Panduan Awal Penggunaan Aplikasi Video Editor “Adobe Premiere”

Buat para pengguna baru aplikasi edit video Adobe Premiere mungkin masih menemukan banyak atau beberapa hal yang membingungkan dalam penggunaannya, maka dari itu pada postingan ini saya akan sedikit membantu cara mulai pengeditan menggunakan Adobe Premiere Pro CS 6 (tidak berbeda jauh dengan CS lainnya atau Adobe Premiere CC versi yang setara).

Sebelum melanjutkan lebih jauh, ada beberapa hal yang perlu di siapkan untuk pengeditan:

  • Aplikasi, siapkan aplikasi Adobe Premiere-nya. Disarankan menggunakan aplikasi versi terbaru supaya lebih update
  • Video, siapkan video yang ingin di edit.
  • Audio, siapkan audio yang ingin disisipkan kedalam video (jika ingin menggunakan audio, misalnya musik).
  • Konsep, siapkan konsep yang bagus jika video yang di edit ini memerlukan konsep misalnya film pendek.
  • Minum, kali aja tiba-tiba haus pas lagi ngedit video.

Setelah semuanya siap, silahkan buka aplikasi Adobe Premiere nya.

Membuat Project

Jika ini pertama kali membuka aplikasi Adobe Premiere, akan diminta untuk membuat sebuah project terlebih dahulu. Project ini merupakan suatu file pengeditan dalam penggunaan aplikasi ini, suatu saat ingin mengedit dengan settingan yang sama maka tinggal buka lagi project ini.

Silahkan buat project sesuai keperluan, jika tidak yakin biarkan saja settingan bawaannya lalu klik Ok untuk memulai pengeditan dalam project ini. Untuk membuat project baru silahkan klik New Project, jika sudah memiliki project silahkan pilih salah satu project yang ada di daftar atau klik Open Project jika project tidak tampil di daftar project.

Jangan lupa untuk memberi nama pada project (jika membuat project baru) supaya mudah menemukannya nanti, juga beri nama pada sequence (jika membuat project / sequence baru). Sequence ini merupakan lembar pengerjaan pengeditan yang ada di dalam project, defaultnya akan menggunakan Sequence 01 dan seterusnya.

Step Awal, Penampilan

Setelah berhasil melewati langkah awal tentang “project dan sequence”, akan langsung membuka halaman pengeditan Adobe Premiere. Pada beberapa versi, tampilannya akan seperti gambar dibawah ini:

gambar 1 memulai edit video di adobe premiere pro - rio bermano

Jika tampilannya tidak seperti ini pun tidak jadi masalah, ini hanya soal selera dan kenyamanan penggunaan saja. Dengan tampilan seperti ini, kita dapat dengan mudah melihat hampir semua komponen yang digunakan dalam pengeditan video. Jika ingin mengatur tampilannya, silahkan cari di menu Window pada menu bar diatas kemudian centang bagian yang ingin ditampilkan pada layar misalnya bagian Project, Tools, Effect Controls.

Jika ingin memindahkan / menggeser komponen-komponen yang ditampilkan, cukup klik pada komponennya, tahan, tarik, dan jatuhkan di posisi yang diinginkan (misalnya memindahkan Effect Controls ke sebelah bawah bersamaan dengan tab Project).

Saya rasa udah cukup membahas soal tampilan, karena sebetulnya ini tergantung kenyamana masing-masing pengguna dan dapat dilakukan dengan seperti cara diatas kapanpun ingin mengganti posisi komponen dan tampilan.

Video Editing

Sekarang project ini mungkin masih kosong, kita perlu memasukkan video untuk mulai mengedit. Cara insert video ke dalam project ini dapat dilakukan dengan cara klik File -> Import… pada menu bar diatas (atau bisa dilakukan dengan cara menekan CTRL+I pada keyboard). Silahkan pilih video dan audio yang akan di eksekusi. Proses insert ini memerlukan waktu loading sebelum item benar-benar berhasil di import kedalam project, waktu proses ini tergantung dari jumlah dan besarnya file yang di import.

Video dan audio yang dipilih nantinya akan tampil di dalam tab Project : Nama Project, selanjutnya silahkan tarik video dan audio yang ingin di eksekusi ke timeline (baris waktu pengeditan, disebelah bawah kanan).

gambar 2 memulai edit video di adobe premiere pro - rio bermano

Di timeline inilah pengguna dapat mulai mengedit video seperti memotong, menggabungkan video, menghilangkan suara, duplikat video / audio, zoom, animasi memutar, dan lainnya. Di Adobe Premiere, tools / perkakas pengeditan sudah banyak sekali. Hampir semua tools yang diperlukan dalam pengeditan video profesional tersedia disini.

Jangan lupa untuk selalu menekan CTRL+S (atau klik menu File -> Save) untuk menyimpan pengerjaan, supaya gak terlalu jauh mengulang jika tiba-tiba mati lampu. Tapi, jika auto save diaktifkan, akan secara otomatis  menyimpan / save project setiap waktu yang ditentukan.

Mulailah berkarya, selamat mencoba !

Untuk mengetahui tingkat lanjut dalam pengeditan video, silahkan kunjungi kategori Video Editing di situs ini.

tunggu sebentar...

POS Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi