Dapatkan SSL (https) Gratis di cPanel, Menampilkan Gembok Hijau di Tab URL

Secure HTTP / HTTPS merupakan salah satu hal penting dalam membangung sebuah situs, ini dapat membantu URL / domain yang digunakan menjadi lebih aman dari sebelumnya. Biasanya, untuk mendapatkan ikon gembok berwarna hijau ini harus membayar. Berapa harga dan biaya layannya ? Ini tergantung dari jenis SSL dan provider.

Kali ini, kami bagikan tutorialnya agar mendapatkan HTTPS gratis dan mudah bagi semua pengguna cPanel. Pastikan situs kamu dibangun menggunakan cPanel juga ya. Apa itu HTTPS ?

Ada banyak jenis SSL / HTTPS tergantung pada kelas dan kualitasnya, yang paling keren untuk saat ini adalah SSL Adress yang menampilkan alamat di samping ikon gemboknya ketika dibuka mellaui browser komputer seperti halaman Twitter. Tapi tanpa alamat / address pun sudah cukup bagi beberapa situs, seperti posciety.

Free SSL di cPanel

  • Masuk ke cPanel seperti biasa
  • Cari bagian Security
  • Pilih Lets Encrypt SSL
  • Akan menampilkan semua domain yang kamu daftarkan dengan SSL ini, halaman ini akan kosong jika kamu belum pernah menggunakannya. Scroll ke bawah untuk melihat daftar domain yang tersedia di cPanel bersangkutan
  • Klik +Issue pada domain yang ingin diterapkan Lets Encrypt SSL
  • Pada bagian Include?, pilih subdomain apa saja yang akan diterapkan SSL ini

gambar 1 - dapatkan https ssl gratis cpanel

  • Abaikan saja bagian Wildcard jika tidak tersedia, pastikan untuk centang bagian (webmail,cpanel,webdisk,autodiscover) jika ingin memasukkan email ke HTTPS
  • Scroll ke bawah, klik tombol Issue untuk mengeluarkan SSL untuk domain tersebut

Tunggu loading beberapa saat maka domain tersebut berhasil menggunakan SSL dari Lets Encrypt SSL, sekarang mulailah untuk mengatur redirect secara permanen dari HTTP ke HTTPS. Walaupun sudah berhasil, biasanya tidak akan secara otomatis URL http diarahkan ke https tapi perlu diatur, silahkan klik link di atas. Ini tidak berbeda jauh seperti mengarahkan dari non www ke www atau sebaliknya.

Pada beberapa hosting biasanya terjadi kesalahan ketika Issue SSL ini, jika memang terjadi error atau SSL tidak dapat dikeluarkan, mintalah bantuan ke hosting provider. Mereka akan membantu dengan senang hati, karena ini adalah salah satu layanan gratis yang tersedia di cPanel saat ini.

Pengguna Blogspot ?

Jika kamu menggunakan blogspot, tidak perlu mengikuti langkah-langkah di atas karena blogspot tidak dibangun dengan cPanel. Ikuti tutorial cara menggunakan https untuk blogspot untuk menerapkan SSL di blogspot.

Apakah SSL ini disarankan ? Ya, ini sangat disarankan. Selain mendapatkan gembok berwarna hijau di tab browser, situs kamu juga lebih aman. Selain itu, Google juga akan mempercayai situs sebagai real, tidak main-main.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi