Cara Menambahkan Foto & Video Suatu Tempat di Google Maps

0

Apakah kamu salah satu yang pernah bermimpi bekerja di Google? Yup, bagaimana tidak, ini adalah pekerjaan impian bagi banyak orang. Sayangnya, untuk manusia biasa seperti kebanyakan dari kita, mungkin mimpi itu terlalu rumit, melainkan hanya diperuntukkan bagi mereka yang memiliki IQ tinggi dengan kemampuan untuk berinovasi dan mengkodekan beberapa teknologi yang dapat mengubah hidup banyak orang. Tetapi jangan sedih dulu, karena masih ada cara untuk menempatkan logo Google di resume-mu dengan mendaftar program Google Local Guide. Program ini selalu dibuka dan kamu pasti akan mendapatkan pekerjaan di Google yaitu, sebagai Local Guide!

Google Local Guide atau Pemandu Lokal Google adalah orang-orang yang ingin berkontribusi dalam peningkatan berkelanjutan Google Maps dan informasi yang diberikan Maps kepada penggunanya. Ini memberi peluang bagi mereka yang ingin berbagi pengetahuan dan pengalaman lokal untuk mempublikasikan informasinya dengan menjadi Google Local Guide.

Dengan kata lain, Google Maps ini adalah platform atau tempat kamu berbagi dengan mempublikasikan pengetahuan dan pengalamanmu tentang daerah lokal kepada pengguna Google Maps lainnya yang mencari informasi tentang toko atau bisnis di daerah tersebut. Bagaimana? Cukup menarik, bukan?

ads by posciety

Nah, untuk itu kamu perlu mengetahui salah satu cara berkontribusi sebagai Google Local Guide. Salah satunya adalah dengan menambahkan foto dan video tentang tempat yang pernah kamu kunjungi di Maps. Cara menambahkan foto dan video suatu tempat di Google Maps adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Google Maps di Android, lalu pilih nama tempatnya di peta atau cari tempat dengan menuliskannya di bar pencarian dan pilih.

2. Selanjutnya, kamu akan dibawa ke halaman tentang tempat tersebut, scroll ke bawah hingga menemukan “Add Photos” atau “Tambahkan foto” dan pilih.

3. Di sini kamu dapat langsung memilih foto dan video tentang tempat tersebut dari galeri ponselmu dan tekan “Post” untuk mempublikasikannya.

Selamat, kamu telah berbagi informasi berguna bagi pengguna lainnya!

Google meluncurkan program Local Guide dengan tujuan untuk memperkaya kualitas informasi yang tersedia di aplikasinya guna memudahkan orang untuk mendapatkan lebih banyak informasi penting tentang tempat yang ingin dia tuju. Jadi, jika kamu ingin berkontribusi di Maps dan mendapatkan beberapa keuntungan lainnya (seperti logo “G” besar di resume-mu dan bonus gratisan lainnya), menjadi Google Local Guide bisa jadi pekerjaan yang cocok untukmu!

Apalagi, untuk menjadi Google Local Guide caranya sangat mudah. Cukup buka situs web Google Local Guide dan klik “Gabung”. Jika kamu telah memiliki akun Google, maka kamu dapat langsung menautkannya ke sana, dan jika tidak, cukup daftar dan kamu telah siap untuk memulai. Sekarang, yang perlu kamu lakukan hanyalah memberikan ulasan dan penilaian serta menambahkan gambar atau video dari tempat-tempat yang pernah kamu kunjungi.

Oh ya, terkait bonus yang didapatkan Local Guide tergantung banyaknya poin dan level dimana kamu berada. Tentunya, semakin banyak poin yang kamu dapat berbanding lurus dengan tinggi levelmu, maka semakin besar bonus atau hadiah yang akan kamu dapatkan (termasuk ruang penyimpanan gratis hingga akses awal ke perbaruan Google dan lainnya). Lalu, bagaimana cara mencetak poin di Google Maps?

  • Cara termudah untuk mendapatkan poin adalah dengan memberikan rating suatu tempat. Ini adalah peringkat bintang sederhana yang dapat kamu pilih dan kirimkan.
  • Jika kamu mau, kamu dapat menambahkannya dengan menuliskan ulasan mengenai tempat tersebut. Beri tahu orang-orang tentang tempat itu secara detail sesuai pengalamanmu. Apakah itu baik atau buruk, seperti apa tampilan tempatnya, dan seperti apa suasananya.
  • Pencetak poin yang lebih tinggi adalah foto. Unggah sebanyak yang kamu suka, karena foto akan membantu orang merasakan seperti apa tempat itu dan apa yang mungkin akan mereka alami jika ke sana. Bayangkan, jika kamu pergi ke suatu tempat dengan ponselmu, kemungkinan besar kamu akan mengambil foto saat berada di sana, jadi bagikan!
  • Saat levelmu sedikit lebih tinggi, yaitu di level dua, kamu akan mendapat pertanyaan tentang tempat yang pernah dikunjungi dan diulas. Pertanyaan-pertanyaan inilah yang memberimu poin dan jawabanmu akan berguna untuk pengunjung di masa mendatang.
  • Kamu juga dapat memeriksa informasi tentang bisnis setempat. Apakah bisnis itu masih berlokasi di alamat itu? Jam berapa bisnis itu buka dan jam berapa tutup? Apakah ada nomor kontak yang bisa dihubungi atau website untuk dikunjungi? Dan lain-lain.

Sampai di sini, kita telah membahas lebih banyak mengenai peran yang dapat kamu lakukan sebagai Google Local Guide di Google (sebagai cara keren tercepat untuk ‘bekerja di Google’), serta cara menambahkan foto dan video tempat di Google Maps. Selamat mencoba!

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya