Cara Menambahkan Label Lokasi di Google Maps (PC & HP)

0

Google Maps merupakan aplikasi peta digital yang paling sering dipakai orang ketika sedang melakukan perjalanan. Produk keluaran Google ini memungkinkan kamu untuk mencari jalan ke tempat tujuan agar tidak tersesat.

Di dalam Google Maps, kamu juga bisa menentukan rute perjalanan yang ingin kamu lakukan beserta arahannya. Terdapat 5 rute perjalanan yang disediakan Google Maps, yakni rute berkendara dengan mobil, rute berkendara dengan motor, rute pejalan kaki, rute berkendara dengan menaiki transportasi umum, dan rute berkendara dengan menaiki transportasi online.

Google Maps juga bisa menyimpan histori perjalanan dan tempat-tempat mana saja yang sudah kamu kunjungi lewat fitur Linimasa atau Timeline. Namun, terkadang kamu lupa alamat ataupun titik lokasi ke tempat tujuan baik yang sering kamu kunjungi ataupun yang akan kamu kunjungi. Nah, untuk memudahkan penggunanya menemukan lokasi ataupun tempat yang sering dikunjungi ataupun akan dikunjungi, Google Maps menghadirkan fitur Tambahkan Label.

ads by posciety

Fitur Tambahkan Label ini memungkinkan kamu untuk memberi label ke tempat-tempat tertentu. Misalnya kamu ingin memeberikan label pada lokasi sekolah kamu, maka kamu bisa memberikan label pada sekolah kamu dengan label “Sekolah” ataupun “School“. Kamu juga bisa memberikan pada lokasi rumah kamu agar kamu dengan mudah mencari titik lokasi rumah kamu.

Dengan menambahkan label pada lokasi tersebut, kamu tidak perlu bingung lagi menentukan titik lokasi tujuan. Jika kamu sudah menambahkan label pada lokasi tersebut, kamu cukup melihat daftar label tersebut di menu Lokasi Tersimpan.

Mau tau bagaimana cara menambahkan label di Google Maps dan bagaimana cara melihat label yang sudah dibuat? Yuk ikuti langkah-langkah berikut ini, kamu bisa melakukannya di desktop PC ataupun di HP.

Menambahkan Label di Desktop PC

1. Silahkan buka browser kamu, lalu ketikkan https://www.google.com/maps

2. Lalu masukkan nama lokasi tempat yang ingin diberi label di kolom pencarian

3. Lalu scroll kebawah pada menu lokasi tersebut hingga menemukan Tambahkan label. Silahkan klik pada Tambahkan label

4. Lalu masukkan nama label tersebut di kolom yang tersedia, lalu tekan Enter pada keyboard

5. Secara otomatis lokasi tersebut sudah diberikan label.

Melihat Daftar Label di Desktop PC

Untuk melihat daftar lokasi yang sudah diberi label, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Di menu utama Google Maps, silahkan masuk ke Menu (ikon 3 garis horizontal di pojok kiri atas)

2. Lalu pilih menu Tempat Anda

3. Kamu akan diarahkan ke menu Tempat Anda, kamu bisa melihat lokasi mana saja yang sudah kamu beri label, atau lokasi mana saja yang sudah kamu simpan, dan kamu kunjungi.

Menambahkan Label di HP Android

Untuk memberikan label pada lokasi tertentu di HP Android kamu bisa lakukan langkah-langkah ini, diantaranya adalah:

1. Silahkan buka aplikasi Google Maps kamu di HP, pastikan sudah terupdate ke versi yang terbaru. Lalu klik pada kolom pencarian diatas

2. Biasanya akan muncul pintasan langsung untuk menambahkan label di bawah kolom pencarian, jika muncul pintasan tersebut, silahkan pilih daftar label yang tersedia seperti Rumah atau Kantor. Jika ingin menambahkan label selain rumah dan kantor, kamu bisa memilih menu Edit

3. Pada kali ini, kami ingin menambahkan lokasi kantor. Maka akan muncul tampilan menambahkan label kantor. Silahkan ketikkan alamat kantor tersebut atau bisa memilih pin di peta

4. Jika memilih pin di peta, maka silahkan arahkan pin tersebut ke lokasi kantor kamu, lalu pilih Simpan

5. Setelah itu pilih Selesai

6. Adapun cara berikutnya jika pintasan langsung untuk menambahkan label tidak muncul. Pada kolom pencarian kamu bisa mengetikkan alamat ataupun lokasi tempat yang ingin kamu tambahkan labelnya. Lalu klik pada nama tempat lokasi tersebut

7. Setelah itu pilih Menu (ikon titik tiga kebawah yang berada di pojok kanan atas)

8. Lalu pilih Tambahkan label

9. Silahkan ketikkan nama label tersebut, lalu tekan Enter pada keyboard di layar HP kamu. Secara otomatis lokasi tersebut sudah diberi label.

Melihat Daftar Label di HP Android

1. Pada menu utama Google Maps, silahkan pilih menu Tersimpan yang berada di bawah

2. Silahkan pilih menu Berlabel untuk melihat daftar lokasi yang sudah diberi label.

Nah itulah cara untuk menambahkan label pada lokasi di Google Maps, sekarang kamu tidak perlu pusing lagi jika kamu lupa alamat lokasi yang ingin kamu cari. Kamu cukup memberikan label pada lokasi tersebut agar tidak lupa, selamat mencoba.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya