Cara Menghilangkan Notifikasi “Koneksi USB Terputus / Tersambung” di Ponsel Samsung

0

Faktor-faktor yang menyebabkan munculnya notifikasi tersebut adalah konektor USB dalam keadaan lembab dan kotor, terlalu sering meng-charge, port USB terkena air, korosi, terlalu keras dalam mencabut charger-an dan masih banyak lagi faktor lainnya.

Pernahkah ponsel kalian mendapat notifikasi “Koneksi USB Terputus/ Tersambung” secara terus-menerus? Hal itu menyebabkan ponsel kalian menjadi panas dan bisa menghabiskan daya baterai kalian secara cepat. Itu menandakan bahwa ada masalah di dalam ponsel kalian, baik itu berupa masalah di dalam mesin maupun di port USB ponsel itu sendiri.

Faktor-faktor yang menyebabkan munculnya notifikasi tersebut adalah konektor USB dalam keadaan lembab dan kotor, terlalu sering meng-charge, port USB terkena air, korosi, terlalu keras dalam mencabut charger-an dan masih banyak lagi faktor lainnya.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan notifikasi tersebut, yaitu:

ads by posciety

Bersihkan Lubang Konektor, Lalu Restart

Ada kemungkinan notifikasi koneksi USB terputus dan tersambung di ponsel kalian bisa jadi karena debu yang menyumbat lubang konektor atau lubang tersebut pernah/sering terkena percikan air yang tidak kalian sadari.

Oleh karena itu, bersihkan lubang konektor ponsel kalian menggunakan tusuk gigi. Masukkan tusuk gigi atau jarum ke lubang konektor dan gosokkan secara perlahan. Ulangi langkah tersebut untuk menghilangkan sebanyak mungkin kotoran pada lubang konektor.

Adapun cara lainnya yaitu menggunakan kaleng udara pembersih yang dilengkapi dengan pipa penghisap untuk membuang debu dan kotoran pada lubang pengisi daya ponsel. Setelah lubang konektornya dibersihkan, restart lagi ponsel kalian.

Nonaktifkan Ponsel Kalian Selama Tidur dan Pada Saat Men-charge

Jika kalian sudah membersihkan lubang konektor namun masih muncul notifikasi tersebut, langkah selanjutnya yang bisa kalian lakukan yaitu nonaktifkan ponsel kalian selama kalian tidur, apalagi pada saat men-charge.

Mengapa ponsel kalian harus dimatikan selama tidur atau men-charge? Karena cara ini bisa dibilang ampuh dalam menghilangkan notifikasi tersebut untuk sementara waktu. Kekurangan dari cara ini yaitu apabila kalian lupa men-charge ponsel kalian dalam keadaan nyala, maka notifikasi ‘koneksi USB tersambung/terputus’ akan muncul kembali.

Ganti Charger-an

Ada kemungkinan notifikasi tersebut muncul karena kabel charger sudah tidak lagi berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, coba kalian pakai charger lain yang jenisnya sama dengan milik kalian. Apabila notifikasi itu hilang, berarti masalah terletak pada kabel charger-an. Jika notifikasi itu tidak hilang, maka coba lakukan langkah berikutnya.

Reset Semua Pengaturan

Langkah keempat yang bisa kalian coba yaitu reset semua pengaturan. Reset semua pengaturan tidak akan menghapus data-data yang berada di dalam ponsel.

Caranya yaitu masuk ke menu ‘Pengaturan’.

Pilih menu ‘Tentang Ponsel’

Pilih menu ‘Reset’

Pilih menu ‘Reset Semua Pengaturan’

Pilih ‘Reset Pengaturan’

Setelah itu, restart ponsel kalian pada saat itu juga.

Reset Pengaturan Jaringan

Jika cara di atas ampuh, maka coba cara ini. Pilih menu ‘Pengaturan’

Pilih ‘Tentang Ponsel’

Pilih ‘Reset’

Pilih ‘Reset Pengaturan Jaringan’

Setelah itu, restart hp kalian.

Melakukan Factory Data Reset Android

Langkah berikutnya yang bisa dicoba yaitu melakukan reset data pabrik. Sebelum reset ke setelan pabrik, kalian harus memback-up data terlebih dahulu agar data yang ada di dalam ponsel tidak hilang.

Cara reset data pabrik sama halnya dengan reset pengaturan sebelumnya, hanya saja perbedaannya terletak pada pemilihan menu di ‘Tentang Ponsel’.

Kalian pilih menu ‘reset data pabrik’.

Sebelum mereset, baca dulu keterangan yang tertera di menu tersebut. Jika sudah membackup semua data, maka mulailah kalian me-reset.

Bawa ke Service Centre

Apabila langkah-langkah di atas tidak efektif, maka langkah selanjutnya yaitu membawa ponsel kalian ke Samsung Service Centre terdekat. Setiap vendor ponsel android pasti memiliki service centre. Jika ponsel kalian masih bergaransi, bawa kartu garansi kalian ke Samsung Service Centre tanpa perlu mengeluarkan biaya.

Apabila kalian sudah tidak memiliki garansi, siapkan uang Rp 500.000,- (biaya perbaikan bulan Maret 2022) untuk melakukan perbaikan. Jika masalah dalam ponsel kalian tidak ditangani langsung oleh teknisi Samsung, besar kemungkinan ponsel kalian tidak akan bertahan lama dalam pemakaiannya atau bisa jadi ponsel kalian nantinya akan mati total dan sulit untuk diperbaiki.

Kelebihan service ponsel di Samsung Service Center, kalian akan mendapat garansi 3 bulan setelah ponsel kalian diservice. Jadi, kalau ponsel kalian ada masalah setelah diperbaiki selama kurun waktu 3 bulan itu, maka kalian bisa datang kembali ke Samsung Service Centre untuk mengajukan keluhan, tanpa dipungut biaya lagi (jika waktu garansi masih berlaku). Jangan lupa bawa struk atau nota pembayaran servicenya!

Sekian langkah-langkah yang bisa kalian lakukan dalam menghilangkan notifikasi koneksi USB terputus/tersambung. Semoga artikel ini dapat kalian pahami dan juga dapat memberikan manfaat untuk kalian yang memiliki masalah yang sama dengan ponsel kalian.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya