Menampilkan Data Dari Database Didalam Table – PHP (Multiple Data)

Membuat List Data

Sebelumnya pernah saya buatkan tutorial cara menampilkan single data dari database (localhost) di PHP, kali ini saya buatkan yang hampir mirip tapi bedanya tutorial kali ini akan menampilkan multiple data dari database (localhost). Multiple ini artinya kita dapat menampilkan beberapa data dalam satu panggilan saja dan kali ini saya contohkan menggunakan table HTML.

Karena pada tutorial-tutorial PHP lainnya saya buatkan menggunakan mysqli statement maka kali ini dan seterusnya akan saya buatkan menggunakan mysqli statement juga. Biasanya kebanyakan orang menampilkan multiple data itu untuk mengisi table tapi tidak sedikit juga yang menggunakannya tanpa table tergantung kebutuhan.

Pada dasarnya, pemanggilan multiple data seperti ini yaitu menggunakan sistem Looping (pengulangan) PHP. Bisa lihat disini untuk mengetahui dasar Looping PHP.

Seperti biasa, untuk menampilkan data kita perlu memanggil table database yang bersangkutan terlebih dahulu misalnya seperti ini: $query = mysqli_query($koneksi, "SELECT * FROM akun ORDER BY akun.id DESC");silahkan sesuaikan sesuai nama yang kalian punya.

  • $query disitu adalah variable untuk memanggil database yang bersangkutan, bisa ganti namanya sesuai keinginan.
  • mysqli_query merupakan statement mysqli pemanggilan data yang ada di database / phpMyAdmin
  • $koneksi adalah config atau penghubung antara PHP yang bersangkutan dengan database yang bersangkutan. Silahkan ubah $koneksi ini dengan nama variable yang telah kalian buat untuk menghubungkan database ke PHP. Bisa lihat disini tutorial bagaimana menghubungkan database ke PHP.
  • akun adalah nama table yang akan dipanggil datanya, silahkan ganti dengan nama table yang kalian miliki di database yang ingin dipanggil datanya. Karena disini saya akan menampilkan data akun / data yang ada didalam table akun maka saya tulis akun disini. Nama table yang dipanggil harus sesuai tidak boleh salah.
  • ORDER BY akun.id DESC adalah bagaimana cara kalian ingin menampilkan data tersebut, disini saya tulis akun.id DESC artinya akan menampilkan data diurutkan dari ID (didalam table akun saya memiliki struktur / kolom ID) descending (dari yang terbesar ke yang terkecil / dari yang terbaru ke yang terlama).

Seperti biasa, kode tersebut diletakkan dipaling atas dari file PHP yang bersangkutan dan jangan lupa juga menulis kode diatas perlu PHP pembuka dan penutup, maka akan seperti ini:

<?php

    $query  = mysqli_query($koneksi, "SELECT * FROM akun ORDER BY akun.id DESC");

?>

<div class="content table-responsive table-full-width">
 <table class="table table-striped">
    <thead>
      <th class="text-center">ID</th>
      <th class="text-center">Username</th>
      <th class="text-center">Email</th>
      <th class="text-center">No HP</th>
      <th class="text-center">Kota</th>
    </thead>
    <tbody style="height: 100vh;">
      <tr>
        <td class="text-center"> 1 </td>
        <td class="text-center"> Username</td>
        <td class="text-center">Email</td>
        <td class="text-center">NO HP</td>
        <td class="text-center">Kota</td>
      </tr>
    </tbody>
 </table>
</div>

Ini adalah contoh table HTML yang akan kita gunakan untuk menampilkan data dari database, pada table ini terdapat ID, Username, Email, No HP dan Kota. Silahkan sesuaikan nama-nama judul kolom table HTML sesuai data yang ingin kalian tampilkan, sebetulnya dalam table database akun yang saya punya ini memiliki banyak sekali struktur tapi saya hanya ingin menampilkan 5 struktur saja sebagai contoh dan supaya tidak terlalu panjang. Kalian bisa masukkan semua struktur yang ada didalam table database tersebut atau juga hanya bagian tergantung kebutuhan.

Belum tau cara membuat table ? Silahkan klik disini untuk mengetahui dasar-dasar membuat table.

Langkah selanjutnya tinggal panggil-panggil aja deh data yang akan ditampilkan didalam tag <td> table nya satu persatu maka table nya akan menjadi seperti ini:

<div class="content table-responsive table-full-width">
   <table class="table table-striped">
      <thead>
         <th class="text-center">ID</th>
         <th class="text-center">Username</th>
         <th class="text-center">Email</th>
         <th class="text-center">No HP</th>
         <th class="text-center">Kota</th>
      </thead>
      <tbody style="height: 100vh;">
         <?php if(mysqli_num_rows($query)) {?>
         <?php while($row = mysqli_fetch_array($query)) {?>
            <tr>
               <td class="text-center"><?php echo $row['id'] ?></td>
               <td class="text-center"><?php echo $row['username'] ?></td>
               <td class="text-center"><?php echo $row['email'] ?></td>
               <td class="text-center"><?php echo $row['nohp'] ?></td>
               <td class="text-center"><?php echo $row['kota'] ?></td>
            </tr>
        <?php } ?>
        <?php } ?>
      </tbody>
   </table>
</div>

$query yang ada didalam mysqli_num_rows dan mysqli_fetch_array adalah variable pemanggil data yang tadi dibuat diatas, silahkan sesuaikan dengan nama yang kalian buat (jika diganti). Perhatikan setelah tag tbody terdapat loop while yang fungsinya untuk looping data / menampilkan beberapa data (tidak hanya satu data) seperti yang saya sebutkan diatas.

Selanjutnya didalam <td> adalah data yang ditampilkan, silahkan tulis nama struktur yang ada didalam table akun karena kita memanggil data yang ada didalam table akun, jika didalam table akun itu terdapat struktur / kolom username dan ingin ditampilkan disini maka tulis didalam buka tutup kurung seperti ini [] dan diapit tanda kutip (‘). Nama yang dimasukkan disitu harus sesuai dengan nama struktur yang akan ada didalam table akun database, jika salah maka tidak akan berfungsi / error / data tidak tampil.

(lihat gambar) Silahkan di Simpan dan lihat hasilnya di browser.

Masih bingung ? Lihat : Video tutorial cara menampilkan data dari database di Table PHP.

Harap diingat, tutorial ini menggunakan mysqli statement maka jika ada perbedaan dengan codingan yang sudah kalian gunakan sebelumnya dari situs lain mungkin saja statement yang digunakannya berbeda. Hanya mengingatkan, untuk tutorial ini tentu memerlukan aplikasi XAMPP terpasang di komputer / laptop dan code editor juga untuk membuat codingannya seperti Sublime Text / Adobe Dreamweaver atau yang lainnya.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

1
Tinggalkan Komentar

avatar
Christian Nouriztra Bawole
Visitor
Christian Nouriztra Bawole

Siang Mas Rio, saya ingin belajar membuat sebuah aplikasi bolehkah saya minta nomor WA? nomor saya 082293188544 terima kasih sebelumnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi