Tampilkan Tanda Air / Ikon (Branding) di Video YouTube Sebelah Kanan Bawah

0

Kebetulan kemarin ada yang tanya “bang, cara bikin ikon muncul di video YouTube sebelah kanan bawah itu gimana ?”, dari situ jadi kepikiran buat postingan ini semoga bisa bermanfaat juga buat yang lainnya.

Branding

Itu namanya Branding, pasti tau kan branding itu apa ? Ini salah satu kesadaran merek / YouTube kamu dengan cara menampilkan ikon YouTube kamu di layar video YouTube yang kamu unggah. Branding ini bisa diatur juga kapan waktu tampilnya misalnya di menit/detik yang kamu tentukan atau di akhir-akhir video sebelum berakhir atau bahkan di keseluruhan video.

Caranya langsung aja ke dashboard channel YouTube kamu >> Channel >> Branding (atau klik disini untuk langsung ke halaman branding, pastikan kamu login dengan channel yang dimaksud), kalo kamu belum punya ikon yang ditampilkan disini akan muncul tombol Add a Watermark. Silahkan klik untuk mulai membuatnya, tapi kalo sudah punya pasti menampilkan yang pernah kamu buat dan klik Edit untuk mengeditnya.

Catatan: ini hanya dapat dilakukan di dekstop / browser

Pas klik Add a Watermark akan ada layar munculan untuk mengunggah ikon yang ingin ditampilkan, silahkan pilih gambar yang ingin dijadikan ikon. Untuk hasil yang bagus, silahkan gunakan gambar dengan latar transparan (.PNG) dan file yang di unggah ini maksimal 1MB aja ya.

Klik Save untuk menyimpannya sebagai ikon video kamu, akan muncul layar pratinjau (preview) dari gambar yang sudah kamu unggah. Kalo cocok klik Save kalo enggak klik Choose a new file untuk mengganti dengan gambar baru.

Ketika watermark berhasil disimpan, halaman Branding ini akan menampilkan pengaturan waktu kapan kamu ingin menampilkan ikon tersebut:

  • End of Video artinya di akhir-akhir video sebelum berakhir
  • Custom Start Time artinya pada waktu yang kamu tentukan, silahkan tentukan waktu muncul pada kolom Start Time dengan struktur menit:detik
  • Entire Video artinya di keseluruhan video, dari awal mulai sampai selesai

Silahkan atur sesuai keperluan dan lihat preview-nya disebelah kiri menu pengaturan waktu, jika sudah yakin jangan lupa klik Update untuk menyimpan pembaruan. Cara menghapusnya ? Klik aja tombol Remove, maka watermark akan hilang dan kamu bisa membuat watermark baru misalnya ingin diganti dengan gambar berbeda.

Sekarang, silahkan lihat video YouTube dari channel kamu, pasti sudah muncul watermark sesuai waktu yang kamu tentukan di pengaturan tadi. Ikon watermark ini akan muncul di semua platform YouTube termasuk video yang disematkan (embedded video) kecuali jika embedded video yang telah disesuaikan.

Watermark ini akan menampilkan tombol Subscribe jika di klik atau di sentuh, YouTube mengatakan bahwa ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan jumlah subscriber channel YouTube karena memudahkan para penonton untuk subscribe.

Selamat mencoba ! Jangan lupa subscribe channel YouTube Rio Bermano ya, klik disini.

SUBSCRIBE
Subscribe sekarang dan dapatkan update terbaru melalui email
aman dari spam
Pos Lainnya

Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya