Seberapa Cepat Halaman Web Kamu Ketika Pengunjung Membukanya ?

Praktek Langsung di Lapangan, Bukan Sekadar Test Kecepatan

Layanan pemeriksa kecepatan loading sebuah halaman situs web sudah banyak kali tersedia di Internet termasuk Google PageSpeed dan GTMatrix, tapi itu berfungsi untuk mengetahui secara manual saja. Kali ini kita akan bahas langsung di lapangan apa yang terjadi dan apa yang dialami oleh apra pengunjung web yang kita miliki. Sekarang kita akan mengetahui bagaimana halaman dimuat oleh para pengunjung berdasarkan statistic yang lalu menggunakan bantuan Google Analytics. Bagaimana caranya ?

Seberapa Cepat Loading Situs – Real Time

Mungkin biasanya kamu hanya memeriksa kecepatan situs menggunakan layanan PageSpeed atau sejenisnya, itu sudah biasa. Disini kita akan membahas lebih lanjut lagi, yaitu seberapa cepat loading situs yang dialami oleh para pengunjung situs ketika mereka mengunjungi. Ini dapat dilihat di hasil laporan Google Analytics, jadi pastikan situs web mu sudah dihubungkan dengan Google Analytics. Lihat: Cara menerapkan Google Analytics di web/blog.

Jika Google Analytics sudah terpasang sebelumnya, tidak perlu dipasang lagi ya. Lanjut saja ke step berikutnya.

  • Buka dasbor Google Analytics seperti biasa (https://analytics.google.com/analytics)
  • Masuklah ke dasbor analisa dengan memilih situs yang ingin dilihat laporannya
  • Pada menu samping kiri, pilih Perilaku / Behavior
  • Pilih Kecepatan Situs / Site Speed
  • Pilih Waktu Halaman / Page Time

gambar 1 - kecepatan loading situs ga

Akan tampil semua halaman yang sedang dibuka oleh para pengunjung, kamu dapat menyesuaikan tanggal di pojok kanan atas. Dibagian kanan bawah kamu dapat melihat seberapa cepat situs kamu loading ketika pengunjung-pengunjung pada tanggal tersebut membuka halaman. Untuk mengetahui lebih lanjut, klik saja pada link halaman yang dibuka oleh pengunjung tersebut.

Tidak hanya itu, kamu juga dapat melihat saran kecepatan yang diberikan oleh Google Analytics. Klik pada Saran Kecepatan di samping kiri untuk mengetahui lebih lanjut. Dengan begitu, kamu dapat mengetahui kecepatan terbaik yang perlu kamu berikan kepada para pengunjung.

Catatan: Untuk menggunakan fitur Analytics penuh, tentu harus menunggu semua data terkumpulkan. Pastikan Google Analytics sudah berjalan beberapa hari.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi