Menampilkan Tombol Google Translate di Website Untuk Menerjemahkan ke Berbagai Bahasa

Untuk situs web / blog yang memiliki pengunjung dari berbagai negara tentu memerlukan penerjemahan otomatis supaya situsnya dapat dinikmati oleh semua pengunjung dari berbagai negara, tapi untuk mendapatkan hal itu tentu harus mengeluarkan biaya atau membuat sistem penerjemahan otomatis yang terbilang rumit.

Disini akan saya bagikan cara termudah, manual tapi tidak repot digunakan yaitu menggunakan Google Translate Website Translator. Silahkan kunjungi halaman Google Translate di browser kemudian klik menu Website Translator dibagian bawah atau cara cepatnya bisa kunjungi link ini saja.

Klik tombol Tambahkan ke situs web Anda sekarang, akan diarahkan ke 3 step penyiapan penerapan website translator ini.

Step 1: Masukkan alamat domain / URL situs web yang ingin diterapkan Google Website Translator, pilih bahasa utama dari situs web tersebut dari menu tarik-turun yang disediakan kemudian klik tombol berikutnya untuk melanjutkan ke step 2.

Step 2: Pilih bahasa yang ingin disediakan untuk terjemahan, pilih Semua bahasa atau Bahasa tertentu saja. Pilih Mode tampilan dari 3 pilihan yang ada yaitu Vertical, Horizontal dan Hanya tarik turun. Berikutnya Lanjutan, silahkan tentukan pengaturan mana yang indin dinyalakan dan dimatikan pada bagian ini.

Setelah selesai, klik tombol Dapatkan Kode untuk melanjutkan ke step 3.

Step 3: Salin semua kode yang disediakan dan paste di situs web yang telah didaftarkan, letakkan sesuai keinginan dimana ingin menampilkannya. Contoh kode:

<div id="google_translate_element"></div><script type="text/javascript">
function googleTranslateElementInit() {
  new google.translate.TranslateElement({pageLanguage: 'id', layout: google.translate.TranslateElement.InlineLayout.SIMPLE}, 'google_translate_element');
}
</script><script type="text/javascript" src="//translate.google.com/translate_a/element.js?cb=googleTranslateElementInit"></script>

Setelah kode ditempelkan, tombol terjemahan akan muncul dan semua pengunjung dapat merubah bahasa ke bahasa yang mereka pahami dengan cara mengklik tombol ini dan memilih bahasa. Secara otomatis akan diterjemahkan oleh Google.

Pastikan menyimpan tombol terjemahan ini ditempat yang mudah terlihat supaya pengunjung bisa dengan cepat menerjemahkan situs tidak perlu repot-repot mencari tombolnya. Lebih bagus lagi kalo diberi petunjuk bagaimana menerjemahkan situs tersebut kepada pengunjung.

Selamat mencoba !

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...