Membuat Kode Pelacakan HiStats & Menyisipkannya di Situs Web

Visitor Tracking

Dengan menerapkan kode pelacak HiStats di situs web maka kalian akan mengetahui seberapa banyak pengunjung website / blog kalian perhari, perminggu, perbulan bahkan perjam. Dan beberapa hari lalu saya sudah buatkan tutorial tentang bagaimana cara melihat pengunjung web / blog yang sedang online menggunakan HiStats.

Apa Itu Kode Pelacak HiStats ?

Yaitu merupakan kode pelacak yang dihasilkan oleh HiStats untuk melacak pengunjung situs web / blog yang diterapkan kode pelacak tersebut dalam kurun waktu tertentu. Dalam penggunaannya tentu memerlukan akun HiStats, silahkan buat akun HiStats terlebih dahulu disini atau login jika sudah memiliki akun HiStats.

HiStats sendiri merupakan situs penyedia sistem pelacakan pengunjung situs web yang terdaftar dan diterapkan kode pelacakan, situs ini 100% gratis dan tidak ada berbau-bau politik uang ūüėÄ Saya gak tau deh apa keuntungan pasti yang mereka dapatkan selain dari iklan yang ditampilkan di situs HiStats tapi yang jelas situs ini sudah banyak peminatnya diberbagai negara.

Membuat Kode Pelacak HiStats

Setelah login / membuat akun HiStats silahkan klik menu Panel Kendali (jika menggunakan bahasa Indonesia, atau pilih bahasa Indonesia disebelah kiri nama pengguna jika ingin menggunakan bahasa Indonesia) kemudian klik menu Add a Website pada layar tampilan Panel Kendali ini.

Maka akan diarahkan ke halaman penambahan situs web, silahkan isi semua bidang yang diperlukan dalam formulir ini.

  • Site URL
    Bidang ini diisi dengan URL lengkap situs web / blog yang kalian miliki dan ingin dilacak jumlah pengunjungnya. Jangan lupa WWW atau non WWW.
  • Bahasa
    Bidang ini diisi dengan bahasa utama yang digunakan pada situs web tersebut.
  • Kategori
    Bidang ini diisi dengan kategori dari situs web / blog yang dimaksud diatas.
  • Time Zone
    Terdapat peta pada bagian ini, silahkan klik pada zona waktu tempat kalian tinggal. Jiak tidak yakin, abaikan peta ini dan pilih zona waktu dari bidang berikutnya.
  • Country
    Adalah negara tempat kalian tinggal yang mana negara ini akan menentukan bidang selanjutnya dan menentukan zona waktu tempat tinggal kalian saat ini.
  • Time Zone
    Merupakan bidang tarik-turun untuk memilih zona waktu dari negara yang sudah dipilih sebelumnya. Misalnya memilih negara Indonesia maka disini akan muncul pilihan zona waktu Asia/ misalnya Asia/Jakarta.
  • Judul
    Masukkan judul situs web / blog yang dimaksud dari bidang URL situs diatas.
  • Description
    Masukkan deskripsi dari situs web yang dimaksudkan.
  • Page views start value
    Bidang angka yang dapat diisi dengan nilai awal jumlah views laman situs tersebut, defaultnya adalah 0 (nol) tapi dapat diatur sesuai keinginan (maks: 10 juta).
  • Nilai awal pengunjung
    Bidang angka yang dapat diisi dengan ilai awal pengunjung situs web tersebut, defaultnya adalah 0 (nol) tapi dapat diatur sesuai keinginan (maks: 10 juta).
  • Stats visibility
    Status keterlihatan statistik situs tersebut, dapat diatur untuk semua orang (semua orang yang mengunjungi link statstik HiStats untuk situs ini dapat melihat statistik) dan visible only to you (hanya kalian saja sebagai pemilik akun yang dapat melihat statistik pengunjung untuk situs ini).
  • Terms of use & Privacy Policy
    Adalah syarat ketentuan dan kebijakan privasi HiStats, kalian harus menyetujuinya dengan mencentang kotak dibawahnya.

Setelah selesai, silahkan masukkan captcha lalu klik tombol Lanjutkan untuk melanjutkan. Maka akan diarahkan kembali ke halaman sebelumnya tapi dengan menampilkan daftar website yang baru saja dibuat. Silahkan klik website yang baru saja dibuat untuk masuk ke halaman statistik website tersebut.

Karena masih baru, maka tidak ada statistik apapun disini. Silahkan klik menu Counter CODE dibagian atas kanan layar statistik untuk mulai membuat kode pelacakan situs ini. Maka akan diarahkan ke halaman Counter / penghitung, silahkan klik add new counter untuk membuat counter / penghitung baru.

Pada halaman ini, silahkan tentukan model counter / penghitung yang akan ditampilkan pada situs web kalian. Seperti itulah kira-kira counter akan tampil pada situs web kalian, jika kurang senang dengan tampilannya kalian dapat memilih pelacakan tersembunyi di tab menu Hidden tracker. Hidden tracker ini merupakan pelacak tersembunyi yang tidak akan terlihat oleh pengunjung. Klik pada model hidde tracker tersebut maka akan diarahkan ke step berikutnya.

Pada tahap ini sebetulnya memilih warna background counter / pelacak, tapi jika kalian memilih hidden tracker ini tidak akan berfungsi maka langsung saja klik tombol Simpan dibawah. Kalian akan diarahkan kembali ke halaman counter dengan menampilkan daftar counter / pelacak yang baru saja dibuat.

Klik counter yang baru dibuat tersebut maka akan tampil potongan kode dibagian bawah halaman. Kode penghitung / counter code ini memiliki 2 jenis yaitu standard (kode pelacakan menggunakan javacript) dan NO JAVA SCRIPT.

Jika menggunakan NO JAVA SCRIPT maka tidak akan menggunakan kode javascript dalam pelacakannya, hal ini tidak akan menghasilkan statistik secara rinci. Jika ingin menghasilkan statistik yang rinci maka gunakanlah kode standard.

Salin kode yang kana gunakan kemudian tempelkan di situs web yang bersangkutan. (lihat gambar)

Bagaimana Cara Menyisipkan Kode Pelacak HiStats di Situs Web ?

Cara penerapan kode pelacak ini bergantung pada jenis website yang digunakan.

Situs HTML, PHP, atau situs lainnya yang dibangun sendiri / dengan jasa developer.

Untuk menerapkan di situs ini, silahkan terapkan dimana saja sesuai keinginan. Tempat itu nanti akan menampilkan counter HiStats (jika menggunakan hidden tracker tidak akan tampil).

Penerapan dapat dilakukan didalam div, table, footer, widget, ata tag lainnya yang sudah disusun agar counter terlihat rapih dan cocok dengan situs kalian. Jika tidak yakin, silahkan hubungi developer untuk mendapatkan bantuan.

Situs WordPress / CMS Lainnya

Jika situs kalian dibangung menggunakan CMS (misalnya WordPress) maka akan lebih mudah. Jika pada WordPress, pergi ke pengaturan Widget di menu Tampilan – > Widget kemudian pilih widget Teks untuk menerapkan kode tersebut. Cukup dengan menempelkan kode HiStats di bagian widget Teks tersebut lalu klik Simpan pada widget maka kode berhasil diterapkan dengan baik.

Silahkan cek pada situs kalian apakah counter sudah muncul (jika tidak menggunakan hidden tracker).

Mulai sekarang, kalian dapat melihat statistik pengunjung / visitor website di dasbor HiStats untuk situs tersebut. Cara melihatnya silahkan kembali ke HiStats -> Panel Kendali dan klik pada website yang ingin dilihat statistiknya.

Masih bingung ? Lihat : Video tutorial cara melacak pengunjung blog dengan HiStats.

Harap di maklum jika beberapa hari / bulan / tahun kedepan terjadi perbedaan cara pembuatan kode pelacak HiStats, mungkin saja ada perubahan yang dilakukan oleh pihak HiStats. Please keep in mind, pelacakan yang baru diterapkan mungkin saja tidak akan terlihat apa-apa pada dasbor statistik karena perlunya kunjungan dari visitor dan memerlukan waktu lebih dari sebulan jika ingin melihat statistik bulanan / statistik bulan ini.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...

POS Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi