Cara Menandai & Menghapus Data Duplikat di Excel

0

Menghapus data yang duplikat di Excel bisa dilakukan dengan 3x klik aja loh, bahkan sebelum menghapus datanya kamu busa memberikan tanda terlebih dahulu agar bisa check data duplikat sebelum menghapusnya.

Ketika kamu memiliki data pada Microsoft Excel yang sangat banyak dan diminta untuk menghapus data yang duplicate tentu akan memakan watu yang lama jika melakukannya secara manual alias satu per satu dicek dan bahkan bisa menyebabkan kemungkinan besar terjadi kesalahan dalam penghapusannya, gunakanlah cara otomatis yang akan membantu kamu menghemat waktu 99%.

Caranya sangat mudah untuk dilakukan, gak perlu jadi expert Excel dulu, siapapun bisa melakukannya. Ikut langkah-langkah berikut:

  1. Select Column

    Misalnya kamu punya data seperti pada screenshot dan ingin menghapus data duplicate pada kolom A, maka klik kolom A nya lalu pilih menu Data > Remove Duplicates.

  2. Expand or Continue ?

    Akan muncul layar popup seperti pada screenshot di atas, kamu bisa pilih Expand the selection atau Continue with the current selection. Bedanya, jika kamu pilih Expand maka kolom yang lain akan ikut terhapus pada row yang duplicate. Sedangkan jika pilih Continue hanya kolom A saja yang row duplicate nya akan dihapus, dengan begitu data antara kolom A dan kolom lain akan berbeda jumlahnya. Setelah pilih, klik tombol Remoce Duplicates… Ini adalah screenshot hasil jika kamu pilih Expand.

  3. Select Column

    Akan muncul layar popup lagi untuk memilih column, pilihlah column mana yang ingin kamu hapus duplicate nya. Pada tutorial ini kita akan hapus data yang double pada kolom A. Centang nama kolom yang ingin kamu hapus duplicate nya lalu klik tombol OK maka hasilnya seperti screenshot ini.

Selesai, dengan pilihan Expand maka data yang duplicate pada kolom A akan dihapus dan kolom-kolom lainnya yang rownya dihapus akan ikut dihapus juga maka tinggi datanya tetap sama.

ads by posciety

Berbeda jika kamu pilih Continue, yang dihapus hanya data pada kolom A saja sedangkan kolom lain tetap seperti semula. Hasilnya seperti ini:

Cara ini jarang sekali dilakukan karena data ke kolom lainnya jadi tidak relevan.


Ada tips tambahan nih, biasanya sebelum melakukan duplicate ingin melakukan pemeriksaan datanya telebih dahulu. Kamu bisa lakukan tips berikut sebelum menghapus data duplicate.

Klik kolom A atau kolom yang ingin dieksekusi > pada menu Home pilihlah Conditional Formatting > pilih Highlight Cell Rules > Duplicate Values….

cara mengetahui data duplicate di excel

Secara default, setiap data yang duplicate pada kolom terpilih akan ditandai atau di-highlight dengan warna merah seperti ini:

Abaikan layar popup yang muncul dengan klik tombol OK, atau kamu bisa juga ganti warna nya sesukamu di pilihan dropdown sebelah kanan tapi biarkan dropdown di sebelah kiri isinya Duplicate.

Dengan begini, kamu bisa memeriksa terlebih dahulu data yang ke-double atau duplicate sebelum menghapusnya. Jika sudah yakin ingin menghapus, maka lakukan cara pertama yang kita bahas di awal.

Itulah cara mengetahui data duplikat dan menghapus data duplikat di Excel dengan mudah dan cepat tanpa harus menggunakan rumus Excel.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya