Menghapus Media Cache Aplikasi Adobe Premiere

Disk C Penuh ? Lakukan Hal Ini !

Secara default, Adobe Premiere akan membuat Media Cache & Media Cache File yang berfungsi untuk menyimpan sejarah peggunaan media pada aplikasi Adobe Premiere dan bertujuan untuk mempercepat kinerja aplikasi ketika digunakan kembali. Tapi lama kelamaan hal ini tentu akan membuat penyimpanan Disk komputer / laptop yang digunakan menjadi terasa berat dan penuh. Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab kenapa Disk C penuh.

Ada 2 metode yang dapat dilakukan untuk membersihkan Media Cache ini yaitu dengan menhapusnya dari dalam aplikasi dan menghapusnya dari folder direktori.

Dari Dalam Aplikasi

Untuk menghapusnya dari dalam aplikasi silahkan masuk ke aplikasi Adobe Premiere seperti biasa kemudian pada bar menu diatas pilih menu Edit -> Preference – > Media maka akan muncul layar popup dengan menampilkan beberapa opsi menu. Pada bagian Media Cache Files sebaiknya jangan diceklis untuk mengurangi daya simpan dan pada bagian Media Cache Database terdapat Location tempat dimana cache itu disimpan (location akan digunakan pada metode kedua). Silahkan klik tombol Clean maka proses penghapusan cache langsung diproses. Tunggu sampai proses selesai dan lihat penyimpanan akan menjadi luas kembali.

Tidak hanya metode 1 saja, kalian pun dapat melakukan metode kedua setelah metode pertama ini selesai jika ingin menambah lebih banyak lagi ruang atau menghapus lebih banyak cache.

Dari Folder Direktori

Untuk menggunakan metode ini harus mengatur setelah folder ke “Tampilkan Folder yang Disembunyikan” karena letak folder Media Cache berada didalam hidden folder dan sebaiknya aplikasi Adobe Premiere nya di tutup terlebih dahulu supaya tidak terjadi crash pada aplikasi. Silahkan masuk ke Disk C -> User -> Nama Komputer (atau bisa lihat nama folder ini pada direktori yang ditampilkan oleh metode pertama) -> AppData -> Roaming -> Adobe -> Common, disinilah letaknya Media Cache & Media Cache Files. Silahkan masuk ke folder Media Cache File pilih semua file dan hapus!

Dengan 2 metode tersebut maka Disk C akan kembali luas dan disarankan kalian menggunakan kedua metode diatas dengan melakukan metode pertama terlebih dahulu kemudian setelah selesai silahkan close aplikasinya lalu jalankan metode kedua. Dengan begitu, ruang penyimpanan akan semakin luas dibanding hanya menggunakan 1 metode saja.

Masih bingung ? Lihat : Video tutorial cara membersihkan disk C karena Adobe Premiere.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

1
Tinggalkan Komentar

avatar
Juru Review
Visitor
Juru Review

Thank You, mas. Tipsnya sangat bermanfaat. Hardisk saya jadi lega lagi. Penting ternyata bersihin Cache

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi