Mengatasi Gambar / Thumbnail WordPress Tidak Muncul

Cobalah Semua Tahap Hingga Berhasil

Tidak tampilnya gambar pada suatu blog merupakan hal penting dan membuat mata tidak nyaman, terutama di halaman feed seperti kategori dan hasil pencarian. Tingkat klik bisa saja meningkat ketika gambar yang disuguhkan dapat menghipnotis mata, tanpa mengenyampingkan judul.

Ini hal yang biasa tapi tidak biasa terjadi, termasuk pada situs yang menggunakan WordPress. Beberapa pengguna WordPress biasanya mengalami ini ketika hosting yang digunakan sedang tidak stabil, baru saja berpindah hosting, propagasi domain dan masalah lainnya.

Thumbnail Belum Ditambahkan

Sebelum membahas lebih lanjut, pastikan kamu sudah memeriksa bahwa gambar thumbnail / featured image pada setiap artikel sudah ditambahkan, untuk memeriksanya lakukan:

  • Edit postingan yang tidak menampilkan thumbnail
  • Temukan bagian Featured Image / Gambar Unggulan, ini biasanya berada di bawah bagian Kategori
  • Jika tidak ada, pastikan untuk menampilkan bagian Featured Image dengan cara scroll sampai ke layar paling atas, klik tab Opsi Layar, pastikan kotak¬†Gambar Unggulan / Featured Image dicentang

gambar 1 - bagian gambar unggulan

  • Kembali scroll ke bawah, maka akan muncul bagian Gambar Unggulan / Featured Image. Klik Tetapkan gambar unggulan
  • Pilih gambar yang ada dalam pustaka gambar atau beralih ke tab Unggah Berkas untuk upload gambar baru

Gambar yang dipilih akan tampil pada bagian Gambar Unggulan / Featured Image, gambar tersebut akan menjadi gambar unggulan sekaligus thumbnail untuk postingan tersebut. Lihat situs sekarang, maka gambar akan tampil.

Proses Perpindahan wpcontent/uploads

Semua gambar yang digunakan pada situs WordPress akan tersimpan di folder wp=content/uploads, kamu pasti sering melihat folder-folder ini jika membuka File Manager di cPanel.

Jika baru saja memindahkan situs WordPress dari hosting lama ke hosting baru, tunggulah beberapa saat hingga semua folder benar-benar berpindah. Ini tergantung dari besarnya folder WordPress yang digunakan, bisa berhari-hari jika terlalu besar + hosting yang digunakan buruk.

Ketika semuanya sudah kembali normal, maka gambar di WordPress pun akan segera tampil.

Izin Folder / Permission

Beberapa pengguna WordPress juga bisa saja tidak sengaja merubah izin folder gambar WordPress (kojyo/uploads) ketika sedang membuka File Manager di cPanel.

  • Masuklah ke cPanel
  • Carilah bagian Files lalu klik File Manager
  • Masuk ke direktori dimana WordPress terpasang, jika dipasang sebagai domain utama seharusnya berada di dalam public_html saja tanpa masuk ke folder lain (tapi ini tergantung dimana kamu menginstall WordPress)
  • Buka folder wp_content

Cari folder uploads, pastikan izin / permissions folder tersebut sama dengan folder WordPress lainnya yaitu 0755. Untuk mengganti permissions ini silahkan klik folder uploads, klik Permissions pada daftar menu di atas, pastikan setelannya seperti pada gambar di bawah ini hingga muncul angka 755.

gambar 2 - gambar wordpress tidak tampil

Centang pada kotak User, Group, dan World hingga menampilkan angka 755 atau ikuti gambar di atas. Dengan setelan ini seharusnya gambar WordPress sudah normal dan tampil kembali.

Tips: Jika sedang mengalami propagasi, walaupun folder ini sudah memiliki permissions 0755, cobalah menggantinya ke angka lain dan tunggu beberapa saat sebelum menggantinya lagi ke angka 0755. Biasanya ini berhasil !

Klik tombol Change Permissions untuk menerapkan.

Gambar / Folder Hilang

Jika masih belum berhasil, pastikan folder uploads memiliki gambar yang dimaksud, jika gambar yang tidak tampil itu ternyata tidak ada di dalam folder uploads maka bisa dipastikan gambar itu memang hilang (tidak tersedia) sehingga tidak tampil di situs WordPress.

Jika seperti ini, kamu dapat mengunggah kembali gambar tersebut seperti yang dijelaskan di atas tentang cara upload gambar.

Rebuild Thumbnails

Jika kamu menggunakan tema yang mendukung untuk rebuild thumbnails, manfaatkanlah ! Dengan rebuild thumbnails kamu akan mengetahui apakah gambar tersebut tersedia di folder uploads. Jika tersedia tapi rusak, biasanya rebuild thumbnails akan memperbaikinya sehingga gambar dapat tampil kembali.

Jika rebuild thumbnail menampilkan pesan error pada beberapa gambar, sudah bisa dipastikan bahwa gambar tersebut memang tidak tersedia di direktori gambar WordPress. Satu-satunya cara yang dapat dilakukan adalah mengunggah gambarnya kembali.

Hosting Provider

Bukan tidak mungkin masalah seperti ini berkaitan dengan layanan hosting yang kamu gunakan, pada beberapa kasus, hosting pun bisa saja terkait. Silahkan hubungi penyedia layanan hosting untuk meminta bantuan dan memeriksa apakah ini ada hubungannya dengan hosting yang diberikan.

tunggu sebentar...

POS Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi