Wajah Baru GMail, Hadir Lebih Bermakna

Bosan dengan tampilan GMail ? Sekarang kamu bisa mengganti tampilan GMail dengan tampilan baru yang lebih halus di mata, ada juga beberapa perubahan dari beberapa sisi pada tampilan baru GMail yang membuatnya lebih “oke” dari tampilan lamanya.

Pengguna lama GMail pasti sudah sering sekali bahkan setiap hari / setiap jam melihat tampilan GMail lama atau yang disebut GMail Klasik, hal yang terlalu sering dan monoton cenderung membosankan. Kali ini GMail mempersembahkan tampilan baru yang mungkin jika tampilan barunya disukai banyak orang akan menjadi tampilan default untuk setiap pengguna yang membuat akun Google (GMail).

Saya merasa kagum saja dengan tampilan GMail yang baru sehingga terpikirkan untuk berbagi bagaimana rasanya melalui tulisan ini, berikut beberapa tampilan baru GMail yang perlu diketahui:

Kotak Masuk / Daftar Pesan

Tinjauan Lampiran / Kerapatan Pesan

Kita mulai saja dengan tempat yang paling sering dikunjungi yaitu kotak masuk yang merupakan tempat untuk menampung semua email yang dikirimkan ke alamat email kamu, saat ini tampilannya sedikit berbeda dari sebelumnya.

Seperti yang kita ketahui, kotak masuk GMail akan menampilan baris teks sebagai tinjauan daripada pesan tersebut, tapi ada yang berbeda pada tampilan barunya. Kali ini GMail memiliki kerapatan kotak masuk yang menampilkan tinjauan untuk file / lampiran yang dilampirkan didalam pesan tersebut.

gambar 1 tampilan baru gmail - rio bermano

Jika menggunakan setelan Default maka akan menampilkan tinjauan untuk lampiran dalam pesan tersebut, ketika di klik akan meninjaunya. Ini memudahkan pengguna agar dapat mengetahui apa yang dilampirkan tanpa harus membuka pesannya terlebih dahulu.

Setuju atau tidak setuju ? Menurut saya, tampilan kotak masuk GMail yang baru lebih mem-fokuskan pengguna kepada subjek dari pesan bersangkutan. Bagaimanapun, saya memberi nilai yang bagus untuk perubahan tampilan di kotak masuk atau daftar pesan GMail lainnya.

Quick Action

Dalam tampilan barunya ini, GMail juga memberikan fitur quick action untuk setiap pesan yang disentuh (hover). Ketika pesan disentuh maka akan menampilkan quick action alias tindakan cepat di sisi kanan pesan yaitu Arsipkan, Hapus, Tandai Sudah Dibaca, dan Tunda.

Pada GMail Klasik, untuk melakukan tindakan pada satu pesan pun kita harus menandainya (mencentang) dan barulah memilih tindakan yang diinginkan. Tapi pada tampilan baru ini, lebih mempercepat / menghemat waktu hanya untuk sekedar menghapus / mengarsipkan 1 (satu) pesan saja.

Sembulan Pilihan

GMail yang baru lebih enak di mata ketika pointer mouse menyentuh salah satu pesan dari daftar pesan yang ada maka akan mempertebal bagian sudut kiri (kotak centang, tanda bintang) dan sudut kanan menyembulkan quick action. Menurut saya, ini lebih halus dimata daripada tampilan klasik yang merubah warna row (baris).

Tab yang Diaktifkan

Mungkin beberapa pengguna tidak mengaktifkan fitur tab (tampil dibagian atas daftar pesan, misalnya Sosial / Forum), tapi untuk pengguna yang mengaktifkan fitur tab akan mendapatkan kesan baru dalam tampilan baru GMail.

Pada tampilan baru GMail, tab yang diaktifkan berukuran lebih besar dari ukuran GMail Klasik. Ini memudahkan kita untuk beralih ke tab berikutnya atau tab sebelumnya dengan lebih cepat karena berukuran lebih besar yang lebih mudah di klik.

Menu

Resizable & Scrollable

Google juga memperbaiki beberapa fitur dan tampilan dari sisi menu, menunya tetap disamping tapi terlihat beda. Tampilan menu GMail kini dapat di scroll alias di gulir jika daftar menu lebih dari batas tinggi yang ditentukan.

gambar 2 tampilan baru gmail - rio bermano

Pengguna dapat menentukan tinggi untuk daftar menu, jika daftar menu lebih banyak dan melewati batas tinggi yang ditentukan maka dapat di gulir ke atas dan bawah. Hal ini sangat menguntungkan bagi pengguna yang ingin menampilkan chat / obrolan Google Hangouts dibagian bawahnya tanpa harus kehilangan beberapa pesan yang tertutup.

Tombol Compose

Saat ini GMail memperbesar tampilan tombol Compose atau Tulis (jika menggunakan bahasa Indonesia), itu saja, tapi terlihat lebih menyenangkan dengan paduan warna khas Google pada ikon plus (+) dan balutan bayangan (shadow) pada tombol.

Collapse / Ciutkan

Merasa sempit ? Ingin ruang yang lebih luas ? Kali ini pengguna dapat menciutkan menu samping GMail dengan klik burger menu (garis tiga) di sebelah kiri atas (tepat disamping logo GMail). Ketika dicitukan, menu samping hanya akan menampilkan ikon dan membuat halaman utama lebih luas.

Karena halaman menjadi lebih luas, maka ketika menampilkan daftar pesan akan menambah kata didalam tinjauan pesan sekitar 5 (lima) kata. Ini memungkinkan pengguna untuk mengetahui apa isi pesan sedikit lebih dalam lagi melalui tinjauan sebelum membuka pesan. Untuk melebarkan menu kembali, klik lagi burger menu nya ya…

Tindakan Massal / Bulk Action & Refresh

Sebelumnya, GMail Klasik menampilkan semua tindakan massal yang dapat dilakukan pada bari atas tepat diatas tab yang diaktifkan walaupun pengguna belum memerlukannya. GMail baru lebih pengertian, tindakan massal hanya akan muncul ketika pengguna mencentang semua atau beberapa pesan yang akan ditindak secara massal.

Ini membuat tampilan GMail bagian atas terlihat lebih luas, padahal hanya itu saja yang disembunyikan. Ketika mencentang semua atau beberapa daftar pesan, tindakan massal akan muncul dan pesan dapat ditindak secara massal. Mungkin karena sudah ada quick action untuk setiap pesan, GMail berani menyembunyikan tindakan massal.

Oya, tombol refresh yang sebelumnya berupa tombol dengan tulisan Segarkan atau Refresh (jika menggunakan bahasa Inggris) ini diganti menjadi hanya sebuah ikon refresh yaitu panah melengkung sedikit memutar. Menurut saya, ini kurang begitu bagus karena tidak semua orang mengetahui arti ikon ini.

Penelusuran Email

Beberapa pengguna pasti terbiasa menggunakan fitur search alias pencarian email di dalam GMail, kali ini formulir pencariannya mengikuti gaya tampilan GMail yang baru juga. Terasa lebih semangat untuk mengisi bidang untuk keperluan pencarian email.

gambar 3 tampilan baru gmail - rio bermano

Tapi ada yang kurang, menurut saya bidang Telusuri ini tidak perlu berada dibawah karena itu salah satu bidang yang bisa dijadikan sebagai titik / saringan pencarian utama.

Add-ons

Pada versi terbaru, GMail menyediakan sedikit ruang untuk menampilkan add-on alias tambahan untuk membantu penyempurnaan penggunaan GMail. Daftar Add-on ini dapat dilihat di sisi kanan layar yang berdiri tegak secara vertical.

Secara default, GMail menyediakan 3 Add-ons yaitu Google Keep, Google Kalender, dan Google Tasks. Intinya, kamu dapat membuka aplikasi Google lainnya yang dijadikan Add-on didalam halaman GMail. Mudah-mudahan saja ini berguna.

Rincian Pesan

Quick Response

GMail menghadirkan balasan cepat atau respon cepat terhadap email yang diterima, kerennya lagi GMail menampilkan balasan cepat yang berbeda setiap rincian pesan tergantung dari isi pesannya. GMail akan mencoba mendeteksi apa jawaban yang pas untuk dijadikan sebagai balasan cepat.

gambar 4 tampilan baru gmail - rio bermano

Namun, sayangnya ini belum berfungsi baik untuk pesan dalam bahasa Indonesia (beberapa pesan masih belum menampilkan balasan cepat, mungkin GMail nya masih bingung). Beberapa pesan juga biasanya tidak menampilkan balasan cepat ini.

Forward / Reply

Seperti yang dilihat pada gambar diatas, tombol Lanjutkan atau Balas menjadi lebih besar dari sebelumnya mengikuti gaya tampilan GMail baru. Ini akan lebih mengingatkan pembaca / penerima pesan untuk melakukan tindakan tersebut.

Tema

Karena ini tampilan baru, maka tema yang disediakan pun akan berbeda dengan tema yang disediakan di GMail Klasik. Cek aja ! Untuk fitur menggunakan foto / gambar sendiri sebagai latar belakang tetap dapat digunakan pada tampilan GMail yang baru.

Itu saja yang dapat saya bagikan mengenai tampilan baru GMail, lalu bagaimana cara menggantinya ?

Beralih Tampilan GMail, Klasik ke Modern

Caranya gampang banget, klik Setelan (ikon gerigi di sebelah kanan atas tepat dibawah foto profil) lalu pilih Coba GMail Baru (jika menggunakan bahasa Indonesia). Jika ingin kembali ke GMail Klasik, lakukan hal yang sama lalu pilih Kembali ke GMail Klasik.

Jangan salah paham, panjang lebar kita membahas tampilan GMail baru diatas, itu hanya berlaku untuk desktop.

Pertama kali mengubah tampilan GMail, akan ada sambutan Selamat Datang. Ikuti / klik Berikutnya hingga selesai.

Itu saja, selamat mencoba !

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi