Mengatasi Galat WordPress “Error Establishing a Database Connection”

Beberapa pengguna WordPress mungkin sering melihat kalimat Establishing a Database Connection (jika menggunakan bahasa Inggris), khususnya bagi para pengguna WordPress yang baru saja memperbarui database, baru pindah hosting, dan hal lainnya yang dapat merefresh database cache. Intinya, jika melihat tulisan seperti itu artinya situs WordPress yang kamu gunakan mengalami gangguan komunikasi dengan database yang dihubungkan.

Panik ? Itu wajar, semua orang pernah melakukannya. Tapi setelah membaca post ini diharapkan agar tidak panik lagi, mari kita cari tahu dan temukan solusinya bersama.

Error Establishing a Database Connection

Pahamilah bahwa database yang digunakan oleh WordPress adalah MySQL Database, tidak semua data yang disimpan / dibuat melalui CMS WordPress akan disimpan pada database bersangkutan seperti gambar / media, plugin, dan tema. Ketika data yang ada di database dipanggil menuju WordPress (contohnya kamu membuka artikel pada WordPress tersebut), maka WordPress akan menarik data dari database yang dihubungkan (wp-config). Namun, jika komunikasi antara WordPress dan database tidak mulus, biasanya akan menampilkan kode 500 atau kode lainnya yang mengartikan terjadi kesalahan salahsatunya adalah Error Establishing a Database Connection.

Penyebab Error

Setelah mengetahui cara kerjanya, sekarang ketahulah beberapa hal yang dapat menyebabkan error itu terjadi:

  • Database Rusak
  • Instalasi WordPress Rusak
  • Kredensial Database Tidak Tepat
  • Terdapat Masalah Pada Server

4 hal di atas adalah masalah umum yang sering terjadi ketika WordPress mengalami kesalahan dalam melakukan koneksi dengan database yang dimaksud.

Mengatasi Error Database WordPress

Setelah mengetahui apa saja penyebabnya, kita dapat mulai memeriksa dan memperbaikinya satu persatu jika memang benar kesalahan disebabkan oleh faktor di atas.

  • Database Rusak

Database bisa saja rusak disebabkan oleh banyak hal, salahsatunya adalah sering melakukan perpindahan tempat (server) dengan cara yang salah. Jika kamu pernah melihat pesan “One or more database tables are unavailable. The database may need to be repaired” di dasbor WordPress, sudah bisa dipastikan bahwa database ini rusak. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki database yang rusak pada WordPress, kita mulai dari cara yang pertama yaitu via cPanel.

Memperbaiki Database Rusak via cPanel

  1. Masuk ke cPanel domain bersangkutan
  2. Temukan bagian Databases, pilih MySQL® Databases

gambar 1 - pilih mysql databases cpanel

  1. Pada bagian Modify Database, pilihlah database yang digunakan kemudian klik Check Database dan dilanjutkan dengan Repair Database

gambar 2 - memeriksa database mysql

Jika memiliki beberapa database, pilihlah database yang digunakan WordPress. Cara mengetahui database yang digunakan, silahkan lihat di file wp-config.php > cari DB_NAME.

Check Database berfungsi untuk memeriksa apakah database tersebut dalam keadaan baik, Repair Database berfungsi untuk memperbaiki kerusakan pada database bersangkutan.

Jika ternyata terdapat kesalahan ketika Check Database, sudah bisa dipastikan bahwa database memang rusak dan perlu Repair Database. Setelah perbaikan selesai, silahkan akses WordPress kembali ! Seharusnya sudah tidak muncul error lagi.

Memperbaiki Database Rusak via wp-config.php

  1. Masuk ke cPanel domain bersangkutan
  2. Pilih File Manager
  3. Temukan file wp-config.php pada direktori domain bersangkutan, (jika terdapat dalam folder, masuklah ke dalam folder terlebih dahulu)
  4. Edit wp-config.php
  5. Tambahkan define('WP_ALLOW_REPAIR' , true); di bagian paling bawah dari file wp-config.php
  6. Klik tombol Save Changes
  7. Kunjungi URL https://www.NAMA-DOMAIN.com/wp-admin/maint/repair.php (ubahlah NAMA-DOMAIN dengan domain bersangkutan, perhatikan juga https dan www) maka akan muncul seperti ini:

gambar 3 - repair database wp-config

Pilih Perbaiki Basis Data untuk memperbaiki sekilas (cepat), pilih Perbaiki dan Optimalkan Basis Data untuk memperbaiki penuh (lebih lama). Harap tunggu hingga proses perbaikan database benar-benar selesai, situs mungkin tidak dapat diakses sementara !

Setelah perbaikan selesai, kembali lah masuk ke WordPress. Seharusnya tidak muncul lagi error database WordPress !

  • Instalasi WordPress Rusak

Masalah salanjutnya yang memungkinkan database rusak adalah terdapat instalasi WordPress yang rusak, update versi WordPress ke versi terbaru (jika tersedia). Periksa di Dasbor > Pembaruan, jika tersedia vesi WordPress baru silahkan update ke versi baru !

Jika tidak tersedia versi baru, kamu dapat mencoba untuk install ulang WordPress dengan cara menghapus instalasi WordPress saat ini dan install kembali WordPress.

Catatan: Pastikan untuk melakukan backup WordPress terlebih dahulu sebelum melakukan ini !

Setelah backup selesai, install WordPress seperti biasa pada direktori tersebut. DISARANKAN: Jika sebelumnya melakukan instalasi melalui Softaculous, sekarang sebaiknya melakukan install WordPress secara manual. Jika sebelumnya melakukan pemasangan WordPress secara manual, sekarang sebaiknya melakukan install WordPress via Softaculous.

  • Kredensial Login Database Salah

Jika masalah ini masih muncul, bisa dipastikan bahwa masalah benar-benar terdapat pada databasenya. Bisa jadi kredensial login database yang dimasukkan salah, entah user atau password yang salah. Hal ini biasa terjadi pada situs WordPress yang baru saja migrasi hosting ke VPS atau migrasi ke hosting berbeda.

DISARANKAN: Buat password baru untuk user database tersebut.

  1. Masuk ke cPanel seperti biasa
  2. Temukan bagian Databases, pilih MySQL® Databases
  3. Temukan bagian Current Users, klik Change Password pada user bersangkutan

gambar 4 - change password user database mysql

  1. Buatlah password baru dan klik tombol Change Password untuk menyimpannya !
  2. Selanjutnya, buka File Manager
  3. Edit file wp-config.php pada direktori bersangkutan (jika memasang di subdomain biasanya dimasukkan ke dalam folder, buka folder tersebut lalu temukan wp-config.php)

gambar 5 - user password db wordpress

  1. Pastikan DB_NAME, DB_USER, dan DB_PASSWORD terisi dengan benar menggunakan kredensial yang tadi baru saja disesuaikan. Jika masih beda, gantilah dengan kredensial yang baru saja diganti !
  2. Klik tombol Save Changes untuk menyimpan perubahan ini

Kembalilah ke dasbor WordPress, maka error tidak akan muncul lagi dan WordPress dapat diakses seperti semula.

  • Kesalahan Server

Jika semua cara di atas telah dilakukan dengan baik dan benar tapi masih muncul error database WordPress, bisa jadi disebabkan oleh kesalahan pada server dimana hosting kamu adalah merupakan dari bagiannya. Hubungi provider untuk mendapatkan bantuan menyelesakan masalah ini, beritahukan semua kendala yang dialami dengan rinci.

Itulah cara mengatasi galat database error pada WordPress, ini tidak hanya berlaku ketika pesan Error Establishing a Database Connection muncul, tapi juga berlaku untuk error database lainnya seperti muncul pesan dalam kotak di dasbor (back-end) yang memberitahukan bahwa terjadi kesalahan kredensial atau error pada database dalam sisi lain.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi