Membuat Page & Post di WordPress.Com

Menambah post dan halaman pada situs WordPress adalah salah satu tindakan yang pasti akan dilakukan oleh semua pemilik situs WordPress, halaman ini biasanya digunakan untuk menampilkan sebuah konten berupa page misalnya Syarat dan Ketentuan, Beranda, Privasi, dll. sedangkan adalah sebuah halaman berupa post yang berisi konten misalnya artikel. tutorial, dsb. Cara menambahkan post dan page di WordPress.Org dan WordPress.Com tidak berbeda jauh, postingan ini akan mencontohkan dengan WordPress.Com

Pertama-tama, masuk ke WordPress.Com kemudian klik Situs Saya (jika menggunakan bahasa Indonesia) di sebelah kiri atas untuk menampilkan dasbor situs yang sudah kamu miliki. Pada menu bilah sisi kiri kamu akan menemukan bagian Kelola dan didalamnya ada Halaman Situs dan Pos Blog, mari kita bahas satu persatu.

Membuat Halaman di WordPress.Com

  • Pada menu Halaman Situs di samping kiri, klik tombol Tambah nya untuk mulai membuat halaman baru
  • Masukkan judul halaman pada bidang Judul
  • Secara otomatis slug (URL) akan mengambil dari judul yang ditulis, slug dapat di edit
  • Masukkan konten untuk halaman dibagian editor

Setelah selesai mengisi konten dan semua bidang yang diperlukan, klik tombol Pratinjau dikanan atas (jika menggunakan desktop) untuk meninjau bagaimana kira-kira halaman ini akan tampil di depan. Klik tombol Publikasikan jika sudah yakin dan ingin mempublikasikannya, siapapun dapat melihatnya.

Klik menu Halaman Situs untuk menampilkan semua halaman / page yang pernah dibuat, termasuk halaman baru yang tadi sudah berhasil dibuat. Jika pengaturan situs blog “Halaman Depan Menampilkan Pos-Pos Terbaru”, akan ada satu halaman dengan judul Pos Blog sebagai halaman depan yang menampilkan semua pos dari situs bersangkutan.

Membuat Post di WordPress.Com

  • Pada menu Pos Blog di samping kiri, klik tombol Tambah nya untuk mulai membuat postingan baru
  • Masukkan judul halaman pada bidang Judul
  • Secara otomatis slug (URL) akan mengambil dari judul yang ditulis, slug dapat di edit
  • Masukkan konten untuk halaman dibagian editor, artikel / tutorial / konten lainnya masukkan disini

Setelah selesai mengisi konten dan semua bidang yang diperlukan, klik tombol Pratinjau dikanan atas (jika menggunakan desktop) untuk meninjau bagaimana kira-kira postingan ini akan tampil di depan. Klik tombol Publikasikan jika sudah yakin dan ingin mempublikasikannya, siapapun dapat melihatnya.

Klik menu Pos Blog untuk menampilkan semua halaman / page yang pernah dibuat, termasuk halaman baru yang tadi sudah berhasil dibuat. Pilih Draft pada tab diatas jika ingin melihat artikel yang disimpan sebagai draft / konsep (belum dipublikasikan).

Catatan: Slug (URL) yang dibuat tidak dapat sama, baik halaman maupun pos blog.

Setelah berhasil membuat post, jangan lupa untuk share agar pengunjung meningkat. Lihat: bagaimana cara auto share postingan WordPress.Com dan bagaimana menampilkan tombol share.

Selamat mencoba !

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...