Menyisipkan Gambar di Java NetBeans IDE

Manfaatkan Label

Mungkin masih ada beberapa diantara kalian yang belum tau cara menampilkan gambar pada layar yang dibuat menggunakan aplikasi NetBeans, kali ini saya bagikan caranya. Gampang banget!

Gambar External

Buka project dan layar yang ingin digunakan untuk menampilkan gambar, kemudian tarik Label (Palette -> Swing Controls) ke layar Design dan hapus text nya.

Label ini biasa digunakan untuk menampilkan judul sebuah kolom pada form, tapi kali ini kita bisa tampilkan gambar. (lihat contoh)

Setelah berhasil dikosongkan, klik kanan pada Label tersebut & pilih Properties. Muncul layar popup ditengah layar, beralih ke tab Properties -> bagian Properties dan klik kotak dengan titik 3 pada baris Icon.

Akan muncul popup lagi untuk memilih gambar, pilih Image Within Project untuk menggunakan gambar yang sudah ada didalam project bersangkutan atau pilih External Image untuk mengambil gambar dari luar project. Masukkan URL gambar pada kolom yang disediakan jika hafal atau pilih Import to Project… untuk mengimpor gambar di komputer kedalam project bersangkutan.

Catatan: Pastikan menu tarik turun dibagian atas adalah Image Chooser.

Ketika klik tombol Import to Project… akan muncul layar popup lagi untuk memilih gambar yang akan dimasukkan kedalam project sekaligus digunakan pada Label tadi, pilih gambar yang ingin di import dan digunakan pada Label kemudian klik Next. Selanjutnya, pilih folder pada project bersangkutan dimana gambar tersebut akan disimpan. Klik tombol Finish jika sudah selesai memilih folder.

Layar pemilihan gambar tadi akan tertutup otomatis dan kembali ke layar popup pemilih gambar dengan pratinjau gambar yang dipilih, klik tombol OK jika sudah yakin ingin menggunakan gambar tersebut. Close layar popup pertama tadi & gambar berhasil digunakan pada Label + gambar tersimpan di folder project. (lihat contoh)

Gambar Sudah Tersedia di Project

Jika gambar sudah tersedia di dalam project tentu lebih mudah memasukkannya ke dalam Label. Lakukan seperti cara diatas, tarik Label ke layar Design kemudian klik kanan dan lihat di tab Properties -> bagian Properties ada pilihan Icon.

Pada bagian Icon ini tersedia menu tarik turun dengan tanda panah kebawah, klik panah tersebut untuk membuka daftar gambar yang ada didalam project dan ingin ditampilkan di Label bersangkutan. Setelah gambar dipilih, tutup layar popup dan gambar berhasil diterapkan di layar Design.

Berhasil ! Silahkan lihat hasilnya di layar Design, Run project untuk melihatnya secara live.

Masih bingung ? Lihat : video tutorial cara tampilkan gambar di aplikasi NetBeans IDE.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi