Ganti Halaman Arahan Setelah Logout WordPress ?

Biasanya Ketika Logout Diarahkan ke Halaman Login

Secara default, pada situs WordPress ketika admin / akun lain yang berhasil login ke bagian dashboard akan diarahkan ke halaman login (wp-login) ketika logout nya tanpa menggunakan plugin apapun. Disini kita bisa alihkan pengarahan ke halaman yang diinginkan misalnya ke halaman depan / home. Kita akan buat action baru pada codingan nya, jadi tutorial ini saya berikan untuk kalian yang tidak ingin menggunakan plugin dalam pengarahan / pengalihan halaman atau URL setelah berhasil logout.

Caranya gampang banget, silahkan buka Tampilan -> Penyunting -> function.php, harap pastikan membuka function.php pada tema yang sedang kalian gunakan lalu paste code berikut dibagian paling bawah function.php:

add_action('wp_logout','halaman_arahan_setelah_logout');
function halaman_arahan_setelah_logout(){
wp_redirect( home_url() );
exit();
}

Pada code tersebut, saya mengalihkan ke halaman beranda. home_url merupakan shortcode yang disediakan WordPress dalam pengoperasian situs WordPress. Kalian dapat melihat shortcode WordPress lainnya disini.

Jika ingin mengkustom halaman yang ditampilkan setelah logout dengan URL, silahkan ubah home_url dengan URL halaman misalnya ‘https://posciety.com/syarat-ketentuan’ maka akan jadi seperti ini:

add_action('wp_logout','halaman_arahan_setelah_logout');
function halaman_arahan_setelah_logout(){
wp_redirect( 'https://posciety.com/syarat-ketentuan' );
exit();
}

Untuk penulisan dengan URL seperti ini harus diantara tanda kutip (‘).

Jadi, pada tutorial ini saya membuat action baru yang mengganti codex bawaah WordPress wp_logout dengan function baru halaman_setelah_logout kemudian tentukan function halaman_setelah_logout untuk mengarahkan (wp_redirect) ke nilai yang ada didalam kurung wp_redirect.

Dengan begini, kita tidak mengganti codex bawaan WordPress tapi membuat action baru agar tidak terjadi kerusakan pada core WordPress nya.

Catatan: Untuk membuat action ini tetap berjalan ketika kalian memperbarui tema yang bersangkutan, pastikan kalian menerapkannya di tema anak. Silahkan lihat bagaimana cara membuat tema anak, karena jika tidak menggunakan tema anak / child theme codingan ini akan hilang ketika memperbarui tema.

Masih bingung ? Lihat : Video tutorial cara mengganti halaman login WordPress ketika Logout.

Selamat mencoba !

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...