Cara Mendaftar NPWP Online (e-registration)

Beberapa hari lalu saya datang ke kantor pajak di kota tempat tinggal untuk membuat kartu NPWP, begitu sampai disana ada saya dilayani petugas dan diberitahu untuk mendaftar online. Yah… Tau gitu gak perlu ke kantor pajak ya, maklum lagi musim hujan pake motor pula.

Nah, petugas cuma ngasih tau situs web nya aja dan apa yang harus dilakukan setelah pendaftaran selesai. Selebihnya untuk cara melakukan pendaftaran tidak dijelaskan, tapi yaudahlah ya paling mendaftar gitu-gitu aja gak beda jauh kaya daftar akun Facebook, berhubung saya familiar dunia per-website-an jadi gak begitu khawatir langsung bergegas ke parkiran pake jas hujan dan gas pulang.

Tapi, mungkin ada yang belum tau caranya atau ada yang kebingungan ketika melakukan pendaftaran online maka dari itu saya bagikan postingan ini semoga membantu. Langsung aja kunjungi link untuk mendaftar akun NPWP di https://ereg.pajak.go.id.

Catatan: Untuk mendapatkan manfaat yang lebih, saya harap kamu mengikuti tutorial ini menggunakan layar besar seperti laptop / komputer.

Daftar NPWP Online

  • Karena belum login, kamu bakal diarahkan ke halaman /login
  • Dibagian bawah formulir login ada tulisan Belum Punya Akun ? Silahkan klik link daftar yang ada disitu atau langsung ke link ini https://ereg.pajak.go.id/daftar
  • Masukkan alamat email di kolom Alamat Email dan masukkan Captcha di kolom Captcha

Catatan: Pastikan email yang didaftarkan adalah email yang sah, asli, dan sering kamu gunakan. Email yang kamu pakai disini otomatis jadi email yang didaftarkan untuk NPWP

  • Klik tombol Daftar

Periksa kotak masuk email kamu termasuk SPAM, cari pesan dengan subjek eregistration dari eregistration@pajak.go.id yang berisi link verifikasi untuk memastikan bahwa email ini adalah benar milik pengguna dengan email yang didaftarkan tadi.

  • Klik link verifikasi-nya, akan diarahkan ke step 2 pendaftaran NPWP (lihat gambar)
  • Isi semua bidang yang diperlukan dengan benar kemudian klik tombol Daftar jika sudah selesai

Periksa lagi kotak masuk email kamu atau folder SPAM, cari email baru dari pengirim yang sama seperti email diatas. Dalam email itu berisi link aktivasi untuk mengaktifkan akun kamu yang baru saja didaftarkan, klik link-nya dan kamu bakal lihat ucapan selamat bahwa akun kamu telah berhasil dibuat. Selanjutnya klik link yang ada dibawah ucapan selamat itu atau kunjungi lagi halaman login.

  • Login dengan akun yang baru saja kamu buat
  • Kamu bakal langsung diarahkan ke step 1 pendaftaran NPWP, semuanya ada 9 step silahkan lengkapi satu persatu

Lengkapi setiap step pendaftaran dengan benar, kalo ada yang gak paham bisa tinggalkan komentar dibawah atau klik menu Help and FAQ di menu samping dashboard akun NPWP kamu.

Catatan: Untuk mengetahui token kamu, silahkan klik minta token dan lihat token yang dikirim ke email kamu

Setelah pendaftaran selesai dan di klik kirim, kamu bakal lihat status pendaftaran NPWP kamu, jangan lupa klik tombol Kirim Permohonan untuk mengajukan data yang sudah kamu isi untuk NPWP.

Kamu bakal dapet notifikasi bahwa pengajuan kamu sudah dikirim dan akan diberitahukan juga lewat email apabila pengajuan kamu diterima atau ditolak, tunggu aja !

Saya dapet pemberitahuan sehari setelahnya, isinya seperti ini: (lihat gambar) perhatikan dibagian username, kamu dapet username baru dan itu digunakan untuk login ke akun kamu. Tunggu aja deh nanti juga NPWP kamu siap dikirim kerumah beserta SKT-nya.

Kalo kelamaan, langsung print aja email tadi terus bawa ke kantor pajak yang didaftarkan. Proses lebih cepat !

Selamat mencoba !

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...