Pasang Google Analytics di Blogspot Lebih Cepat dari Sebelumnya !

Copy Paste ID Pelacakan, Dapatkan Laporan Traffic Lebih Lengkap

Menganalisa dan mendapatkan laporan traffic pengunjung suatu blog adalah hal penting dalam mengelola dan mengembangkan sebuah blog, Google Analytics adalah salah satu alat untuk melacak pengunjung dan mendapatkan laporan traffic secara lengkap.

Sebelum melanjutkan, pastikan kamu telah memiliki akun Google Analytics atau yang biasa di singkat GA account dan membuat property untuk blogspot yang ingin dilacak di dalam Google Analytics tersebut. Silahkan pergi ke https://analytics.google.com, login dengan akun Google yang ingin digunakan. Pada bagian Property, buatlah properti baru dan lengkapi semua data yang diperlukan degnan benar termasuk URL blogspot yang ingin dilacak.

Setelah semua data terisi, klik tombol Dapatkan ID Pelacakan (jika menggunakan bahasa Indonesia) untuk mendapatkan ID pelacakan Google Analytics untuk situs blog yang didaftarkan. Kamu akan melihat sebuah kode pelacakan dan ID pelacakan.

gambar 1 - kode pelacakan google anayltics

Di Blogger, menerapkan pelacakan Google Analytics tidak perlu memasang kode / script yang begitu panjang. Pengguna dimudahkan dengan hanya menyalin kode pelacakan saja seperti yang ditandai pada gambar di atas. Salin ID pelacakan tersebut kemudian:

  • Masuk ke dasbor Blogger seperti biasa
  • Pilih blog yang ingin dilacak (jika memiliki beberapa blog)
  • Pada daftar menu di samping, pilih Setelan
  • Pilih Lainnya

Scroll ke bawah hingga menemukan bagian Google Analytics, tersedia kolom kosong yang perlu diisi dengan ID pelacakan Google Analytics agar pelacakan blogspot tersebut dapat dimulai. Tempelkan ID pelacakan yang tadi di salin dan jangan lupa klik tombol Simpan Perubahan untuk menyimpannya.

Sekarang, blogspot tersebut sudah mulai diproses trafficnya oleh Google Analytics. Kamu dapat masuk ke dasbor Google Analytics lalu pilih Beranda / Ringkasan maka akan menampilkan ringkasan data traffic blogspot bersangkutan.

Tunggulah beberapa saat setelah ID pelacakan diterapkan, Google Analytics akan segera mengumpulkan data.

Dengan begini, kamu dapat melacak jumlah pengunjung blogspot lebih jauh lagi, mulai dari sumber kedatangan visitor sampai hal lainnya yang disediakan dalam laporan yang lebih mendalam.

Seperti yang kita ketahui, ketika menggunakan blogspot sebetulnya sudah tersedia laporan pelacakan pengunjung di menu Statistik. Tapi itu hanya beberapa laporan saja, tidak selengkap ketika kamu melihat laporan traffic di Google Analyitcs.

Pelajarilah laporan Google Analytics dengan baik dan benar agar kamu mengetahui apa yang harus kamu lakukan selanjutnya dalam membangun blog untuk mencapai popularitas yang bagus.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi