Pasang Kode Pelacakan Google Analytics, Dapatkan Pelacakan Lebih Dalam !

Setelah membahas sedikit penjelasan tentang Google Analytics di postingan sebelumnya, kali ini kita akan membahas bagaimana cara menerapkan kode pelacakan Google Analytics di situs web agar seluruh aktivitas di situs web tersebut dapat dilacak dan dilihat statistiknya di dasbor Google Analytics (GA). Pada postingan tersebut, jika kalian mengikuti hingga selesai akan sampai ke tahap mendapatkan kode pelacakan (tracking ID) dan tinggal terapkan di situs web (lihat caranya dibawah).

Tapi, jika ingin membuat ulang kode pelacakan baru silahkan ikuti cara berikut (pastikan sudah memiliki akun Google Analytics dan property):

  • Masuk ke situs web GA https://analytics.google.com
  • Pilih menu Admin
  • Pilih akun yang digunakan
  • Pilih Info Pelacakan

gambar 1 cara memasang kode pelacak google analytics - rio bermano

Akan mencul beberapa pilihan, silahkan pilih Kode Pelacakan. Halaman akan menggeser ke kiri dan menampilkan kode pelacakan yang siap untuk diterapkan kedalam situs web. Salin kode pelacakan tersebut dan terapkan di situs web bagian dalam tag <head>.

gambar 2 cara memasang kode pelacak google analytics - rio bermano

Usahakan kode pelacakan diterapkan sebagai item pertama didalam <head> jika ingin kode pelacakan di render pertama kali oleh browser.

Jika memerlukan ID Pelacakan, tersedia dibagian atas atau lihat di dalam kode pelacakan.

Selesai, setelah diterapkan di situs web maka situs web tersebut dapat dilacak aktivitasnya melalui dasbor Google Analytics seperti pengunjung aktif, jumlah pengunjung, dll.

Selamat mencoba !

Loading...

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SIP LAH Lihat Privasi