Kembalikan Situs WordPress yang Sudah Dihapus / Kembalikan Backup Sebelumnya

Situs WordPress sudah dihapus ? Ingin dikembalikan lagi ? Hal ini disebutnya Restore WordPress, kalian pasti sudah tahu itu. Selain situs WordPress yang sudah dihapus, bisa juga mengembalikan versi / simpanan situs WordPress yang sebelumnya. Biasanya hal ini terjadi ketika pengguna WordPress mengalami error saat ini dan ingin dikembalikan seperti sebelumnya.

Untuk restore WordPress tentu harus pernah mem-backup sebelumnya, karena akan mengembalikan hasil backup tersebut. Dan artikel ini akan menjelaskan menggunakan Softaculous di cPanel.

Silahkan masuk ke cPanel seperti biasa -> Aplikasi Softaculous. Pilih Backups and Resotres di menu navigasi atas, maka akan diarahkan ke halaman backup dan menampilkan semua hasil backup yang pernah dibuat.

(lihat gambar)

Dapat diperhatikan pada gambar diatas, jika hasil backup situs WordPress yang sudah dihapus / uninstall maka akan ada keterangan di kolom sebelah kanan “Installation has been removed, which was installed on the following url. You can restore it using the Backup“. Tapi jika hasil backup situs WordPress yang masih ada di hosting / belum di uninstall hanya menampilkan URL di kolom sebelah kiri seperti pada baris pertama tanpa keterangan seperti itu.

Untuk mengembalikan situs WordPress silahkan klik ikon panah melingkar warna ungu seperti yang ditandai pada gambar diatas, pilih situs mana yang ingin dikembalikan dan klik ikon yang sejajar dengan file back up tersebut. Jika memiliki banyak backup, silahkan pilih salah satu backup untuk 1 situs.

Catatan: Jika mengembalikan situs WordPress yang telah dihapus, pastikan pada domain tersebut belum terisi situs lain. Misalnya situs WordPress yang telah dihapus berada di domain.com maka pastikan saat ini domain.com sedang tidak ada situs apapun dan pastikan domain tersebut tersedia dihosting. Karena jika ada, akan bertabarakan.

Setelah di klik ikon Restore, tunggu beberapa saat sampai proses selesai.

Setelah proses selesai, sekarang situs WordPress dari hasil backup tersebut dapat diakses kembali seperti sebelumnya. Silahkan coba kunjungi URL dimana situs WordPress tersebut dikembalikan. Lihat apakah benar backup itu yang saat ini diinginkan ? Jika bukan, silahkan backup lagi dari file-file backup yang ada (jika memiliki banyak file backup).

Kesimpulan

Restore WordPress memerlukan backup, karena jika tidak ada backup apa yang akan dikembalikan ? Pastikan kalian selalu melakukan backup situs WordPress agar dapat dikembalikan ketika mendapati kasus yang tidak diinginkan pada tampilan baru. Pada beberapa versi aplikasi Softaculous nanti mungkin akan mengalami perubahan / tata letak menu, harap disesuaikan saja dengan tutorial diatas.

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi