Cara Menggunakan Fitur Find and Replace di MS. Word

0

Microsoft Word adalah aplikasi yang sering digunakan pengguna komputer hingga saat ini. Microsoft Word merupakan aplikasi pengolah kata yang memiliki banyak kegunaan, aplikasi ini bisa digunakan oleh berbagai jenis profesi, mulai dari pelajar, pekerja kantoran, hingga pekerja pemerintahan sering menggunakan aplikasi keluaran Microsoft ini.

Seperti yang dikatakan tadi, Microsoft Word mempunyai banyak kegunaan. Misalnya saja untuk dalam Microsoft Word ini kamu bisa membuat dokumen, membuat CV untuk lamaran pekerjaan, dan lain sebagainya. Didalam Microsoft Word ini juga terdapat fitur-fitur yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah pekerjaan kamu, salah satunya adalah fitur Find and Replace.

Fitur Find and Replace di Microsoft Word sangat membantu dalam menemukan teks atau karakter tertentu, mengganti teks tersebut dengan teks lain, memberi format baru, maupun untuk menghapusnya secara sekaligus. Terdengarnya cukup menarik bukan? Dengan menggunakan fitur ini kamu tidak perlu lagi mencari teks-teks satu per satu dan mengganti atau menghapusnya satu per satu, semua bisa kamu lakukan sekaligus lewat fitur canggih ini.

Lalu bagaimana sih cara menggunakannya? Yuk ikuti langkah-langkah berikut ini. Sebagai contoh kami menggunakan Microsoft Word versi 2013.

Cara Mencari Teks Menggunakan Fitur Find

Untuk mencari teks menggunakan fitur Find, ikuti langkah-langkah ini

1. Klik tulisan “Find” yang berada di pojok kanan atas dengan ikon (teropong), atau untuk lebih mudahnya kamu bisa menekan Ctrl+F

2. Selanjutnya, bar navigasi akan muncul disebelah kiri layar kamu, silahkan ketik teks yang ingin kamu cari dikolom yang sudah tersedia, sistem akan mendeteksi teks yang kamu cari, dan akan menampilkan hasil kalimat-kalimat mana saja yang mengandung teks yang kamu cari, dengan teks yang kamu cari akan dilabeli warna kuning.

Cara Menghapus Teks Sekaligus Menggunakan Fitur Replace

Untuk menghapus teks menggunakan fitur replace, ikuti langkah-langkah berikut ini

1. Klik tulisan “Replace” yang berada di pojok kanan atas dengan ikon (abac) atau untuk lebih mudahnya kamu bisa menekan Ctrl+H

2. Selanjutnya akan muncul kotak dialog Find and Replace di tengah layar kamu, silahkan isikan teks yang ingin kamu hapus di kolom “Find What”, lalu kosongkan di kolom “Replace With” sebagai tanda bahwa kamu ingin menghapusnya. Setelah itu, klik “Replace” jika kamu ingin menghapusnya satu per satu, atau klik “Replace All” jika kamu ingin menghapusnya sekaligus. klik “Find Next” jika ingin mencari letak teks-teks tersebut berada.

Cara Mengganti Kata Sekaligus Menggunakan Fitur Replace

Untuk mengganti teks menggunakan fitur replace, ikuti langkah-langkah berikut ini

1. Klik tulisan “Replace” yang berada di pojok kanan atas dengan ikon (abac) atau untuk lebih mudahnya kamu bisa menekan Ctrl+H

2. Selanjutnya akan muncul kotak dialog Find and Replace di tengah layar kamu, silahkan isikan teks yang ingin kamu ganti di kolom “Find What”, lalu isikan teks yang kamu inginkan di kolom “Replace With”. Setelah itu, klik “Replace” jika kamu ingin menggantinya satu per satu, atau klik “Replace All” jika kamu ingin menggantinya sekaligus, klik “Find Next” jika ingin mencari letak teks-teks tersebut berada.

Cara Format Teks Sekaligus Menggunakan Fitur Replace

Untuk melakukan format teks sekaligus menggunakan fitur replace, ikuti langkah-langkah berikut

1. Klik tulisan “Replace” yang berada di pojok kanan atas dengan ikon (abac) atau untuk lebih mudahnya kamu bisa menekan Ctrl+H

2. Selanjutnya akan muncul kotak dialog Find and Replace di tengah layar kamu, silahkan isikan teks yang ingin kamu ganti di kolom “Find What”, di kolom “Replace With” isikan teks yang kamu inginkan beserta formatnya, misal jika kamu ingin merubah format teks yang dipilih menjadi miring semua silahkan tekan Ctrl+I setelah teks tersebut ditulis, format yang kamu masukkan akan terlihat dibawah teks. Klik “Replace” jika kamu ingin mengganti formatnya satu per satu, atau klik “Replace All” jika kamu ingin menggantinya sekaligus, klik “Find Next” jika ingin mencari letak teks-teks tersebut berada.

Cara Mengembalikan Format Seperti Semula Menggunakan Fitur Replace

Jika kamu ingin mengembalikan kembali format seperti semula, ikuti langkah-langkah berikut ini

1. Klik tulisan “Replace” yang berada di pojok kanan atas dengan ikon (abac) atau untuk lebih mudahnya kamu bisa menekan Ctrl+H

2. Selanjutnya akan muncul kotak dialog Find and Replace di tengah layar kamu, silahkan isikan teks yang ingin kamu kembalikan formatnya di kolom “Find What”, lalu isikan teks yang kamu inginkan di kolom “Replace With”, selanjutnya klik “More”

3. Lalu klik “Format” yang berada dibawah, lalu pilih “Font”

4. Lalu dibagian “Font” pilih font yang ingin kamu gunakan, lalu dibagian “Font Style” pilih “Regular” untuk mengembalikan formatnya, lalu dibagian “Size” pilih ukuran font tersebut, lalu klik “Ok”

5. Lalu kamu akan diarakhkan kembali ke kotak dialog find and replace, semua format yang kamu pilih akan tertera di bawah teks replace with. Jika sudah selesai, , klik “Replace” jika kamu ingin menggantinya satu per satu, atau klik “Replace All” jika kamu ingin menggantinya sekaligus, klik “Find Next” jika ingin mencari letak teks-teks tersebut berada.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya