Cara Menghapus Temporary Files (Berkas Sampah) di Windows 10

0

Apakah kamu merasa PC yang kamu gunakan semakin melambat, sehingga itu menghambat pekerjaanmu? Tentu mengesalkan bukan, menghabiskan waktu lebih lama untuk hal yang seharusnya dapat kamu selesaikan lebih cepat? Nah, mungkin ini saatnya kamu harus menghapus temporary files yang menjadi penyebab PC-mu melambat.

Apa itu temporary files? Lebih jelasnya, temporary files atau file sementara adalah jenis file yang menyimpan data sementara yang dibuat oleh Windows di Hard Disk kamu atau program yang yang kamu gunakan. Kegunaan dari file-file ini adalah membantu komputer berjalan dengan lancar saat kamu menggunakan program atau tugas tertentu. File-file ini juga dikenal sebagai file foo dan memiliki ekstensi .temp.

Saat kamu menggunakan beberapa software pengeditan yang terkait dengan media, grafik, atau penulisan teks, akan ada file sementara yang dibuat untuk pekerjaan yang sedang kamu lakukan. File-file ini tidak hanya akan membantu program yang kamu gunakan berjalan lebih cepat dan lancar, tetapi juga membantu membuat cadangan pemulihan jika sistem atau program tersebut mati secara tiba-tiba.

ads by posciety

Banyak pengguna yang menggunakan file seperti ISO, RAR mungkin telah melihat ekstraksi file sementara di PC-mu, lalu mereka mengekstrak file di folder sementara saat kamu menggunakannya untuk instalasi atau tujuan lain dan ketika proses selesai, mereka menghapusnya secara otomatis.

Sebagian besar file sementara yang digunakan sistem memang akan dihapus secara otomatis setelah tugas selesai. Tetapi, mungkin akan ada beberapa file yang tetap berada di penyimpanan komputermu untuk digunakan di masa mendatang. Hal yang sama dapat berlaku untuk program yang kamu gunakan sehari-hari yang mana membutuhkan file-file sementara ini untuk menyelesaikan operasi dan tugas agar lebih cepat.

Untuk membuat PC-mu berjalan lebih cepat dan lancar, cobalah ikuti cara menghapus temporary files / file cache di Windows 10 berikut ini:

  1. Buka “Settings” atau Pengaturan.

2. Selanjutnya, pada menu Settings pilih “System”.

3. Di bagian ini, pilih “Storage” kemudian pilih “Temporary Files”.

4. Terakhir, pilih jenis temporary files yang ingin kamu hapus dengan mencentangnya, dan pilih “Remove Files” atau Hapus File.

                Selesai! Mudah, bukan? Kamu dapat mengulangi cara menghapus temporary files di Windows 10 di atas jika seandainya kamu memerlukannya di masa mendatang.

Sekarang pertanyaannya, mengapa kamu perlu menghapus temporary files dan apakah ini aman? Mungkin ada beberapa file yang tetap kamu perlukan untuk penggunaan sehari-hari. Tetapi, sebagian besar temporary files lainnya tidak akan berguna dan ketika folder temporary files semakin besar, itulah yang dapat memperlambat komputermu.

Jadi jika kamu bertnya soal keamanan untuk menghapus temporary files, maka jawabannya ya, aman untuk menghapus temporary files ini dari sistem komputer. Kamu bahkan dapat dengan mudah menghapus file-file ini dan me-restart komputermu setelah itu. Lagipula menghapus temporary files juga dapat memberi kamu beberapa manfaat, meski perbedaannya mungkin tidak begitu terlihat. Kamu dapat menghapus temporary files ini secara manual atau menggunakan beberapa software pihak ketiga seperti “CCleaner” yang siap membersihkannya untukmu.

Jadi, seperti yang disebutkan di atas tentang temporary files, kamu tidak perlu khawatir tentang file-file sementara ini. Dalam banyak kasus, penghapusan file sementara ini akan dilakukan secara otomatis meski kamu juga dapat melakukannya sendiri seperti cara di atas.

Meski menghapus temporary files terbilang aman, kemungkinan kamu akan menghadapi sedikit masalah di sini. Salah satu masalah yang paling umum adalah file yang mungkin ingin kamu hapus masih dapat terbuka di program lain.

Ketika temporary files dibuka di program lain, maka Windows tidak akan membiarkan kamu menghapusnya lagi karena mungkin file itu penting untuk program tersebut. Contoh dari masalah ini adalah saat kamu mencoba menghapus temporary files saat menggunakan aplikasi Office 365.

Saat menggunakan aplikasi Office, pekerjaan yang kamu lakukan disimpan sementara di folder file temp. Jadi Windows tidak akan membiarkanmu menghapus file-file ini karena kamu mungkin akan kehilangan pembaruan dari pekerjaanmu. Karena itu, cara yang terbaik adalah menghapus temporary files setelah menutup semua aplikasi untuk menghindari masalah seperti ini.

Sampai di sini kita telah membahas tentang temporary files, cara menghapus temporary files di Windows 10, dan keamanan menghapus temporary files ini bagi PC-mu. Oh iya, jika kamu masih kesulitan menghapusnya, silakan mencari dari berbagai sumber yang menyediakan cara trouble shooting untuk masalah ini. Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya