Hapus Footer Credit Tema WordPress

Hilangkan Powered by WordPress

Setiap tema WordPress memiliki lisensi, arap diperhatikan lisensi tersebut. Sebagai pengguna yang baik, kita dilarang mengakui karya orang lain, bukan begitu ? Tapi apakah boleh footer credit dihapus ? Boleh2 aja asal tidak mengakui tema tersebut karya kita. Sekarang, saya kasih tips tentang menghapus footer credit tema WordPress sebagai pengetahuan saja ya…

Untuk menghapus credit footer ini, pastikan kalian sudah cek terlebih dahulu di bagian pengaturan tema / theme options / customization karena untuk beberapa tema walaupun gratis biasanya disediakan menu untuk menghapus footer credit. Kalo tidak ada menu tersebut, artinya kalian harus membeli versi PRO terlebih dahulu baru bisa menghapus tema. Nah, untuk mengatasi hal ini bisa ikuti tutorial dibawah.

Ada 2 cara, pertama bisa langsung edit dibagian Penyunting / Editor dan kedua bisa membuat Anak Tema / Child Theme terlebih dahulu kemudian mengeditnya di Editor juga. Apa keuntungannya / perbedaannya ?

Kalo pakai cara pertama, footer credit itu akan muncul lagi setelah kalian hapus jika tema tersebut diperbarui. Kalo cara kedua, walaupun tema diperbarui footer credit tidak akan muncul lagi (jadi gak perlu repot2 menghapusnya lagi). Kita bahas satu persatu ya…

#Cara 1 – Tanpa Tema Anak

Masuk ke menu Tampilan -> Penyunting, kemudian pada bagian daftar tema di menu tarik turun sebelah kanan atas pilihlah tema yang akan kalian hapus footer creditnya & klik tombol Pilih. Cari file footer.php pada daftar file disebelah kanan – > klik dan edit code nya di kolom codingan dan cari bagian footer bersangkutan. Cara mencarinya, biasanya kan footer credit itu tulisannya “Powered By” / “Theme By” atau lainnya, nah cari tulisan itu dan hapus beserta pembungkusnya.

Jangan lupa klik tombol Simpan Berkas setelah selesai, sekarang cek website kalian dan taraaaaaaaaaaaaaa berhasil !

#Cara 2 – Menggunakan Tema Anak

Silahkan buat dulu child theme kemudian jangan lupa aktifkan tema anaknya pada WordPress kalian. Lalu pada cPanel silahkan masuk ke dalam folder tema utamanya cari file footer.php – > copy ke folder tema anak dari tema tersebut.

Setelah selesai disalin, buka folder tema anaknya kemudian edit file footer.php (ingat! didalam folder tema anak bukan tema utama) dan lakukan pengeditan seperti langkah pertama tadi. Kalo kalian kurang yakin / jaringan lemot mengedit coding di cPanel silahkan edit saja footer.php (yang sudah disalin di tema anak) pada bagian Penyunting tema WordPress seperti #Cara 1.

Masih bingung ? Lihat : Video tutorial cara menghapus footer credit WordPress.

Kesimpulan

Tutorial ini hanya sebagai pengetahuan saja ya, tolong jangan digunakan untuk penipuan atau semacamnya (misalnya mengakui karya orang lain sebagai karya kalian). Kesimpulannya dari tutorial ini, setiap tema tentu dibuat dengan kerja keras seseorang dan memerlukan waktu yang lumayan lama untuk membangunnya menjadi lebih baik. Jadi, alangkah baiknya kalo kalian mampu memberikan credit dibawah sebagai apresiasi kepada si author atau silahkan beli versi PRO.

Selamat mencoba !

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...