Binding Data Database di jTable NetBeans IDE, Gak Perlu Ngoding

0

Untuk menampilkan data dari database di table NetBeans silahkan buat table terlebih dahulu dan menghubungkannya dengan database. Untuk mulai menampilkan data dari database di table NetBeans mari buka aplikasi NetBeans seperti biasa dan jangan lupa untuk menyalakan Apache dan MySQL XAMPP nya.

Siapkan table database di phpMyAdmin dengan data yang akan ditampilkan di table NetBeans, misalnya saya akan gunakan table users yang ada di database yang dihubungkan. Yang mana pada table users ini terdapat id, nama, alamat, dan no HP. pastikan sudah ada datanya.

Untuk mulai menampilkan data dari table database users itu mulailah dengan klik kanan pada table NetBeans >> Properties >> Binding kemudian pilihlah table database yang ingin ditampilkan pada dorpdown menu yang disediakan (Bounding Source). Klik tombol Import Data to Form maka akan muncul layar popup untuk memilih database dan table database mana yang ingin ditampilkan pada table NetBeans ini.

gambar 3 cara tampilkan data database table netbeans ide - rio bermano

 

 

Jika sudah selesai, hlik tombol OK dan tunggu loading beberapa detik maka akan tampil layar popup Bind elements seperti gambar diatas. Pada bagian Available pilihlah struktrur data mana yang ingin dimasukkan ke table NetBeans (pindahkan ke kanan, Selected). Untuk menyesuaikan posisinya klik salah satu Selected lalu klik tombol Up untuk memindahkan ke atas (pertama) atau Down untuk memindahkan kebawah (posisi berikutnya).

Jika sudah selesai, klik OK dan Close untuk menutup layar popup. Database mungkin belum tampil karena kita belum memiliki main class untuk project ini, langsung saja klik tombol RUN (tanda play hijau diatas) untuk melihat preview dari table ini. KArena belum ada main.class, akan diminta untuk membuatnya terlebih dahulu dan sudah disarankan, klik saja OK.

gambar 4 cara tampilkan data database table netbeans ide - rio bermano

Berhasil, data dari table database users sekarang sudah berhasil ditampilkan di table NetBeans. Cobalah tambah atau kurangi data di database nya dan RUN kembali project NetBeans nya maka data pun akan mengikuti / diperbarui.

Mengenai nama kolom (header) id, nama, alamat, dan nohp itu mengikuti penamaan di database nya dengan format capitalize. Jika ingin menyesuaikan nama kolom nya silahkan klik kanan pada table NetBeans >> pilih Table Contents… >> Columns, ubah nama kolom sesuai yang diinginkan.

Selamat mencoba !

Jika struktur table database lebih banyak lagi dari jumlah kolom yang tersedia pada NetBeans, silahkan tambah lagi kolomnya seperti yang pernah dijelaskan sebelumnya tentang membuat table NetBeans IDE.

SUBSCRIBE
Subscribe sekarang dan dapatkan update terbaru melalui email
aman dari spam
Pos Lainnya

Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya