Cara Menghilangkan Garis Merah di Microsoft Word

0

Pernah ga sih kamu ketika lagi mengetik teks di Microsoft Word tapi muncul garis merah dibawah teksnya? Jika pernah berarti di pengaturan Microsoft Word kamu, kamu mengaktifkan fitur Check Spelling. Check Spelling sendiri berfungsi untuk mengecek setiap kata yang kamu ketikkan, jika kamu mengetikkan kata yang bukan merupakan ejaan dari pilihan bahasa apa yang kamu pilih, maka Check Spelling akan bekerja dan membuat kata tersebut memiliki garis merah dibawahnya.

Biasanya bahasa yang digunakan secara default oleh Ms. Word adalah bahasa Inggris, namun tidak menutup kemungkinan juga Microsoft Word akan mengecek dan mendeteksi ejaan kata dari bahasa lainnya, termasuk Indonesia.

Sebenarnya, fungsi fitur Check Spelling di Microsoft Word ini bisa membantu kamu untuk menghindari salah mengetik atau typo. Dengan munculnya garis merah dibawah kata membuat kamu akan sadar bahwa kata tersebut salah ketikan dan harus dirubah. Ini merupakan fitur yang diberikan Microsoft Word buat kamu agar tulisan yang kamu ketik benar dan sesuai, dengan adanya garis merah dibawah kata, perhatian kamu akan tertarik ke kata-kata tersebut, dan ketika kamu melihatnya, kamu akan menyadari bahwa kata yang kamu ketikkan ternyata salah baik itu salah huruf maupun salah ejaan.

ads by posciety

Namun terkadang fitur Check Spelling ini juga bisa mengganggu, kamu tidak merasa salah dalam mengetik dan sudah benar, namun garis merah tersebut tetap muncul dan perhatian kamu jadi tertuju ke kata-kata yang terdapat garis merahnya. Hal ini mungkin saja disebabkan oleh perbedaan bahasa yang digunakan, misalnya di sistem Microsoft Word kamu menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ejaan dan pengucapan, namun ketika kamu mengetikkan ejaan bahasa Indonesia muncul garis merah dibawahnya, karena Check Spelling mendeteksi ejaan kata tersebut bukan berasal dari bahasa Inggris.

Selain itu, Check Spelling juga akan berfungsi jika kamu melakukan copy dan paste dari internet ke file word kamu. Jika kamu melakukan copy tulisan dari internet, dan ketika kamu paste tulisan tersebut di Microsoft Word, maka akan muncul garis merah dibawahnya. Hal ini menunjukkan bahwa tulisan tersebut bukan diketik langsung dari komputer kamu.

Lalu apakah bisa menghilangkan garis merah ini? Tentu bisa, yang harus kamu lakukan adalah menonaktifkan fitur Check Spelling. Untuk menonaktifkan fitur Check Spelling ini, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini, diantaranya adalah: 

1. Silahkan buka file Microsoft Word yang ingin kamu hilangkan garis merahnya, lalu blok kata-kata yang bergaris merah tersebut

2. Setelah itu, silahkan pilih Review, lalu pilih Language, dan pilih Set Proofing Language…

3. Setelah itu, pada menu bahasa, pilih Indonesian, lalu dibawahnya centang pada bagian Do Not Check Spelling or Grammar, lalu klik Ok

4. Sekarang semua teks tersebut sudah bersih tidak ada garis merah dibawahnya.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya