untuk Pengunjung Website

Ketika ada tamu atau kerabat yang berkunjung ke tempat tinggal / rumah pasti ingin memberikan kesan yang baik bukan ? Gak mungkin kalian mau menerima tamu apa lagi tamu istimewa dengan keadaan rumah yang berantakan dan kotor. Nah, hal itu juga berlaku loh untuk website.

Nih buat kalian yang websitenya masih kurang terlihat rapih atau kalian kurang pede dengan website yang sekarang ? Bukan cuma merubah tampilan website saja, tapi harus ada hal lain yang diperbaiki juga.

Kali ini akan saya berikan tips tentang memperbaiki situs dengan kesan yang terbaik.

#Tips-1, Navigasi Website

Kita mulai dari atas dulu, biasanya atau umumnya navigasi alias menu website itu ada di bagian atas. Bagaimana navigasi yang baik ? Menurut beberapa sumber dari internet banyak yang menyebutkan bla bla bla dan rincian panjang lebar. Singkat aja nih, navigasi menu pada website harus membantu website kalian di mesin pencari dan harus memudahkan pengunjung dalam tour nya di situs web kalian.

Usahakan untuk memanjakan pengunjung dengan hanya beberapa klik / sekali klik menu untuk menuju ketujuan yang mereka inginkan. Jangan sampai kejauhan atau perlu klik beberapa kali untuk mereka dapatkan apa yang mereka cari. Pengunjung bisa bosan dan males harus banyak klik, bisa2 mereka pergi.

Untuk mesin pencari, itu hanya bantuan saja. Misalnya pada navigasi menu kalian terapkan dengan nama2 menu yang sesuai kategori dan tidak menyulitkan untuk dibaca mesin pencari. Misalnya, memberi nama navigasi menu dengan campuran angka dan bukan berasal dari kategori yang ada di situs web kalian.

#Tips-2, Mobile-Friendly

Pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata ini, apa artinya ? Artinya adalah website yang bersahabat dengan ponsel. Maksudnya ? Maksudnya website yang tidak hancur berantakan ketika dibuka di ponsel. Saat ini, udah gak jaman lagi ya kayanya kalo sebuah website tidak responsif / mobile friendly. Karena smartphone sekarang makin canggih dan makin banyak penggunanya. Selain itu, makin banyak juga orang2 yang membuka website di smartphone masing2 dengan alasan lebih praktis dibanding harus membuka laptop atau menyalakan komputer.

Nah dari situlah muncul ide2 untuk membuat website yang responsif supaya pengunjung merasa nyaman ketika berkunjung ke website kalian menggunakan hp, tentu hal ini adalah kesan terbaik yang kalian berikan kepada pengunjung yang menggunakan hp.

#Tips-3,  Link / Tautan

Pada setiap artikel atau postingan tentu biasanya mengandung link / tautan baik itu interna ataupun eksternal. Apa itu internal ? Yaitu link yang mengarah masih di website kalian sedangkan eksternal yaitu link yang mengarah keluar dari website kalian.

Sepele memang, tapi kalo sampe salah2 menggunakan link2 ini bisa berakibat menurunnya pengunjung situs blog. Lalu apakah bagus kalo tidak menggunakan link / tautan pada post ? Tidak juga ! Karena kalian sebagai pemilik website jangan sampe membiarkan pengunjung tersesat di satu tempat. Perlu kalian arahkan kesana kesini agar dia mudah mencari jalan yang sesuai.

Nah, yang jadi masalahnya tuh kalo kalian simpan link2 didalam post tapi gak jelas. Misalnya hanya berisi link palsu alias tidak ada tujuan selain iklan iklan iklan dan iklan atau bahkan menuju ke link spam. Sekali saja kalia nseperti itu, saya jamin pengunjung bakalan kapok.

Hati2 dalam menerapkannya, tidak boleh mengisi link2 bohong. Walaupun beriklan kalian tetap harus mengarahkannya ke tujuannya. Misalnya hanya menampilkan iklan sekali, lalu pengunjung akan diarahkan ke tujuannya. Sayapun pake iklan di link / tautan seperti itu. Contohnya seperti ini KLIK DISINI dan kalian akan melihat iklan kemudian klik skip iklan maka akan diarahkan ke channel YouTube Rio Bermano. Betul ?

Nah seperti itu, tidak terlalu menyulitkan pengujung bukan ?

#Tips-4, Laman Kontak

Mungkin biasa saja, malah beberapa teman pun ada yang bilang gak penting. SALAH !

Dengan laman kontak, saya bisa dapatkan ratusan dolar per 3bulan. Ko bisa ? Ya, seseorang pasti mencari jasa yang murah dan terpercaya. Apa lagi kalian aktif di blog. Kalo ada yang mau bertanya secara personal misalnya tentang project. Masa harus di komentar ? Kan gak lucu ya.

Terlihat lebih personal dan serius kalo mereka bisa menghubungi kalian via lama kontak. Contoh laman kontak punya saya nih seperti ini. Sederhana atau full tidak masalah. Kalian mau isi lengkap banyak bidang juga tidak masalah asal masih masuk akal. Kalo saya sih simpel aja, karena selengkapnya nanti bisa kita balas via email dan selanjutnya bisa ngobrol via email.

#Tips-5, Testimoni

Ngomong2 soal project nih barusan, jadi tips kelima ini saya kasih testimoni aja. Misalnya buat kalian yang memang menerima jasa sebagai freelancer atau sebagainya, bisa gunakan tips kelima ini.

Kenapa testimoni harus ada ? Karena orang perlu mengetahui seberapa bagus hasil project kalian, dan bagaimana yang dirasakan klien kalian sebelumnya. Gak usah berbohong dalam memberikan testimoni. Kalo memang ada testimoni yang kurang baik dari klien sebelumnya kalian bisa untuk tidak menampikan daripada harus berbohong membuat testimoni2 palsu. Bukan begitu ? Karena bohong gak ada yang berujung kebaikan ya hehe… Buat kalian yang gak paham apa tips kelima ini, abaikan saja.

#Kesimpulan

Jadi, anggap website itu rumah kalian dan visitor adalah tamu istimewa yang kalian tunggu2. Bagaimana caranya tamu bisa betah dan berkomentar baik atas apa yang kalian berikan ? Ya, berikan pelayanan dan lingkungan yang nyaman. Setiap pengunjung itu berharga buat saya pribadi, karena tanpa mereka website yang saya kelola tidak akan bernilai.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi