(Panduan Lengkap) Menghapus & Mengontrol Aktivitas Akun Google

Mungkin masih ada beberapa pengguna Google yang belum tau fitur ini, tidak berbeda jauh dengan menghapus sejarah / history pada browser tapi langkah penghapusan aktivitas Google ini lebih advance lagi. Pengguna dapat menghapus penelusuran sebelumnya, riwayat pencarian / penjelajahan, dan aktivitas lainnya yang berhubungan dengan akun Google. Intinya, semua aktivitas akun dikendalikan oleh pengguna.

Selain itu, pengguna juga dapat menentukan apakah ingin menyimpan data-data tersebut atau menghapusnya secara otomatis (tidak disimpan di aktivitas akun). Pertama, silahkan kunjungi halaman myactivity.google.com. Jika belum login, silahkan login menggunakan akun Google yang bersangkutan.

Menghapus Aktivitas

#1 Bundle / Item Activity

Pengguna dapat menghapus aktivitas akun per bundle atau per item, silahkan pilih di menu Bundle View / Item View. Klik toggle menu (3 titik) pada setiap aktivitas atau setiap bundle & pilih Delete untuk menghapus atau pilih Details untuk mengetahui lebih rinci sejarah aktivitas tersebut.

#2 Date & Product

Ini cara lama yang sudah tidak asing lagi bagi para peselancar internet, pengguna Google dapat menghapus aktivitas akun Google nya berdasarkan tanggal. Tapi disini ada pilihan tambahan yaitu berdasarkan produk di tanggal yang sudah ditentukan. Silahkan pilih Delete Activity by pada menu. Pilih All Products untuk menghapus semua aktivitas produk pada tanggal yang dipilih atau pilih produk yang ingin dihapus aktivitasnya di pilihan tarik-turun misalnya Search / YouTube.

#3 Aktivitas Lainnya

Pengguna dapat melihat aktivitas dari sumber lain yang terhubung dengan akun Google dan tampilannya sedikit berbeda. Silahkan klik menu Other Google Activity akan muncul beberapa pilihan:

  • Location History
  • Device Information
  • Google Play Sound Search History
  • YouTube “Not Interested” Feedback
  • Download Your Past Search
  • Google Ads Setting

#3.1 Location History

Ini adalah riwayat perjalanan yang disimpan di Google Maps, klik Visit Timeline untuk melihat history akan membuka Google Maps di tab baru. Pada bagian Timeline Year(Tahun), Month(Bulan), Day(Hari),m silahkan pilih tenggat waktu yang ingin dilihat atau dihapus riwayatnya. Ketika dipilih akan menampilkan riwayat lokasi pengguna di tanggal tersebut. Klik ikon tong sampah untuk menghapus riwayat tersebut.

#3.2 Device Information

Klik Visit Activity, akan membuka aktivitas perangkat yang digunakan misalnya smartphone. Halaman ini hanya akan menampilkan saja tidak ada pilihan lain selain Details untuk melihat rinciannya. Karena perangkat tidak bisa dihapus melainkan di disconnect / diputuskan hubungan alias logout.

#3.3 Google Play Sound Search History

Klik Visit History, akan membuka halaman riwayat Google Play Sound Search History di tab baru. Seperti biasa klik Details untuk melihat rinciannya atau klik Delete untuk menghapus riwayat.

#3.4 YouTube “Not Interested” Feedback

Ini adalah riwayat feedback kalian terhadap YouTube, jika pernah membuat feedback / umpan balik dari tampilan video disarankan yang ditampilkan oleh YouTube kepada akun kalian. Jika belum pernah membuat feedback maka tidak akan ada riwayatnya disini, klik Delete untuk menghapus riwayat feedback ini.

#3.5 Download Your Past Search

Ini adalah fitur download pencarian yang lalu, mungkin beberapa pengguna ingin mengunduh riwayat pencariannya bisa gunakan fitur ini. Klik Create Archive untuk membuat arsip riwayat akun (data akun).

Lihat Selengkapnya: Bagaimana cara menglola / mengunduh data akun Google.

#3.6 Google Ads Settings

Ini adalah pengaturan iklan Google AdSense yang ditampilkan kepada akun yang kalian gunakan, seperti yang kita ketahui Google AdSense selalu menampilkan iklan yang relevan kepada pemirsanya, nah itu diambil dari riwayat selancar pengguna. Tapi pengguna juga dapat mengatur bagaimana Google AdSense menampilkan iklan kepada akun kalian. Klik Manage Ads Settings untuk mengaturnya.

Mengontrol Aktivitas / Menonaktifkan Penyimpanan Aktivitas

Tidak hanya menghapus, pengguna juga dapat mengatur bagaimana aktivitas ini berjalan seperti yang dijelaskan diatas “pengguna memiliki kendali atas ini“. Untuk memulai mengatur aktivitas silahkan klik Activity Controls pada menu, akan diarahkan ke halaman pengaturan aktivitas pada laman myaccount.

Ada beberapa pilihan aktivitas yang dapat diatur di halaman ini:

  • Aktivitas Web & Aplikasi
  • Riwayat Lokasi
  • Informasi Perangkat
  • Aktivitas Suara & Audio
  • Riwayat Penelusuran YouTube
  • History Tontonan YouTube (Jeda)

#1 Aktivitas Web & Aplikasi

Pengguna Google dapat menonaktifkan aktivitas ini, artinya aktivitas di Web dan Aplikasi tidak akan disimpan di riwayat aktivitas akun Google. Untuk mematikan fitur ini, alihkan toggle switch ke kiri atau menjadi mati. Aktivitas ini menyimpan riwayat pencarian di browser dan aplikasi yang membantu mempercepat pencarian yang sesuai dengan kata kunci.

Perlu diperhatikan, ketika tidak diaktifkan artinya tidak akan memuat laman / hasil pencarian dari riwayat sebelumnya alias memulai baru dan jika memulai baru artinya me-reload halaman dari awal lagi dan ini biasanya lebih lama.

Ada juga kotak centang yang menyatakan untuk menyimpan riwayat dari Chrome yang digunakan oleh akun Google ini dan aplikasi yang menggunakan layanan Google, bisa dihapus centangnya jika tidak ingin disertakan dalam aktivitas.

#2 Riwayat Lokasi

Ini adalah aktivitas dari Google Maps yang digunakan oleh akun Google bersangkutan, alihkan toggle switch ke kiri atau menjadi mati jika tidak ingin menyimpan riwayat perjalanan / lokasi Google Maps. Jika disimpan akan lebih bermanfaat, misalnya mencari tempat yang pernah dikunjungi tapi lupa nama jalannya tinggal lihat riwayatnya aja.

#3 Informasi Perangkat

Ini merupakan aktivitas penyimpanan kontak, kalender, aplikasi dan data perangkat yang terhubung dengan akun Google bersangkutan. Alihkan toggle switch ke kiri atau menjadi mati jika tidak ingin menyimpannya, pastikan kalian telah menyalin kontak yang pernah disimpan di akun Google supaya tidak repot mencarinya nanti.

#4 Aktivitas Suara & Audio

Biasanya menyimpan deteksi suara ini supaya Google lebih cepat mengenali pencarian menggunakan OK Google dan aktivitas audio lainnya, jika tidak disimpan maka setiap pencarian yang dilakukan menggunakan suara akan dimulai dari awal dan tanpa patokan pencarian suara sebelumnya.

#5 Riwayat Penelusuran YouTube

Pengguna YouTube pasti sering melihat saran pencarian ketika sedang mengetik di kolom pencarian YouTube, itu adalah aktivitas yang disimpan disini. Jika tidak ingin melihat itu silahkan matikan toggle switch atau alihkan ke kiri maka aktivitas pencarian di YouTube tidak akan disimpan.

#6 Histori Tontonan YouTube

Jiak pernah melihat video yang pernah ditonton tapi belum selesai muncul di tampilan layar Youtube kalian, itu artinya histori pause ini. Google ingin memudahkan penggunanya mencari video-video yang belum selesai ditonton misalnya baru setengah saja, matikan toggle swtich ini jika tidak ingin menyimpan aktivitas video pause.

Itulah cara menghapus dan mengatur aktivitas akun Google, semoga bermanfaat. Harap maklum, jika terjadi perbedaan cara mungkin ada pembaruan besar yang dilakukan pihak Google.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi