Solusi Kecepatan Video & Audio Tidak Sama di Sequence Adobe Premiere

Karena Codex Masing-Masing Berbeda

Pada beberapa kasus, ada masalah dimana video dan audio yang diterapkan pada Sequence di Adobe Premiere Pro tidak berjalan lancar misalnya video dan audio tidak sesuai kecepatannya (video lebih dulu atau audio yang terlalu lambat). Hal ini disebabkan oleh Frame Rates / fps pada video dan Hz audio / source codec audio tidak sesuai dengan yang dimiliki oleh Sequence tersebut.

Pada saat ini saya contohkan misalnya pada aplikasi Screen Recorder 5+ dari Nll Apps android, pada aplikasi ini setiap saya melakukan perekaman layar andorid hasil video nya akan saya edit di Adobe Premiere Pro CS 6 selalu tidak sesuai kecepatan video dan audio seperti yang saya jelaskan diatas. Tapi tidak hanya aplikasi itu saja, misalnya kalian menggunakan aplikasi lain (pembuat / perekam video) yang hasilnya juga sama seperti yang saya alami video & audio tidak sesuai bisa ikuti langkah-langkah yang saya jelaskan dibawah ini semoga cocok dan berhasil.

Ada 2 metode untuk mengatasi masalah seperti ini, yaitu:

  • Menyesuaikan Frame Rates
  • Menggunakan Aplikasi Converter

Menyesuaikan Frame Rates

Seperti yang saya jelaskan diatas, Frame Rates suatu video yang dihasilkan oleh aplikasi tentu akan berbeda secara defaultnya. Silahkan sesuaikan kecepatan / fps pada hasil produksi aplikasi yang kalian gunakan. Misalnya pada aplikasi Screen Recorder 5+ Nll Apps yang saya gunakan ini akan saya sesuaikan dengan setelan Sequence yang saya gunakan di Adobe Premiere Pro sebagai aplikasi pengolahan video tersebut. Atau sebaliknya, kalian bisa sesuaikan setelan Sequence nya agar sesuai dengan setelan hasil produksi pada aplikasi yang kalian gunakan misalnya aplikasi Screen Recorder 5+ ini.

Umumnya, setiap aplikasi pembuat / perekam video modern atau professional akan memiliki pengaturan fps dan audio Hz / hasil produksi audio pada setelan aplikasinya. Misalnya pada aplikasi screen recorder smartphone android yang saya gunakan ini tersedia pengaturan tersebut di menu setelan nya.

Untuk mengatur melihat bagaimana setelan Sequence yang kalian gunakan silahkan klik Sequence yang digunakan pada tab Project (biasanya terletak disebelah kiri bawah, ini tergantung dimana kalian meletakkan nya) jika tidak ada silahkan klik menu Windows pada tab menu diatas dan pilih Project atau bisa tekan Shift+1. Tab Project ini tempat menampilkan media yang digunakan / yang di import ke Adobe Premiere termasuk Sequence, silahkan pilih Sequence yang digunakan -> klik kanan -> Properties.

(lihat gambar) Akan muncul layar popup yang menunjukkan detail Sequence tersebut, disini bisa dilihat pada gambar diatas terdapat resolusi layar – stereo audio – audio Hz dan fps nya.

Atau jika ingin membuat baru silahkan klik menu File -> New -> Seqeunce dan silahkan pilih preset video yang diinginkan jangan lupa klik tab Setting dan tentukan pengaturannya Custom pada menu tarik-turun gunanya supaya kalian dapat mengatur / mengkustom settingan Sequence tersebut.

Menggunakan Aplikasi Converter

Metode ini tentu memerlukan pemasangan aplikasi baru pada komputer, disini misalnya saya menggunakan aplikasi DVDVideoSoft Free Studio. Jika tidak suka dengan aplikasi ini, kalian bisa gunakan aplikasi kesayangan kalian yang penting aplikasi converter karena kita akan mengkonversi video (yang mengandung audio).

Setelah berhasil di install aplikasinya silahkan di buka dan pilih menu Free Mp4 Video Converter, masukkan video ke dalam aplikasi tersebut (bisa klik Add Files / seret dan jatuhkan pada aplikasinya). Pada menu tarik-turun pilih format video nya MP4 dan Full HD 1080p lalu tekan tombol Convert dibawah dan tunggu sampai proses konversi selesai.

Setelah selesai, masukkan video hasil convert tersebut (secara default, lokasi hasil video nya ada di Documents -> Videos) ke Sequence Adobe Premiere seperti biasa ketika kalian akan mengedit video di Adobe Premiere. Silahkan jalankan video untuk memastikan video dan audio sudah berjalan normal, pada tahap ini seharusnya sudah selesai dan berhasil.

Masih bingung ? Lihat: Video tutorial cara menyesuaikan video dan audio Adobe Premiere.

Tips!

Jika video dan audio kalian dalam keadaan terpisah. Ketika membuka aplikasi converter tersebut silahkan convert video seperti tahap diatas dan tetap coba video hasil convert nya kedalam Sequence Adobe Premiere seperti biasa ketika kalian akan mengedit video di Adobe Premiere. Coba mainkan, jika sudah sesuai maka selesai sampai tahap ini tips nya tapi jika masih tidak sesuai silahkan convert juga audio nya dengan aplikasi converter ini caranya buka aplikasi nya dan pilih menu Free Audio Converter dan masukkan audio seperti pada langkah memasukkan video tadi dan pilih jenisnya Mp3 dengan Quality nya High Quality Joint Stereo atau silahkan pilih yang sesuai dengan bit audio Sequence kalian. Tapi untuk mengetahui bit audio pada Sequence ini kalian perlu membuat Sequence baru agar dapat melihat bit aduio nya silahkan lakukan pembuatan Sequence baru seperti yang saya jelaskan diatas.

Pada tutorial ini, tidak hanya bagaimana caranya tapi juga dengan solusi ketika masih tidak berhasil. Saya buat sedemikian rupa semoga dapat membantu kalian semua dan artikelnya mudah dipahami. Jika masih bingung / ada yang kurang dipahami jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar. Pada tutorial ini saya jelaskan menggunakan aplikai Adobe Premiere Pro & DVDVideoSoft Free Studio, please keep in mind jika kalian menggunakan aplikasi berbeda maka akan ada tahap-tahap yang berbeda seperti yang saya jelaskan diatas.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi