Mengatasi Share Facebook Tidak Muncul Gambar, Apakah Disebabkan oleh Kesalahan Markup Open Graph ?

OG:Image adalah atribut untuk sebuah post agar dapat menampilkan gambar ketika di share ke media sosial, ketika tidak ada gambar, tentu terlihat kurang menarik. Tidak ada salahnya, tapi ini terlihat kurang propesional dan terasa mengganjal. Bahkan, ketika artikel dibagikan ke media sosial, misalnya Facebook, dan tidak menampilkan gambar, masih ada kemungkinan untuk menurunkan jumlah ketertarikan dari siapapun yang melihatnya. Sehingga nilai klik kunjungan akan menurun dari biasanya.

gambar 1 - og image tidak muncul

Dalam dunia Digital Marketing, hal ini tentu merupakan salah satu masalah utama dalam mendapatkan engagement di media sosial Facebook.

OG Property

Penting bagi semua situs untuk memberikan Open Graph / OG pada situsnya, dengan ini kita dapat mengendalikan bagaimana post muncul ketika dibagikan ke media sosial. Apakah bisa tidak menggunakan OG ? Bisa saja, tapi Facebook akan mengambil semua data secara internal dari situs tersebut secara acak, mulai dari judul hingga gambar yang ditampilkan. Jika tepat, terlihat bagus, jika Facebook salah ambil judul dan gambar, tentu tidak menarik. Maka dari itu, mari sesuaikan OG !

Berikut ini contoh markup OG sederhana:

<meta property="og:url"                content="http://www.nytimes.com/2015/02/19/arts/international/when-great-minds-dont-think-alike.html" />
<meta property="og:type"               content="article" />
<meta property="og:title"              content="Ketika Ide Besar Tidak Dapat Berpikir" />
<meta property="og:description"        content="Bagaimana sebagian orang dimuka bumi berpikir tentang orang lain?" />
<meta property="og:image"              content="http://static01.nyt.com/images/2015/02/19/arts/international/19iht-btnumbers19A/19iht-btnumbers19A-facebookJumbo-v2.jpg" />

Pastikan teredia OG:Image dengan URL gambar yang ingin ditampilkan, periksalah URL gambar tersebut, pastikan sudah benar agar gambar berhasil tampil. OG:image tersebut yang akan menjadi post thumbnail ketika dibagikan ke Facebook. Letakkan markup OG di bagian <head> pada setiap halaman manapun yang ingin diautr Open Graph nya ketika dibagikan ke Facebook. Contohnya seperti ini:

Gunakan Sharing Debugger

Jika kamu yakin penerapan sudah benar tapi masih terjadi kesalahan, gunakan Debug Tool Facebook untuk Berbagi. Ini adalah alat untuk mencoba apakah Open Graph sudah diterapkan dengan benar, apakah OG berfungsi. Masukkan URL post untuk percobaan pada kolom yang disediakan, klik tombol Debug untuk memulainya. Klik disini untuk melihat hasil yang telah kami coba.

Jika ada kesalahan, Facebook akan memberitahukan dengan tanda merah, perbaikilah apa yang perlu diperbaiki. Jika URL gambar sudah benar, maka gambar sudah pasti muncul sebagai Open Graph.

Plugin WordPress

Jika menggunakan WordPress, membuat Open Graph ini bukanlah hal yang sulit. Gunakan plugin-plugin yang mendukung Open Graph, beberapa klik, Open Graph langsung tersedia ! Salahsatu plugin yang kami sarankan adalah plugin Yoast SEO, selain untuk membantu SEO blog, Yoast SEO juga menyediakan Social sharing, bagaimana post tersebut terlihat ketika dibagikan ke media sosial termasuk Twitter dan Google+.

Selain untuk membantu mengoptimalkan SEO, Yoast juga dapat membantu menerapkan Open Graph suatu postingan secara keseluruhan atau individu yang dapat ditemukan di bagian bawah ediotr konten WordPress setiap kali menulis / mengedit pos.

Kamu dapat menentukan gambar untuk media sosial berbeda dengan thumbnail / featured image artikel bersangkutan, jika kelupaan mengisi image media sosial maka akan mengunakan featured image artikel tersebut.

tunggu sebentar...

POS Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi