Cara Mengatasi Top Keywords “not provided” Google Analytics

0

Meskipun dalam kondisi adanya Pandemi Wabah Virus Covid-19 (Corona), namun tidak menghalangi Ponpes Dzikir Al Fath dalam memeriahkan Bulan Suci Ramadhan 1441 H.

Secara default, di dashboard Google Analytics akan menampilkan not provided pada bagian Keywords jika menurut Google kata kunci yang digunakan tidak jelas / tidak diketahui / tidak dapat direcord. Sebagai pemilik atau pengelola website tentunya penasaran dan muncul rasa ingin tau apa yang sebetulnya kata kunci digunakan oleh pengunjung ketika mengunjungi website, hal ini juga bisa membantu kita mengetahui kata kunci apa yang paling banyak membawa pengunjung ke website kita sehingga kita bisa melakukan improvement.

Caranya sangat mudah untuk dilakukan, cukup menambahkan filter di dashboard GA untuk membongkar apa isi dari not provided. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memulai:

  1. Admin > All Filters

    Masuk ke menu Admin di akun GA bersangkutan, pada bagian Account pilihlah akun yang ingin kamu gunakan (atau biarkan default) lalu pilih menu All Filters (jika kamu menggunakan bahasa Inggris) akan muncul tampilan filter. Klik tombol + Add Filter untuk mulai membuat filter.

  2. Custom > Advanced Filter

    Mulailah mengisi nama filter sesuai selera kemudian pada Filter Type pilih Custom > Advanced.

  3. Setup Filter

    Lanjutkan setup filter, pada Field A pilihlah Campaign Term dengan value (.not provided). Pada Field B pilihlah Request URI dengan value (.*), pada Field C pilih Campaign Term lagi tapi kali ini value nya adalah $B1. Lalu ikuti required field seperti pada screenshot.

  4. Apply Filter

    Selanjutnya kita tentukan filter yang sudah disetup di atas akan diterapkan pada views mana, pastikan kamu tau views kamu yang mana. Kalo gak yakin, pilih saja semua.

ads by posciety

Setelah selesai, klik tombol Save untuk menyimpan filter ini. Semua filter yang kamu buat akan tampil pada menu All Filters tadi, kamu bisa edit, delete atau tambah filter baru sesuai kebutuhan.

Tunggu beberapa saat maka hasilnya akan muncul di GA dashboard seperti ini:

Dengan cara ini bukan berarti bisa melihat kata kunci yang digunakan yang sebetulnya not provided karena GA tidak memberikan kita kesempatan untuk itu, tapi dengan cara ini setidaknya tidak ada lagi laporan not provided di GA dan kita bisa melihat halaman apa yang dicari, asumsikan kata kuncinya tidak jauh dari keyword yang ada pada slug halaman.

Selain cara di atas, kamu juga mengaktifkan pelacakan pencarian di dalam situs. Ketika user klik tombol search di website kamu dan mencari kata kunci maka akan direcord oleh Google pada menu Site Search Report dan hasilnya tidak not provided.


Sebetulnya kamu tetap bisa melihat keyword secara lengkap yaitu melalui Google Search Console pada menu Report dan tambahkan keyword sebagai filter tambahan maka kamu akan melihat semuanya dan tidak ada not provided di sana.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya