Dalam update terbarunya sekitar setengah tahun yang lalu, YouTube memberikan fitur tambahan yaitu HASHTAG. Fitur ini tidak 100% berhasil memunculkan video dengan hashtag tapi “memungkinkan” untuk ditemukan dalam beranda pencarian dan tren.

Sekarang, setiap kalian cari video di YouTube hanya akan menampilkan hasil dengan algoritma rahasia (bergantung pada fokus penilaian dan keterlibatan). Kenapa saya bilang tidak atau belum 100% ? Karena ketika mencari hashtag di YouTube masih saja tampil video2 baru atau topik2 baru. Tapi ada manfaatnya juga nih buat pengguna YouTube, kalian bisa manfaatkan penggunaan hashtag ini pada video lama dan video baru sekarang juga biar makin maknyooos. Tapi harap diingat, hasilnya atau dampaknya tidak begitu cepat seperti yang dibayangkan !

Nah, ada juga aturan2 dalam penggunaan hashtag. Sama seperti video yang kalian upload, harus memenuhi Pedoman Komunitas YouTube. Kalo video2 kalian memenuhi itu semua, maka hashtag akan berfungsi dengan tambahan aturan pakai:

  • Tanpa Spasi !
    Seperti yang saya jelaskan sebelumnya dalam artikel tentang Apa Itu Hashtag, hashtag tidak boleh pakai spasi begitupun hashtag pada YouTube.
  • Over Tagging !!
    Nah ini bahaya nih bahaya banget 😀 Kenapa ?
    Over Tagging adalah kelebihan tag alias over alias alay. Jangan sampai menggunakan terlalu banyak tag termasuk hashtag pada setiap video apa lagi kalo sampe lebih dari 15 tag yang tidak relevan dengan video. Ketika seseorang mencari di Youtube maka tag2 tersebut akan berantakan karena terlalu banyak dan tidak relevan. Bahkan YouTube akan mengabaikan semua tag pada video jika terdapat tag2 lebih dari 15 yagn tidak relevan.
  • Bahas Vulgar !!!
    Jangan sekali2 menggunakan hashtag dengan bahasa vulgar ya, karena kalo ketahuan akan beresiko tinggi seperti video kalian akan dibatasi usia (tentu iklan tidak berjalan) dan munkin malah dihapus dari YouTube.
  • Kebencian :0
    Pada hashtag juga gak boleh menebarkan kebencian atau menjelek-jelekkan orang / organisasi lain. Misalnya rasis atau penghinaan lain. Akibat dari perbuatan yaitu penghapusan video, karena sudah di jelaskan di Peraturan Kebencian nya YouTube.
  • Konten Menyesatkan !!!!
    Seperti yang dijelaskan diatas, jangan pernah menambah hashtag yang tidak berhubungan / tidak relevan dengan video karena akan berakibat buruk pada video dan akun Anda. Begitupun memberikan hashtag video yang menyesatkan. Jadi misalnya hashtag nya A eh ternyata video nya B. Kan orang jadi kesel 😀 Tapi selain itu, memang tidak boleh juga membuat konten yang berupa spam / menyesatkan / malpraktik. Karena semuanya sudah dijelaskan di Peraturan Metadata Menyesatkan dan sudah dijelaskan juga oleh salah satu YouTube support pada Video Metadata Meneyesatkan.
  • Konten Seksual !!!!!
    Menambahkan hashtag seksual atau eksplisit akan mengakibatkan penghapusan video seperti yang dijelaskan pada Peraturan Konten Seksual.
  • Gangguan
    Janga menggunakan hashtag dengan tujuan untuk mengganggu individu atau organisasi lain misalnya menghina, mengancam atau mengintimidasi. Baca selengkapnya di Pelecehan dan Penindasan Maya.

Yes, itulah syarat2nya, untuk pemain lama sih mungkin sudah paham syarat2 tersebut. Sekarang, tunggu apa lagi ? Ayoo pake #hashtagmu !!!

Semoga bermanfaat, have a nice day…

0 0 vote
Article Rating
guest
Masukkan Nama Anda
Masukkan Email yang Sah
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments