Hapus Histori Tonton dan Pencarian YouTube di HP & PC

sssst.... Jagalah Privasi Dengan Baik

Sudah menjadi hal biasa di hampir setiap situs web menyimpan riwayat hasil pencarian dengan tujuan agar di masa mendatang bisa mencari hal yang sama dengan lebih cepatz hal ini berlaku juga di YouTube. Ketika menggunakan browser atau aplikasi YouTube, setiap pencarian kamu akan diriwayatkan atau lebih dikenal history. Ini juga termasuk riwayat video yang pernah di tonton, makanya tidak heran kenapa di beranda YouTube menampilkan video-video yang sudah ditonton dan video-video yang serupanya.

Riwayat Pencarian YouTube

Riwayat pencarian dan tontonan YouTube bisa saja tidak diperlukan oleh beberapa orang dengan alasan-alasan tertentu, mari simak penjelasan cara menghapus riwayat YouTube.

Hapus Riwayat di Aplikasi YouTube

  • Buka aplikasi YouTube dan ketuk ikon profil di pojok kanan atas
  • Pilih Setelan (jika menggunakan bahasa Indonesia)
  • Pilih Histori & Privasi

Gambar 1 riwayat youtube

  • Ketuk Hapus histori tontonan untuk menghapus riwayat video yang sudah pernah ditonton. Akan muncul layar popup untuk konfirmasi penghapusan, silahkan konfirmasi untuk menghapusnya
  • Ketuk Hapus histori pencarian untuk menghapus semua riwayat pencarian yang pernah dilakukan di YouTube dengan akun bersangkutan. Akan muncul layar popup untuk konfirmasi penghapusan, silahkan konfirmasi untuk menghapusnya

Dengan langkah diatas, kamu sudah berhasil menghapus riwayat video yang pernah ditonton dan riwayat kata kunci yang pernah digunakan dalam pencarian.

Seperti yang dilihat pada gambar diatas, kamu juga dapat menjedanya (pause). Alihkan saja tombol switch menjadi nyala untuk menjeda riwayat pencarian dan riwayat tontonan. Artinya YouTube tidak akan menyimpan riwayat tontonan dan pencarian kamu sampai jeda ini dihentikan.

Hapus Riwayat YouTube di Browser

Pada browser terdapat beberapa pilihan, kamu bisa menghapus riwayat langsung dari pengaturan browser atau menghapus riwayat berdasarkan user login tersebut.

Jika ingin menghapus melalui akun yang sedang login, caranya tidak berbeda jauh dengan aplikasi diatas.

  • Kunjungi youtube.com
  • Klik toggle menu (garis 3) di pojok kiri atas
  • Pilih Histori (jika menggunakan bahasa Indonesia)

Gambar 2 histori youtube browser

  • Akan menampilkan semua jenis histori, pilihlah histori yang ingin dilihatGambar 3 jenis histori youtube
  • Disamping kiri layar akan menampilkan histori dari jenis histori yang dipilih
  • Kamu dapat menghapusnya satu per satu dengan klik tanda silang (x)
  • Klik HAPUS SEMUA HISTORI PENCARIAN/TONTONAN jika ingin menghapus semuanya sekaligus

Begitulah cara menghapus histori tontonan dan pencarian YouTube, untuk melakukan ini pastikan kamu login terlebih dahulu karen histori yang dibuat oleh YouTube dikaitkan dengan akun bersangkutan.

Jika kamu tidak pernah nonton YouTube / melakukan pencarian di YouTube dalam keadaan sedang login, maka tidak akan memiliki riwayat YouTube melainkan riwayat browser yang digunakan. Hapus riwayat browser bersangkutan jika ingin menghapus riwayat YouTube.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi