Cara Menggunakan YouTube Shorts

0

Youtube telah menambahkan fitur baru demi mengalahkan pesaingnya dalam pembuatan video pendek seperti, TikTok dan Reels di Instagram. Youtube Shorts yang pertama kali diluncurkan di India pada musim gugur tahun lalu, kini telah hadir versi betanya di seratus negara lainnya, termasuk Indonesia. “Youtube Shorts adalah cara bagi siapa saja untuk terhubung dengan penonton baru hanya dengan menggunakan smartphone dan kamera Shorts di aplikasi Youtube. Alat pembuat video Shorts dari Youtube memudahkan Anda membuat video berdurasi singkat dengan durasi hingga 60 detik dengan kamera multi-segmen kami.” Tulis mereka di webnya.

Sampai sini, mungkin kamu sudah tidak sabar untuk tahu bagaimana cara membuat Youtube Shorts? Bagi kamu yang sudah familiar dengan aplikasi video pendek lain seperti TikTok dan Instagram Reels (yang juga baru diluncurkan), mungkin akan lebih mudah memahami fitur baru di Youtube ini. Namun, jika kamu masih awam, sebaiknya ikuti cara memulai Youtube Shorts berikut ini:

  1. Buka aplikasi Youtube di Android, lalu halaman feed Youtube-mu akan muncul. Selanjutnya, klik tanda “+” di bagian bawah layar.

ads by posciety

  1. Lalu pilih opsi “Create a Short”.
  1. Kemudian kamu akan diminta untuk mengizinkan Youtube mengakses kamera dan mikrofon, pilih “Allow access” atau “Izinkan akses”. Selanjutnya, pilih “Allow” atau “Izinkan” di opsi paling atas untuk mengizinkan akses kamera dan mikrofon.
  1. Di sini, kamu sudah bisa mulai membuat video pendek untuk Youtube Shorts-mu dengan durasi hingga enam puluh detik. Tekan tanda merah untuk merekam dan tekan lagi saat kamu sudah selesai merekam. Jika kamu ingin menggunakan kamera depan, pilih “flip” di opsi teratas. Kamu juga bisa menambahkan musik saat merekam, lalu mengeditnya diantara opsi seperti, “speed” untuk mengatur kecepatan video dan “timer” untuk mengatur waktu video.
  1. Jika sudah selesai, pilih tanda centang di pojok kanan bawah. Selamat atas Youtube Shorts pertama-mu!

Bagaimana? Mudah sekali untuk memulainya, bukan?

Sebagai info, Youtube Shorts telah menghasilkan 6,5 miliar tampilan harian pada Maret 2021 lalu, tidak lama setelah peluncurannya, menurut Google. Ekspansi global menjanjikan untuk mendulang angka itu lebih tinggi, meskipun Youtube masih belum mulai untuk menyisipkan iklan atau memperkenalkan opsi monetisasi di YouTube Shorts.

“Kami sangat berkomitmen untuk mendukung pembuat konten seluler generasi berikutnya dengan Shorts, dan secara aktif mengerjakan seperti apa opsi monetisasi di masa depan,” kata Youtube saat mengumumkan peluncuran fitur Shorts secara global.

Dilansir dari Variety, mirip TikTok, YouTube Shorts menyediakan fitur seperti kamera multi-segmen untuk merangkai beberapa klip video menjadi satu, kemampuan merekam dengan musik, dan mengontrol pengaturan kecepatan. Kreator juga dapat menambahkan teks ke bagian tertentu dalam video mereka, mengambil sampel audio dari Shorts lain untuk diremix ke klip mereka sendiri, menambahkan klip dari galeri ponsel, dan menambahkan filter dasar ke video dengan warna yang benar (dengan lebih banyak efek yang dijanjikan nantinya).

Youtube juga telah mulai meluncurkan fitur lainnya di Shorts untuk mengambil sampel audio dari video apa pun di Youtube (walaupun pembuat konten dapat “tidak mengizinkannya” jika mereka tidak ingin video berdurasi panjang mereka dimasukkan ke dalam Shorts orang lain).

Sebagai bagian dari investasi di Youtube Shorts, platform ini telah menambahkan baris di beranda Youtube yang didedikasikan untuk Shorts dan kini telah menambahkan tab untuk Youtube Shorts di aplikasi selulernya. Youtube Shorts juga meluncurkan kemampuan untuk menggeser secara vertikal dari satu video ke video lainnya (seperti TikTok). Dan jika kamu mendengar lagu di klip Youtube Shorts, kamu dapat mengklik untuk menemukan versi lengkap dari lagu dan video musik di Youtube secara utuh.

Meski dengan kepopulerannya yang semakin tinggi, Youtube masih menyebut fitur Shorts sebagai fitur “beta”. “Kami tahu bahwa kami perlu waktu untuk memperbaikinya, tetapi kami tidak sabar menunggu Anda mencoba Shorts dan membantu kami membangun pengalaman berbentuk video pendek kelas satu langsung di Youtube,” tulis tim Youtube di blog.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mencoba fitur terbaru di Youtube, yang akhirnya hadir di negara kita, silahkan mengikuti cara memulai Youtube Shorts di atas, ya. Dan seperti kabarnya yang gencar diberitakan, bahwa platform ini akan membayar dengan angka fantastis bagi para content creator yang membuat Shorts paling menarik dan banyak ditonton dalam kurun waktu 2021 hingga 2022 mendatang.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya