Pengaturan Fitur Teman Dekat di Instagram

0

Fitur Teman Dekat / Close Friends di Instagram membantu kamu menjaga privasi kamu dekat orang-orang yang kamu anggap tidak harus mengetahui semuanya tentang kamu melalui story yang kamu bagikan.

Apa itu Teman Dekat di Instagram? Teman Dekat di Instagram atau yang biasa disebut Close Friends merupakan salah satu fitur gratis yang ada di Instagram yang dapat digunakan oleh siapapun yang memiliki akun Instagram. Dan siapapun yang ditambahkan ke daftar Teman Dekat ini dapat kamu bedakan dengan adanya tanda bintang hijau di profil nya ketika kamu melihatnya menggunakan akun kamu.

Fitur Teman Dekat ini memungkinkan kamu untuk membagikan story Instagram ke beberapa orang saja, artinya hanya orang-orang yang kamu pilih yang dapat melihat story yang kamu bagikan. Instagram menganggap orang-orang tersebut adalah teman dekat atau teman yang kamu kenal sehingga nama fiturnya Teman Dekat / Close Friends.

Hanya nama fiturnya saja Teman Dekat, sebetulnya tidak hanya untuk teman dekat kamu saja tapi kamu juga bisa menambahkan siapapun yang kamu pilih agar orang-orang tersebut bisa melihat IG story tertentu yang kamu bagikan. Intinya, akun manapun yang kamu tambahkan ke daftar Teman Dekat dapat melihat story IG kamu.

Cara Menambahkan Teman Dekat di Instagram

Untuk menambahkan orang-orang ke daftar Teman Dekat dapat dilakukan dengan dua cara yaitu melalui pengaturan Story (ketika akan mengirim story) dan melalui menu Teman Dekat yang ada di profil kamu. Mari kita coba menambahkan teman dekat melalui menu di profil terlebih dahulu.

  1. Buka IG

    Buka aplikasi Instagram dan login menggunakan akun kamu seperti biasa.

  2. Menu Teman Dekat

    Buka profil kamu dan klik burger menu (garis 3) di pojok atas kanan lalu pilih menu Close Friends jika menggunakan bahasa Inggris.

  3. Tambahkan Teman Dekat

    Akan muncul daftar akun yang disarankan oleh Instagram untuk ditambahkan ke daftar Teman Dekat kamu, klik tombol Tambahkan pada akun yang ingin kamu tambahkan ke daftar Teman Dekat.pengaturan close friends instagram

Jika akun yang ingin kamu tambakan ke daftar Teman Dekat tidak muncul di bagian Suggestions nya Instagram, kamu dapat memanfaatkan kolom pencarian yang disediakan untuk mencari akun yang ingin kamu tambahkan dan klik tombol Tambahkan / Add untuk menambahkannya ke daftar Teman Dekat. Tenang saja, teman kamu tidak akan mendapatkan notifikasi jika kamu menambahkannya ke daftar Teman Dekat kamu.

Akun-akun yang muncul di bagian Suggestions itu adalah akun-akun yang kamu ikuti / following, klik tanda plus (+) di pojok atas kanan jika kamu ingin menambahkan akun baru yang belum kamu ikuti sebelumnya lalu gunakan fitur pencarian untuk mencari akun yang kamu maksud. Klik tombol Tambahkan untuk menambahkannya ke daftar Teman Dekat.

follow dan otomatis clsoe friends ig

Jika menggunakan cara ini artinya kamu akan mengikuti akun tersebut dan otomatis menambahkan akun tersebut ke daftar Teman Dekat akun IG kamu.

Seperti yang dijelaskan di awal, kamu dapat menambahkan orang lain ke daftar Teman Dekat tidak hanya lewat menu Teman Dekat di profile Instagram saja tapi kamu juga bisa melakukannya dengan lebih cepat di pengaturan IG Story sebelum kamu mengirim story.

Buatlah story IG seperti biasa kemudian klik tombol Kirim ke jika menggunakan bahasa Indonesia di pojok bawah kanan, klik tombol Edit atau klik tanda panah pada bagian Teman Dekat.

edit teman dekat ig story

Disini kamu bisa menambah atau menghapus daftar Teman Dekat tepat sebelum kamu mengirim story, kamu akan melihat daftar Teman Dekat dan kamu dapat mengeditnya sesuka hati. Setelah berhasil mengedit, kamu bisa mengirim story ig kamu dengan tenang dan story ig kamu itu hanya dapat dilihat oleh orang-orang yang ada di daftar Teman Dekat yang terbaru.

Cek video tutorial pengaturan Close Friends Instagram disini.

Artikel Lainnya

Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya