Mengatasi Gagal Export / Render – Adobe Premiere Pro

Setelah memposting cara export / render video di Adobe Premiere, mungkin masih ada beberapa pengguna yang mengalami kendala alias error saat exporting. Maka dari itu saya buatkan artikel ini yang menjelaskan beberapa masalah yang biasa terjadi ketika exrpot / render video di Adobe Premiere serta cara memperbaikinya.

Silahkan lihat salah satu masalah dibawah ini yang sedang dialami dan lihat bagaimana cara mengatasinya.

#1 – File Ganda / Duplikat

Biasanya ketika mengekspor video dengan nama yang sudah ada akan menjadi masalah dan tidak dapat di export, pastikan nama output itu berbeda misalnya sudah ada file di folder output dengan nama sequence_01 maka selanjutnya silahkan gunakan nama selain itu.

#2 – I/O Error

Pastikan hardisk memiliki kapasitas yang cukup untuk video baru yang akan di export, dan pastikan juga akun komputer kalian memiliki izin untuk mengakses lokasi output tersebut. Misalnya akun komputer itu adalah Tamu / Guest dan tidak diizinkan menulis (write) folder / disk dimana video export ini di output di lokasi tersebut maka tidak akan bisa di export.

Jika memang sudah memiliki izin untuk write disk tersebut tapi masih error, cobalah menghapus cache media Adobe Premiere. Lihat caranya disini.

#3 – Salah Lokasi Output

Mungkin tanpa disadari kalian memilih disk / folder output di tempat yang salah, silahkan periksa kembali di bagian ketika akan export video Adobe Premiere. (lihat gambar) Klik Output Name dan tentukan lokasi dengan benar.

#4 – Tidak Dapat Izin Membuat / Membuka Lokasi Output

Hampir mirip dengan poin nomor 2, pastikan disk memiliki ruang yang memadai untuk video baru yang akan di export dan pastikan akun komputer kalian saat ini memiliki izin untuk mengakses lokasi output tersebut termasuk menulis (write) dan membaca (read). Jika yakin memiliki izin, cobalah dengan menghapus cache media file.

#5 – Kompresi Codec Error

Gunakanlah Codec yang tidak dibatasi seperti AVI untuk animasi / transparan agar tidak jadi masalah pada frame videonya, lihat jenis file yang dibuat ketika akan mengekspor. Gunakanlah format yang sesuai dengan frame video.

#6 – Disk Penuh

Ini adalah masalah paling mendasar, ketika lokasi output tidak memiliki kapasitas yang cukup untuk menerima video baru yang akan di export maka tidak dapat disimpan di lokasi tersebut. Silahkan pilih lokasi lain atau coba memperbesar kapasitas / ruang lokasi tersebut.

Jika kalian mencoba di Disk C atau di Disk dimana Adobe Premiere dipasang, cobalah menghapus media cache file, biasanya ini memakan banyak ruang di tempat instalasi.

#7 – File Tidak Ditemukan

Pastikan sumber file / source file yang digunakan itu memang tersedia, misalnya kalian menggunakan 5 video dan ada salah satu video yang memang tidak terbaca atau tidak tersedia di komputer maka tidak dapat di export.

#8 – Tidak Dapat Menyimpan File

Penyimpanan aplikasi Adobe Premiere ini menggunakan tujuan file, mungkin aplikasi sedang mencoba menyimpan project ke lokasi yang sama dengan output maka tidak dapat mengexport video. Coba tutup aplikasi dan ulang kembali, tapi pastikan proses penyimpanan frject file telah selesai.

#9 – RAM Lemah

Mungkin komputer yang digunakan tidak memiliki memory yang besar sehingga proses penyimpanan pun gagal, terutama jika komputer juga menjalankan aplikasi lain maka memory akan terbagi dan menjadi lebih sedikit.

Jangan khawatir, tidak perlu memberi baru. Cobalah cara ini, masuk ke menu Edit -> Preferences -> Memory. Pada bagian Optimize Rendering For: pilihlah Memory, dengan begini Adobe Premiere akan memanfaatkan banyak kapasitas memory di RAM dan secara otomatis aplikasi lain akan dikurangi penggunaan memory nya.

#10 – Unknown Error

Namanya codingan pasti ada saja masalah yang tidak diketahui, ini cukup menjengkelkan tapi memang begini adanya. Jika kalian bergelut di dunia pemrograman pasti memahami hal ini. Tapi dari pengalaman pemakaian pribadi, saya akan menjelaskan apa saja yang dapat diselesaikan dari unknown error.

Harus pahami dulu, banyak sekali kemungkinan yang menyebabkan unknown error dan ini memang membuat bingung dari mana pengguna harus mulai mengatasinya. Saya akan jelaskan apa saja yang biasa saya lakukan ketiak terjadi unknown error ketika pertama kali saya menggunakan Adobe Premiere beberapa tahun lalu, tapi perlu dicatat:

“langkah-langkah mengatasi masalah unknown error dibawah ini mungkin bisa saja berbeda dengan masalah unknown error yang sedang kalian alami saat ini”.

Kalian dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini jika dirasa sesuai atau lewati langkah-langkah yang menurut kalian aneh dan/atau pengaturannya berbeda.

Unknown Error #1

Biasanya saya mencoba untuk export berulang kali hingga berhasil dan pernah tiba-tiba berhasil padahal setelah beberapa kali dicoba sebelumnya selalu gagal.

Unknown Error #2

Mencoba format yang berbeda, biasanya hal ini berfungsi karena format yang digunakan kadang tidak sesuai dengan frame video yang dibuat.

Unknown Error #3

Menghapus Effect, saya pernah mengalami ini. Ketika menggunakan Video Effect, video tidak dapat di export kemudian ketika dihapus semua efek yang digunakan export pun berhasil.

Unknown Error #4

Cobalah export video saja atau audio saja, jika salah satu dari percobaan ini berhasil artinya ada masalah dengan video/audio yang digunakan dan cobalah menggunakan video/audio lain atau format yang berbeda (yang digunakan di timeline).

Unknown Error #5

Lokasi Berbeda, entah apa penyebab utamanya yang jelas tidak ada salahnya mencoba langkah ini. Untuk mencoba lokasi output yang berbeda mulailah dari folder berbeda kemudian folder baru kemudian cobalah disk berbeda, jika berhasil maka ada masalah dengan lokasi output sebelumnya.

Unknown Error #6

Restart Computer, cara mendasar yang dilakukan para pengguna lama Adobe Premiere. Mudah dilakukan, cobalah restart komputer dan memulai ulang export video. Jika masih error cobalah mematikan komputer untuk beberapa saat (memastikan RAM sudah bersih) dan coba nyalakan kembali dalam keadaan RAM yang segar.

Unknown Error #7

Memotong Video, agak tidak masuk akanl tapi patut dicoba. Cobalah memotong video baik bagian akhir atau bagian lain kemudian export, jika berhasil artinya ada masalah dengan video yang digunakan tapi tidak ekseluruhan video tersebut.

Coba juga untuk menyalin (copy) project file yang digunakan kemudian hapus project asli di timeline dan ganti dengan copy-an nya, jika berhasil berarti ada masalah yang sifatnya sementara pada video asli tersebut.

Unknown Error #8

Jika pernah merubah nama output video dengan tanda yang tidak diizinkan, biasanya akan berpengaruh pada nama-nama output berikutnya (tergantung dari tingkah laku komputer yang digunakan). Cobalah menggunakan output name yang masuk akal tanpa banyak karakter aneh, kalian dapat mencobanya dengan huruf saja.

Unknown Error #9

Coba project baru, mungkin project yang digunakan sudah rusak / usang. Buat project baru dan coba mengedit video seperti biasa kemudian export.

Unknown Error #10

Langkah terakhir, cobalah update Adobe Premiere ke versi terbaru. Ketika update tentu akan menampilkan beberapa hal yang dianggap oleh Adobe Premiere terbaru dan diberitahukan bagaimana mengatasinya.

Jika tidak bisa update, bisa juga uninstall Adobe Premiere kemudian menghapus semua hal yang bersangkutan dan coba install kembali.

Catatan: Ketika uninstall, pastikan semua hal yang bersangkutan dengan Adobe Premiere disingkirkan permanen termasuk cache-cache kecil nya.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan ketika terjadi error exporting Adobe Premiere, selamat mencoba !

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...