Kustom CNAME RECORD Untuk Domain / Subdomain di cPanel

Setiap domain memiliki DNS Record nya masing-masing, secara default domain utama akan memeliki A Record tapi setiap domain pun tentu dapat diatur / custom sesuai kebutuhan masing-masing pengguna. Dalam mengatur DNS Record ini memerlukan pemahaman tingkat lanjut karena jika ada kesalahan akan berakibat error untuk situs tersebut.

Lebih suka melihat video tutorial ? Scroll kebawah dan klik pada link video tutorial

Silahkan masuk ke cPanel seperti biasa lalu cari bagian tab Domains silahkan pilih Advanced Zone Editor. Pada layar ini akan diminta domain mana yang akan diedit silahkan pilih domain utama yang akan edit (walaupun subdomain yang akan diedit, tetap pilih domain utama subdomain tersebut pada menu tarik-turun ini) setelah dipilih maka akan menampilkan semua domain & subdomain untuk domain tersebut.

Scroll kebawah dan cari domain / subdomain yang akan diedit (misalnya subdomain go.riobermano.com). Maka pada go.riobermano.com silahkan klik tombol Edit disebelah kanan nya. Maka akan tampil detail dengan beberapa tab yaitu:

  • Name
    Menampilkan domain / subdomain tersebut dan biarkan seperti itu
  • TTL
    Silahkan masukkan angka 14400
  • Type
    Silahkan pilih CNAME
  • CNAME
    Masukkan domain yang ingin ditampilkan sebagai alamat tujuan domain / subdomain ini

Contoh (jika saya tujukan subdomain go.riobermano.com ke alamat shortlink AdFly) : (lihat gambar).

Dengan demikian, maka ketika mengunjungi go.riobermano.com akan berisi sama seperti custom.adf.ly. Namun pada adfly fungsinya adalah untuk membuat shortlink dengan domain custom maka hanya berfungsi sebagai tampilan domain custom saja dan tetap akan diarahkan ke url utama yang dipendekkan / Shrink di AdFly.

Fungsi pada CNAME ini bergantung pada pengaturan alamat CNAME yang dimasukkan misalnya custom.adf.ly maka bergantung pada pengaturan mereka yang memiliki domain tersebut apakah akan menampilkan keseluruhan situs mereka atau hal lainnya seperti adf.ly ini akan mengarahkan ke url utama yang dipendekkan dan jika pengunjung hanya mengunjungi go.riobermano.com tanpa entry (go.riobermano.com/1h) maka akan menampilkan beranda situs riobermano.com.

Silahkan tanyakan bagaimana mereka mengatur CNAME tersebut (jika kalian menggunakan adfly seperti diatas maka akan sama seperti yang saya jelaskan jadi tidak perlu ditanyakan lagi ke mereka).

Catatan! Jika kalian mengatur atau ingin menggunakan domain / subdomain yang menggunakan www maka silahkan alihkan domain / subdomain yang menggunakan www tersebut ke domain / subdomain yang tanpa www dan kemudian alihkan yang tanpa www ke custom domain misalnya seperti diatas. Misalnya saya ingin menggunakan www.go.riobermano.com maka silahkan alihkan ke go.riobermano.com. Dan go.riobermano.com tetap dialihkan ke alamat domain yang diinginkan misalnya custom.adf.ly.

Loading...

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi