Cara Mengganti Background Video Zoom di PC dan HP

0

Background (latar belakang) Zoom bisa diganti agar suasana meeting (pertemuan virtual) lebih menyenangkan dan biasanya dipersiapkan sebelum meeting

Selama pandemi Covid 19, aplikasi Zoom langsung menjadi aplikasi dengan unduhan terbanyak di dunia. Hal itu dikarenakan aplikasi Zoom memang sangat memudahkan segala aktivitas pertemuan virtual selama PSBB atau lockdown berlaku.

Di Indonesia, aplikasi Zoom banyak digunakan oleh para pekerja, mahasiswa, maupun pelajar untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Salah satu fitur menarik dari aplikasi Zoom itu sendiri adalah Virtual Background yang bisa Anda gunakan untuk mengganti latar belakang saat melakukan pertemuan online.

Background (latar belakang) Zoom bisa diganti agar suasana meeting (pertemuan virtual) lebih menyenangkan dan biasanya dipersiapkan sebelum meeting. Background Zoom juga bisa diganti meski di tengah meeting berjalan.

Lantas, bagaimanakah cara mengubah background video Zoom di PC maupun di ponsel? Berikut penjelasannya.

Cara Mengganti Background Video Zoom di PC atau Laptop

Sebelum mengganti background Zoom, platform itu memiliki persyaratan tergantung pada jenis sistem yang digunakan oleh pengguna. Jika kamu menggunakan sistem flagship, biasanya versi OS pilihan menggunakan Intel Core i5 atau i7, kamu bisa mengubah latar belakang virtual.

Tetapi, jika kamu memiliki sistem dengan versi yang sedikit lebih rendah, kamu masih dapat menggunakan fitur tersebut namun kamu perlu memiliki layar hijau di belakang. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Zoom dan login / daftar
  2. Klik profil di kanan atas, lalu pilih ‘Settings’ jika menggunakan bahasa Inggris
  3. Pilih ‘Background & filters’
  4. Klik ‘Virtual background’
  5. Klik tanda centang ‘I have a green screen’
  6. Kamu bisa memilih beberapa background yang disediakan oleh Zoom dengan cara mengkliknya
  7. Klik tanda tambah (+) lalu pilih ‘Add Image’ jika kamu mau menggunakan background dengan gambarmu sendiri

Selain itu, kamu bisa membuat warna video berubah juga loh, dengan cara mengklik ‘Video Filters’. Dengan cara ini, tampilan videomu di Zoom bisa menjadi lebih menarik.

Perlu dicatat, kamu harus memiliki aplikasi Zoom versi 5.1.1 atau lebih baru untuk melihat gambar background yang diunggah.

Cara Ganti Background Zoom Setelah Masuk ke Dalam Meeting

Pada aplikasi zoom, klik panah atas sebelah simbol video di kiri bawah. Pilih opsi ‘Choose a virtual background’, itu akan mengarahkan kamu ke halaman Latar Belakang Virtual yang sama seperti sebelumnya.

Kamu bisa mengikuti langkah-langkah di atas sebagai cara mengganti background di Zoom dengan mudah jika tidak ingin menampilkan suasana sekitar ruangan.

Cara Mengubah Background Zoom di HP

Berikut ini adalah langkah-langkah mengubah background video Zoom di HP:

  1. Masuk ke aplikasi Zoom
  2. Saat berada di Zoom meeting, tekan menu ‘More’ yang ada di pojok kanan bawah tampilan
  3. Pilih menu ‘Virtual Background’ jika menggunakan Bahasa Inggris
  4. Pilih gambar yang kamu mau untuk dijadikan background. Tunggu beberapa saat untuk mengunggah foto, taraaaa background akan langsung berubah
  5. Tekan ‘Close’ untuk kembali ke halaman Zoom meeting
  6. Untuk menghapus Virtual Background di Zoom, buka kembali menu Virtual Background dan tekan opsi None

Saat ini baru tersedia virtual background meeting Zoom di iOS, buat kamu pengguna Android bersabar dulu yah. Check terus aplikasi kamu setiap kali update siapa tau pihak Zoom sudah merilis virtual background untuk Android.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya