Menghapus / Menonaktifkan FanPage Facebook

0

Memang sebaiknya halaman Facebook / FanPage itu dihapus jika memang tidak digunakan supaya gak jadi sampah & bikin bingung orang apakah FanPage itu aktif atau tidak, untuk menghapus halaman Facebook bisa dilakukan di desktop atau di smartphone aplikasi Facebook. Tapi selain menghapus juga ada pilihan lain yaitu menonaktifkannya.

Ketika FanPage dihapus artinya dikirim sebagai permintaan penghapusan, perlu menunggu 14 hari proses penghapusan kemudian Facebook akan mengirim konfirmasi kepada akun pengelola halaman tersebut untuk konfirmasi penghapusan secara permanen. Sedangkan menonaktifkan hanya di nonaktifkan saja (tidak dapat dilihat publik tapi masih bisa dikelola dan bisa di aktifkan lagi kemudian hari).

Menghapus / Menonaktfikan Halaman Facebook

Desktop

  • Masuk ke akun Facebook yang mengelola (admin) FanPage yang akan dihapus
  • Buka FanPage yang akan dihapus
  • Klik menu Pengaturan dibagian atas
  • Di tab Umum, scroll kebawah sampai bagian Hapus Halaman
  • Klik Sunting, akan membuka bagian penghapusan halaman
  • Klik Hapus Nama Halaman untuk menghapus halaman tersebut atau klik Batal Menerbitkan untuk menonaktifkan halaman tersebut

Aplikasi Facebook (Smartphone/Tablet)

  • Klik toggle menu (strip 3) -> pilih halaman yang akan dihapus
  • Klik toggle menu (titik 3) dibagian atas kanan layar -> pilih Sunting Pengaturan
  • Pilih Umum, scroll kebawah sampai bagian Hapus Halaman
  • Klik Hapus Nama Halaman, akan diarahkan ke halaman konfirmasi penghapusa, dan pilih Hapus Halaman

Update 2020: Buat kamu yang mau hapus Fanpage Facebook di aplikasi smartphone, sekarang tidak bisa dilakukan di aplikasi Facebook biasa. Download Facebook Fanpage Manager di PlayStore / App Store terlebih dahulu dan ikuti langkah-langkah penghapusan seperti di atas.

Seperti yang dijelaskan diatas, setiap menghapus halaman akan dimasukkan ke daftar antrian penghapusan halaman oleh Facebook dan menunggu sampai 14 hari untuk menghapusnya secara permanen. Setelah 14 hari Facebook akan memberikan konfirmasi kepada admin apakah yakin ingin menghapusnya atau batalkan penghapusan.

Konfirmasi penghapusan maka halaman tersebut akan dihapus di Facebook untuk selamanya atau pilih batalkan penghapusan untuk membatalkan penghapusan.

Masih bingung? Yuk lihat video tutorial cara menghapus halaman FB.

Tips

Sebelum menghapus halaman, admin juga dapat mengunduh / mendapatkan salinan kiriman halaman, foto, video dan info halaman dalam sekali tindakan. Lakukan hal ini jika halaman yang dihapus memiliki data-data yang disebutkan diatas yang dianggap penting dan ingin digunakan dikemudian hari.

Cara Mengunduh Data Halaman Facebook

Sama seperti cara diatas ketika akan menghapus halaman Facebook tapi jangan pilih Hapus Halaman, pilih Halaman Unduhan. Pilih Unduh Halaman dan Get Started untuk memulai pengunduhan data halaman tersebut.

Selain menghapus halaman FB secara permanen, kamu juga bisa cukup unpublish jika ingin hanya menyembunyikan halaman dari semua orang, lihat caranya disini.

Artikel Lainnya

Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya