Cara Menghemat Kuota Internet Saat Membuka Instagram

0

Mungkin bagi kamu yang memiliki Wifi dirumah, sekolah ataupun kantor, tidak masalah membuka Instagram berlama-lama, karena Instagram akan menyerap kuota internet dari Wifi yang terhubung di perangkat kamu. Tapi jika kamu tidak menggunakan Wifi dan menggunakan data seluler, maka ini akan menjadi masalah.

Instagram menjadi salah satu aplikasi media sosial yang paling sering digunakan orang setiap harinya. Mulai dari pengguna akun pribadi, creator, maupun pengguna akun bisnis, semua menggunakan Instagram setiap harinya untuk keperluan bekerja maupun sedang iseng-iseng saja. Di Instagram, kamu bisa melihat foto-foto yang diunggah teman kamu ataupun orang lain, selain foto kamu juga melihat video-video hasil unggahan orang, durasi dari videonya pun beraneka ragam, mulai dari yang 1 menit hingga 10 menit. Selain itu, kamu juga bisa melihat Instagram Story dan Instagram TV (IGTV) dari teman kamu ataupun orang lain. Kamu juga bisa melakukan hal yang serupa seperti mengunggah foto, video, ataupun Instagram Story untuk kamu bagikan ke orang lain.

Terkadang karena kita terlalu asyik berselancar di Instagram, kita sampai lupa waktu. Akibatnya kuota internet yang kamu miliki pun berkurang begitu cepatnya. Karena Instagram sendiri aplikasi online yang mengandung konten foto ataupun video, dimana untuk melihat foto dan video tersebut kamu memerlukan koneksi internet. Serta foto dan video tersebut juga berkualitas bagus, sehingga semakin bagus kualitas dari foto ataupun video yang dilihat, serta semakin banyak kuantitas konten yang dilihat, maka semakin banyak pula koneksi internet yang kamu butuhkan.

Selain pengaruh konten foto dan video, alasan mengapa membuka Instagram cepat menghabiskan paket data internet, karena kualitas dari internet kamu sendiri yang bagus. Sekarang ini sudah teknologi internet 4G dan sebentar lagi kita akan memasuki teknologi internet 5G, maka semakin cepat dan kencang kualitas internet kita, maka semakin cepat pula kuota yang dikeluarkan.

ads by posciety

Mungkin bagi kamu yang memiliki Wifi dirumah, sekolah ataupun kantor, tidak masalah membuka Instagram berlama-lama, karena Instagram akan menyerap kuota internet dari Wifi yang terhubung di perangkat kamu. Tapi jika kamu tidak menggunakan Wifi dan menggunakan data seluler, maka ini akan menjadi masalah. Sekarang ini, harga paket internet pun semakin mahal, maka jika kamu terus menerus membuka Instagram tanpa kenal waktu, bukan tidak mungkin kamu harus membeli kuota internet dengan puluhan Gigabyte (GB) yang semakin banyak kuotanya semakin besar pula harga untuk membeli kuota tersebut.

Lalu apakah ada cara agar bisa hemat jika membuka Instagram? Tentu ada, kamu bisa mengatur di pengaturan Instagram sendiri agar kuota yang dikeluarkan Instagram tidak terlalu banyak. Dengan menggunakan fitur Penghemat Data dari Instagram, kamu bisa menghemat kuota internet jika kamu membuka aplikasi Instagram. Jika kamu mengaktifkan Penghemat Data ini, maka video tidak akan dimuat diawal untuk membantu kamu menggunakan lebih sedikit kuota. Selain itu, jika kamu melakukan hal ini, kualitas dari foto ataupun video yang dihasilkan akan berkurang juga. Namun, jika kamu ingin mencobanya, berikut kami berikan langkah-langkahnya, diantaranya adalah:

1. Pertama-tama, silahkan buka aplikasi Instagram kamu di HP

2. Jika sudah, masuk ke profil akun kamu dengan menekan foto profil akun Instagram kamu yang berada di bawah kanan

3. Lalu pilih ikon 3 garis horizontal yang berada di kanan atas layar HP 

4. Lalu masuk ke Pengaturan

5. Lalu masuk ke Akun

6. Lalu pilih Penggunaan Data Seluler. Lalu aktifkan Penghemat Data

7. Kamu bisa memilih pada saat kapan kamu bisa menikmati kualitas tinggi dari foto dan video, dengan memilih pilihan di Media Beresolusi Tinggi. Disitu terdapat 3 pilihan, yakni Tidak Pernah, WIFI Saja, dan Seluler+WIFI. Karena dalam hal ini kamu ingin menghemat kuota internet, maka kamu bisa memilih antara Tidak Pernah atau WIFI Saja, sehingga ketika kamu membuka Instagram menggunakan data seluler, secara otomatis kualitas foto dan video akan beresolusi biasa sehingga kamu bisa menghemat penggunaan kuota di Instagram.

Nah itulah cara menghemat kuota internet saat kamu membuka Instagram. Sekarang kamu tidak perlu pusing lagi mencari cara untuk menghemat kuota kamu saat sedang berselancar di Instagram, kamu cukup melakukan cara diatas. Namun, perlu diingat, kamu juga perlu membatasi durasi menggunakan Instagram ini, jika tidak maka kuota internet kamu tetap akan berkurang banyak meskipun kamu sudah menggunakan Penghemat Data ini.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya