Tampilkan Data Dari Database di File .php (Single Data)

Agak Susah sih Tampilin Data Tunggal

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang memanggil single data dari database di PHP, untuk menampilkan multiple data di table PHP silahkan klik disini. Untuk menampilkan data dari database di file PHP atau di situs PHP memerlukan hal-hal berikut agar proses berjalan lancar tanpa hambatan:

  1. Database + Table
    Siapkan database yang memiliki table dimana isi dari table ini adalah data yang ingin ditampilkan pada situs PHP ini. Jika belum memiliki database, silahkan klik disini untuk mengetahui cara membuat dasar database di phpMyAdmin. Lihat juga disini bagaimana membuat table pada database dan bisa lihat disini bagaimana cara insert data pada table dengan baik dan benar.
  2. Koneksi
    Pastikan kalian telah menghubungkan database tersebut dengan file PHP ini atau yang biasa disebut config. Silahkan lihat disini bagaimana cara menghubungkan database dan PHP.

Setelah memiliki hal-hal diatas mari kita lanjut ke langkah berikutnya untuk menampilkan data di file PHP. Pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan menggunakan MySQLi Statement. Pada tutorial inipun ada 2 kemungkinan yang dilakukan oleh para pengguna, yaitu dengan kondisi database WHERE dan tanpa kondisi database WHERE. Kondisi ini bergantung pada table yang kalian gunakan.

Jika isi table hanya memiliki 1 data saja maka tidak memerlukan WHERE atau jika memiliki beberapa dati tapi hanya ingin menampilkan 1 data saja yang paling atas (paling atas dari urutan / daftar pada table database yaitu sesuai angka pada kolom id).

Tapi jika memiliki banyak data pada table dan hanya ingin menampilkan 1 data saja maka memerlukan kondisi WHERE.

Ini adalah contoh table yang akan saya gunakan pada tutorial ini: (lihat gambar)

Nama table nya datasingle dan memiliki 2 data.

Table datasingle miliki 2 struktur data, yaitu:

  1. id
  2. catatan (text)

Sekarang, mari kita tampilkan data dari catatan pada table datasingle ini di website / file php.

Menampilkan Single Data Dari Database di File PHP Tanpa WHERE

Pada file PHP yang ingin menampilkan data dari database (misalnya saya contohkah index.php), berikan code pemanggil data pada file tersebut dan terapkan dibagian atas file (atau sejajar dengan kode koneksi yang sudah kalian buat):

$query = mysqli_query($koneksi, "SELECT * FROM datasingle");
$row_query = mysqli_fetch_array($query);

Perhatikan $query pada code diatas (silahkan ganti $query dengan nama yang diinginkan jika perlu), variable ini difungsikan untuk mengambil data dari table yang ada didalam database yang sudah di hubungkan dengan file PHP ini (code ini mengambil data dari table datasingle) silahkan tentukan nama table yang kalian miliki dan ingin dipanggil datanya.

$row_query untuk memverifikasi / memastikan table datasingle tersebut memang ada di database yang dihubungkan dan memiliki data. $row_query ini yang nanti digunakan pada penampilan data.

Selanjutnya ke bagian penampilan data. Silahkan kebagian code HTML dimana kalian ingin menampilkan data dari database, misalnya disini saya akan menampilkan data catatan tersebut di tag p.

<div>
  <p>DISINI ADALAH TEMPAT UNTUK MENAMPILKAN CATATAN ITU</p>
</div>

Pada tulisan DISINI ADALAH TEMPAT UNTUK MENAMPILKAN CATATAN ITU akan kita ganti dengan code PHP dan menampilkan nama data catatan pada table datasingle tadi. Menampilkan cukup dengan code seperti ini:

<p> <?php echo $row_query['catatan'] ?> </p>

Beginilah cara menampilkan datanya.

Disini saya ingin menampilkan data yang ada di table datasingle struktur catatan, jika ingin menampilkan id maka ganti catatan dengan id (penulisan ini harus sama dengan nama struktur yang ada di table dan pastikan datanya tersedia karena kalo tidak ada hanya menampilkan kosong).

Silahkan lihat situs PHP nya, sekarang sudah berhasil data pada struktur catatan di table datasingle tadi.

Perhatian: Jika table memiliki banyak data dan kalian gunakan code diatas maka pasti berhasil menampilkan 1 data saja tapi data yang ditampilkan adalah data yang paling atas pada table database (id paling kecil).

Lalu bagaimana cara menampilkan hanya 1 data dari struktur table yang memiliki banyak data dan bukan data yang berada diurutan pertama ? Lanjutkan membaca.

Apakah saya harus merubah id pada data yang akan ditampilkan menjadi kecil supaya berada diurutan pertama ? Tidaaaaaaak ! Itu melelahkan 😀 Silahkan lanjut baca, kita gunakan kondisi database WHERE.

Menampilkan Single Data Dari Database di File PHP Dengan Kondisi WHERE

Kita akan gunakan code seperti code pertama diatas tapi dengan sedikit modifikasi:

$query = mysqli_query($koneksi, "SELECT * FROM datasingle WHERE id = '10'");
$row_query = mysqli_fetch_array($query);

Disini ada tambahan WHERE id = ’10’, silahkan lihat lagi gambar table diatas ada struktur id dan datanya adalah 4 dan 10. Nah disini sangat bermanfaat banget nih WHERE ini. Silahkan sesuai angka 10 dengan angka id pada data yang kalian miliki yang ingin ditampilkan.

Untuk code penampilannya yang digunakan di HTML tag p tetap sama dengan cara sebelumnya diatas.

Sekarang, pada situs PHP kalian tetap akan menampilkan hanya 1 data saja dari table datasingle tapi data catatan yang memiliki id 10 (tidak akan menampilkan data paling atas pada table datasingle).

Masih bingung ? Lihat : Video tutorial cara tampilkan 1 data dari database ke PHP.

Pada tutorial ini hanya menjelaskan tentang menampilkan hanya SINGLE data dari database di file PHP. Sekedar mengingatkan kembali, tutorial ini menggunakan MySQLi Statement.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

1
Tinggalkan Komentar

avatar
yanto
Visitor
yanto

assalamualaikum , saya mau nanya master tiap saya nampilin data berdasar id selalu gagal dan muncul notice undefined index : id,, mohon bantuannya gan

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi