Mau Dapatkan Uang Dari YouTube ? Hubungkan Google Adsense Sekarang !

YouTube bisa dikatakan sumber penghasilan bagi beberapa orang yang lebih dikenal dengan sebutan YouTuber, bahkan YouTube dapat merubah YouTuber menjadi lebih baik lagi. Lalu bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube ? Mari simak penjelasan berikut ini.

Verifikasi Channel YouTube

Pada YouTube tersedia beberapa fitur yang dapat digunakan oleh pengguna, salah satunya adalah menerapkan iklan di video YouTube dan mendapatkan penghasilan. Namun untuk mendapatkan penghasilan di YouTube diperlukan koneksi channel YouTube ke akun Google Adsense, sebelum dapat menghubungkan akun Adsense ke YouTube perlu verifikasi alamat email terlebih dahulu. Lihat: Bagaimana cara verifikasi alamat email untuk channel / akun YouTube.

Hubungkan Adsense Untuk Mendapatkan Uang Dari YouTube

Google Adsense merupakan platform iklan untuk para publisher, termasuk pemilik channel YouTube. Dengan Adsense, pemilik channel YouTube dapat menerapkan iklan di setiap video nya dan menentukan gaya iklan seperti:

  • Iklan di awal video yang dapat dilewati (5detik)
  • Iklan pendek di awal video yang tidak dapat dilewati
  • Iklan panjang di awal video yang tidak dapat dilewati
  • Iklan hamparan dibawah video
  • Iklan bergambar untuk dekstop (sidebar)
  • Iklan kartu bersponsor
  • Iklan ditengah-tengah video
  • Iklan diakhir video

Untuk menghubungkan akun Adsense ini memiliki 2 metode, hubungkan akun Adsense yang telah ada atau mulai baru dari YouTube.

Perbedaannya: Jika kalian membuat akun Adsense bukan dari YouTube (langsung dari situs Google Adsense), akun Adsense tersebut dikatakan normal. Tapi jika membuat akun Adsense dari YouTube, akun Adsense tersebut akan menjadi hosted account. Apa sih perbedaan antara Hosted Account dan Non Hosted Account ?

Silahkan masuk ke dasbor YouTube, pilih menu Channel di menu samping kiri -> Monetisasi (jika menggunakan bahasa Indonesia).

(lihat gambar)

Pada halaman ini terdapat tombol Siapkan Adsense untuk menghubungkan akun Google Adsense, kalian pun dapat mempelajari Pedoman dan Informasi tentang monetisasi di daftar pertanyaan dibawahnya.

Klik tombol Siapkan Adsense maka akan muncul tulisan “Anda akan dialihkan ke Adsense untuk menautkan akun Adsense Anda yang sudah ada atau membuat akun jika Anda belum memilikinya. Setelah menyelesaikan proses ini, Anda akan dialihkan kembali ke YouTube“. Tunggu beberapa saat sampai muncul halaman Google Adsense.

(lihat gambar)

Pada halaman in terdapat 2 tombol: Masuk dan Buat akun. Klik Masuk jika sudah memiliki akun Adsense, atau klik Buat akun untuk membuat baru via YouTube (untuk membuat akun baru disini tentu akan menggunakan GMail yang digunakan pada channel YouTube ini. Pastikan GMail tersebut belum memiliki akun Adsense).

Jika Pilih Masuk

Ketika memilih Masuk, akan diarahkan ke halaman login GMail (GMail yang digunakan untuk channel ini dan sudah mendaftar akun Adsense diluar YouTube) untuk mengizinkan YouTube menghubungkan ke akun Adsense tersebut.

Setelah selesai, akan kembali diarahkan ke halaman YouTube tadi sebelum masuk halaman Adsense.

Jika Pilih Buat Akun

Jika memilih Buat akun artinya kalian membuat akun Adsense dari YouTube (akun kalian akan menjadi hosted account) akan diarahkan ke step berikutnya (langkah no.2).

(lihat gambar)

Halaman ini menampilkan 2 bidang: Situs web saya: (secara otomatis diisi dengan URL channel YouTube kalian) dan Bahasa konten: (secara otomatis menampilkan bahasa yang digunakan browser kalian). Silahkan pilih bahasa jika ingin menggantinya kemudian klik tombol Simpan dan Lanjutkan untuk melanjutkan atau klik tombol Tolak untuk membatalkan dan kembali.

Setelah klik tombol Simpan dan Lanjutkan akan diarahkan ke step 3 yang menampilkan informasi. Silahkan isi informasi kalian dengan lengkap dan benar. Setelah selesai dan yakin, silahkan klik tombol Kirim Permohonan Saya dibawah untuk mengirim permohonan akun Adsense ini dan akan diarahkan kembali ke halaman YouTube tadi.

Pada halaman Channel -> Monetisasi sekarang akan menampilkan informasi bahwa permohonan sudah terkirim dan tunggu beberapa hari kalian akan mendapatkan pemberitahuan via email bersangkutan tentang permohonan ini. Disetujui atau ditolak tetap akan mendapatkan pemberitahuan.

Kesimpulan

Dari pengalaman pribadi, permohonan ini akan dibalas sekitar 3 hari kerja saja. Tidak ada persyaratan yang terlalu penting untuk menghubungkan akun Adsense dengan channel YouTube. Tidak perlu terkenal di YouTube, tidak perlu memiliki banyak video, banyak views, banyak like atau banyak komentar untuk disetujui.

Tapi saya sarankan untuk memberikan informas lengkap di deskripsi channel, berikan media sosial, hanya agar terlihat serius memiliki channel YouTube bukan main-main atau iseng. Terutama untuk hosted account sudah dapat dipastikan permohonan kalian disetujui.

Setelah mendapatkan pemberitahuan via email, silahkan masuk ke channel YouTube seperti biasa dan mulai menerapkan iklan di video-video YouTube kalian baik video yang sudah ada sebelumnya atau video baru.

Selamat mencoba !

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...