Mute Audio di Adobe Premiere Pro CS6

Simpan Video Tanpa Suara

Pada tutorial sebelumnya, saya sudah jelaskan tentang cara Zoom In & Zoom Out Video pada Adobe Premiere. Sebaiknya kalian ikut tutorial itu terlebih dahulu untuk memahami penjelasan tentang Keyframe, karena pada video ini akan menggunakan Keyframe juga. Pada pengeditan Audio / Suara / Musik di Adobe Premiere ada 4 metode yaitu:

  • Hiding Icon
  • Audio Keyframe
  • Audio Keyframes Tanpa Cut
  • Gabungan

Lebih senang lihat video tutorial dibanding baca ? Saya sudah buatkan video tutorial untuk ini, silahkan scroll kebawah dan klik link video tutorial.

Hiding Icon

Pada metode ini sangat mudah dibanding metode kedua tapi kekurangannya tidak bisa mengkustom mute sesuai waktu yang diinginkan. Karena metode ini akan menghilangkan seluruh suara / volume audio yang berada di jajarannya.

Caranya, silahkan klik icon volume (speaker) di bar jajaran audio yang ingin kalian hilangkan suaranya. Tentukan bar audio yang ingin dihilangkan suaranya, matikan icon speaker disebelah kirinya maka suara untuk bar audio itu tidak akan muncul.

Audio KeyFrames

Pada metode ini, kita dapat mengkustom menit / detik keberapa kita ingin menghilangkan audio dan membuatnya muncul lagi de menit berikutnya. Silahkan cut / potong audio mulai dari menit berapa sampai menit berapa yang ingin dihilangkan audio nya menggunakan Razor Tool (atau tekan C pada keyboard). Setelah dipotong, klik audio yang ingin di mute lalu perhatikan tab Effect Controls. Pada Effect Controls ini silahkan klik / buka Volume -> Level.

(lihat gambar) Perhatikan tanda-tanda warna merah pada gambar.

Setelah di buka bagian Level, terdapat controler yang bisa digeser ke kanan dan kiri silahkan geser controller tersebut kebagian paling kiri untuk membuat audio hilang sepenuhnya. Dan pastikan line / garis tipis di sebelah kananya ikut turun kebawah dan merata (lurus). Sekarang, video pada menit tersebut sudah tidak memiliki audio tetapi pada menit-menit sebelum dan sesudahnya masih mengandung audio.

Audio Keyframes Tanpa Cut

Pada metode ketiga ini kita akan memanfaatkan Keyframes pada audio seperti yang pernah saya jelaskan pada tutorial Zoom In & Zoom Out Video. Silahkan klik pada audio yang akan dikustom / edit, lalu perhatikan kembali tab Effect Controls nya. Silahkan geser garis player berwarna merah ke ujung paling kiri pada tab Effect Controls tersebut dan sama seperti metode kedua buka Volume -> Level, selanjutnya klik Add/Remove Keyframe untuk menampilkan keyframe pada garis merah tersebut.

Lalu geser garis merah tersebut ke menit terakhir audio itu bersuara (tepat sebelum detik dimana audio akan dimatikan) dan tekan kembali Add/Remove Keyframe untuk menambahkan keyframe baru pada posisi tersebut. Fungsinya untuk membuat suara terus berjalan lurus dari menit pertama (keyframe pertama tadi) sampai menit sebelum audio akan dihilangkan.

Selanjutnya, geser 1 FRAME saja dari keyframe kedua yang kita buat tadi. Nah pada frame baru ini buat keyframe baru lagi dan kita akan atur audio nya jadi mati, silahkan tentukan berapa menit audio akan mati. Misalnya 1 menit, maka berikan keyframe baru lagi pada akhir 1 menit tersebut. Nah 2 keyframe yang baru dibuat ini akan kita gunakan untuk menurukan audio, silahkan letakkan garis player merah pada keyframe yang baru dibuat kemudian tarik controller suara ke paing kiri seperti pada metode sebelumnya untuk membuatnya nol / mute.

(lihat gambar) Perhatikan garis audio menjadi turun artinya suara menghilang pada menit tersebut. Sampai sini, seharusnya kalian paham bagaimana cara mengembalikannya bersuara pada menit berikutnya. Tapi akan saya jelaskan biar makin mantap.

Geser lagi 1 FRAME setelah keyframe terakhir yang kita buat tadi, lalu tambahkan keyframe baru dan angkat kembali (geser kembali audio controller nya) ke posisi bersuara seperti pada volume sebelumnya. Silahkan tarik sampai sejajar kembali dengan volume bersuara sebelumnya. (lihat gambar)

Lihat! Saya sudah buat keyframe baru lagi untuk membuatnya naik dan bersuara lagi. Dan begitu pun selanjutnya ketika kalian ingin mengubah audio pada menit-menit / video-video berikutnya, metode tetap sama seperti yang kita buat ini. Maka dari itu, metode ke 3 ini lebih memuaskan menurut saya dibanding metode lain.

Gabungan

Pada metode ini kita sebut saja Gabungan ya, karena memang ada beberapa metode diatas menjadi satu disini. Metode keempat ini saya rasa lebih simpel dan tepat tapi jika video panjang dan banyak komponen didalam Squence nya jika tidak hati-hati  / lupa suka jadi kacau dan kebingungan. Mungkin kalo sudah terbiasa akan lancar jaya.

Silahkan cut audio yang ingin di nonaktifkan / mute (misalnya berdurasi 1menit) lalu hasil potongannya tersebut digeser ke bar audio dibawahnya. Nah, pada bar audio yang bawahnya ini silahkan nonaktifkan icon speaker seperti pada metode pertama. Maka audio yang dipindahkan kebawah itu tidak akan bersuara.

(lihat gambar) Gimana ? Smart kan haha 😀

Lakukan langkah-langkah seperti ini pada menit-menit berikutnya jika ingin menambahkan audio yang di mute. Harap pastikan pada audio bar nomor 2 ini tidak ada audio yang disimpan selain audio yang ingin di senyapkan saja. Karena jika kalian menyimpan audio yang ingin disuarakan pada menit-menit berikutnya pada bar audio nomor 2 ini akan menjadi senyap.a Ini yang saya kebingungan kalo lupa.

Masih bingung ? Lihat : Video tutorial cara simpan video Adobe Premiere Tanpa Audio.

Disini saya praktekan menggunakan Adobe Premiere Pro CS6, jadi harap maklum jika ada sedikit langkah yang berbeda jika menggunakan versi lain atau mungkin ada pembaruan di masa mendatang yang dilakukan oleh Adobe. Please keep in mind, jika kalian ingin membuat suara mengecil (bukan mute) maka audio controller tadi jangan disimpan terlalu kiri.

Selamat mencoba !

Loading...

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi