Menambahkan Pelanggan Baru Kedalam List MailChimp Secara Manual

Bedanya, ketika pelanggan berlangganan secara langsung via formulir langganan yang sudah disediakan baik di situs web atau berupa tautan artinya pelanggan betul-betul bersedia berlangganan newsletter / surat kabar dari kampanye list tersebut. Tapi ketika pelanggan ditambahkan secara manual oleh kalian sendiri langsung dari dasbor MailChimp...


Menambahkan pelanggan / subscriber MailChimp baru dapat dilakukan secara otomatis melalui form langganan dan secara manual. Cara manual artinya kalian sebagai pemilik daftar pelanggan / list menambahkan email-email pengguna untuk dijadikan pelanggan dari dasbor MailChimp.

Bedanya, ketika pelanggan berlangganan secara langsung via formulir langganan yang sudah disediakan baik di situs web atau berupa tautan artinya pelanggan betul-betul bersedia berlangganan newsletter / surat kabar dari kampanye list tersebut. Tapi ketika pelanggan ditambahkan secara manual oleh kalian sendiri langsung dari dasbor MailChimp, ini kemungkinana dianggap SPAM karena kalian dapat memasukkan email siapa saja tanpa memerlukan konfirmasi email sebelum langganan.

Artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara menambahkan secara manual, harap dipergunakan dengan bijak karena tidak disarankan untuk menjadi Mail SPAMMER. Belum punya akun MailChimp ? Lihat Ulasan & Daftar Gratis sekarang juga !

Masuk ke dasbor MailChimp seperti biasa kemudian klik menu List dibagian atas layar maka akan diarahkan ke halaman list / daftar kelompok pelanggan yang sudah dibuat sebelumnya. Silahkan list yang ingin ditambahkan pelanggan atau buat list baru jika belum ada (lihat disini cara membuat list / daftar pelanggan di MailChimp, jika perlu).

Buka / klik List yang ingin ditambahkan pelanggan baru maka akan diarahkan ke halaman List tersebut dan menampilkan pelanggan-pelanggan yang sudah join list tersebut. Klik menu tarik-turun Add contacts -> Add a SubScriber maka akan diarahkan ke halaman input data pelanggan baru.

Secara default, kolom Alamat Email pasti tersedia di halaman ini dan required. Centang This person gave me permission to email them, fungsinya supaya email tersebut langsung masuk ke daftar pelanggan list ini dan tidak perlu konfirmasi email terlebih dahulu. Centang If this person is already on my list, update their profile fungsinya untuk memperbarui jika alamat email yang dimasukkan ini sudah terdaftar sebelumnya. Klik tombol Subscribe dibawah untuk memasukkan ke list ini.

Tambah Pelanggan Baru Secara Massal (Import)

Berbeda dengan cara diatas yang menambahkan subsciber satu per satu, tentu makan banyak waktu jika memasukkan banyak subscriber. Supaya lebih efektif, bisa gunakan fitur import subscriber.

Pada halaman input subscriber baru tadi ada tulisan Want to subscribe more than one person at a time? Import a list, klik bagian Import a list untuk mulai import dan akan diarahkan ke halaman import. Disitu terdapat beberapa cara import yang bisa dipilih sesuai data yang kalian miliki misalnya file csv.

Catatan: Untuk menggunakan fitur import ini perlu mengaktifkan double opt-in forms terlebih dahulu. Masih bingung ? Lihat : Video tutorial cara menambah pelanggan MailChimp manual.

Seperti biasa, setelah import itu berhasil maka akan tampil di list ini. Import memerlukan beberapa saat tergantung kecepatan internet dan banyaknya data subscriber.


Jangan Lupa Share !!!

65
10 shares, 65 points

Apa Reaksimu ?

Bingung Bingung
7
Bingung
Kesal Kesal
5
Kesal
OMG OMG
7
OMG
Takut Takut
6
Takut
Keren Keren
4
Keren
Sedih Sedih
9
Sedih
Posciety Tech

Advanced Competent

Official Channel Posciety.Com yang menyuguhkan informasi dan updates seputar dunia teknologi. Dikelola oleh tim Posciety Tech.

0 Komentar

Pilih Format
Artikel
Default, Membuat Artikel/Cerita
List
Listicle, Misalnya: 3 Hal yang Wajib Dilakukan Saat...
Kuis Kepribadian
Membuat kuis Tentang Kepribadian
Poll
Vote untuk Membuat Keputusan atau Mencari Saran
Meme
Membuat Meme dari Gambar Normal yang Kamu Miliki