Mengintip Situs Lain yang Menyisipkan Link ke Domain Saya

Seperti yang dijelaskan pada artikel sebelumnya tentang apa itu pingback, sebaiknya pengelola situs web / aplikasi menggunakan Google Search Console (Google Webmaster) saja. Dengan Google Search Console, kita dapat mengetahui situs mana saja yang mencantumkan link yang mengarah ke web / blog yang kita miliki.

Gak perlu panjang lebar karena sudah dijelaskan di artikel tersebut. Untuk mengetahui siapa saja yang mencantumkan link web / blog kita, silahkan buka dasbor Google Search Console (https://www.google.com/webmasters/tools/).

Sebelum dapat melakukan ini, pastikan situs web/ blog bersangkutan sudah terverifikasi. Lihat: Cara Verifikasi Situs / Aplikasi di Google Search Console.

  • Klik properti (web) yang ingin diketahui, misalnya https://posciety.com
  • Buka menu Lalu Lintas Penelusuran (jika menggunakan bahasa Indonesia) > pilih Tautan ke Situs Anda

gambar 1 cara mengetahui siapa saja yang mencantumkan link ke situs web blog saya - rio bermano

Saat ini, dibagi kedalam 3 kategori: Siapa yang paling banyak menaut. Konten yang paling banyak ditaut, dan Cara data ditautkan. Total link (keseluruhan, single) akan tampil dibagian atas (2.613).

Siapa yang Paling Banyak Menaut

Artinya situs mana saja yang paling banyak menautkan ke situs web / blog yang kita miliki, 5 situs teratas akan ditampilkan pada halaman ini. Klik Selengkapnya >> jika ingin melihat semua situs. Halaman akan menampilkan semua situs yang menautkan situs kalian beserta jumlah tautannya dan halaman yang ditautkan, misalnya 50 tautan dan 2 halaman artinya dari 50 tautan tersebut hanya 2 halaman situs kalian yang ditautkan.

Untuk mengetahui lebih lanjut halaman mana saja yang ditautkan, klik setiap tautan yang ditampilkan maka akan menampilkan URL dari halaman kalian yang ditautkan.

Konten yang Paling Banyak Ditaut

Artinya konten mana saja dari situs web / blog kalian yang paling banyak ditautkan diluar, 5 konten teratas akan ditampilkan pada halaman ini. Klik Selengkapnya >> jika ingin melihat semua situs. Halaman akan menampilkan semua konten yang ditautkan diluar situs kalian beserta jumlah tautan dan domain sumber, misalnya 68 tautan dan 4 domain sumber artinya konten tersebut ditautkan 68x di 5 situs lain.

Untuk mengetahui lebih lanjut di situs mana saja konten tersebut ditautkan, klik setiap link konten yang ditampilkan maka akan menampilkan situs mana saja yang menautkan konten tersebut.

Cara Data Ditautkan

Artinya bagaimana cara situs lain menautkan halaman / konten situs kalian, seperti ditautkan pada komentar / anchor text. Misalnya terdapat memanggil root file HTML” artinya link yang disisipkan berada di dalam teks tersebut.

Begitulah cara mengetahui situs mana saja yang menautkan konten situs kalian, konten mana saja yang ditautkan, dan bagaimana cara ditautkan dengan Google Search Console. Laporan ini dapat digunakan untuk meninjau perkembangan situs selama ini.

Jika ingin mengetahui tips-tips lainnya mengenai Google Search Console, kunjungi kategori Google Search Console di blog ini.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

1
Tinggalkan Komentar

avatar
trackback
Apa Itu Google Search Console ? Apakah Wajib ? Lihat Semua Disini !

[…] Mengetahui situs mana saja yang mencantumkan / menautkan link ke situs kamu […]

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi