MailChimp RSS Feed Campaign

Kirim Email Otomatis Ketika Ada Artikel Baru

Setiap blogger tentu ingin sekali memberikan konten terbaru kepada pelanggan tapi aneh rasanya kalo harus mengirim secara manual di zaman modern seperti ini. Dengan tutorial dibawah ini, kalian tidak perlu lagi mengirim konten secara manual karena itu membosankan. Pada tutorial kali ini akan saya bantu kalian dalam setting / mengatur pengiriman konten RSS Feed secara otomatis atau biasa dikenal Automation degan menggunakan email marketing service MailChimp.

Untuk menggunakan MailChimp, tentu kalian perlu memahami dulu produk MailChimp lebih detail. Klik disini untuk melihat ulasan saya tentang MailChimp.

Silahkan masuk ke akun MailChimp, kalo belum punya silahkan Daftar dan lengkapi proses pendaftaran kemudian login dan lanjutkan tutorial ini.

Klik menu Campaigns pada daftar menu diatas lalu klik tombol Create Campaign masukkan nama Campaign, pilih Campaign Type nya RSS dan klik Create. Sekarang kalian akan diarahkan ke tampilan pembuatan Campaign Wizard.

Pada step pertama (RSS Feed) terdapat beberapa opsi yang dapat diisi:

  • RSS Feed URL

Adalah url / link RSS Feed kalian, silahkan isi dengan benar karena kalo salah nanti tidak akan berjalan campaign nya. Klik disini untuk mencari tahu RSS Feed.

  • When Should we Send?

Adalah waktu kapan campaign ini akan di kirim, silahkan pilih waktu yang diinginkan. Jika memilih Every day maka akan muncul opsi baru dibawahnya yaitu kotak centang nama-nama hari untuk memilih hari apa saja (centang semua hari jika ingin mengirim setiap hari).

Ada juga menu tarik-turun jam yang dapat kalian gunakan untuk memilih waktu / jam berapa campaign ini akan dikirim ke pelanggan.

Catatan: Waktu disini bergantung pada zona waktu / timezone settingan waktu akun kalian, untuk mengatur time zone ini kalian dapat mengaturnya di menu Account.

  • Resize RSS feed images to fit template

Centang kotak ini jika kalian ingin gambar yang dimasukkan pada template campaign ini nanti mengatur ukuran secara otomatis (tidak berantakan)

Setelah selesai, klik Next.

Berikutnya bagian Recipient

Step ini adalah menentukan list / daftar pelanggan mana yang ingin dikirimi email dengan campaign ini.

List

Pada menu tarik-turun silahkan pilih daftar pelanggan yang telah kalian buat sebelumnya. Daftar pelanggan yang dipilih disini yang akan dikirimi cmapaign ini.

Opsi Radio

Terdapat beberapa opsi yang dapat dipilih yaitu: Entire list, Saved or pre-built segment dan Group or new segment.

Jika memilih Entire list

Maka campaign ini akan dikirim kepada seluruh pelanggan yang ada didaftar pelanggan terpilih diatas.

Jika memilih Saved or pre-built segment

Akan menampilkan daftar segment yang pernah kalian buat sebelumnya dan ada juga segment yang telah dibuatkan oleh MailChimp yang dapat digunakan yaitu: New SubScribers (akan mengirim ke pelanggan baru kurang dari 7hari berlangganan pada daftar pelanggan terpilih diatas), Active SubScribers (akan mengirim ke pelanggan yang telah membuka campaign sebelumnya dalam 5 campaign terakhir) dan Inactive Subsribers (akan mengirim ke pelanggan yang tidak pernah membuka campaign kalian sebelumnya dalam 5 campaign terakhir).

Ada juga pre-built segment lainnya dibagian bawah tapi ini adalah fitur berbayar berbayar / premium. Jika kalian menggunakan paket gratis maka tidak akan bisa menggunakan pre-built tersebut.

Klik disini untuk mempelajari lebih lanjut tentang pre-built segment.

Jika memilih Group or new segment

Akan menampilkan group dari daftar pelanggan terpilih diatas tapi jika daftar pelanggan tidak dibuatkan grup maka tidak akan tampil karena kalian perlu membuat grup pada daftar pelanggan tersebut terlebih dahulu.

Bisa juga membuat segment (custom baru) dibagian bawahnya pada tab New segment, disini kalian dapat membuat kondisi baru untuk segment baru. Silahkan tentukan kondisi untuk segment pengiriman campaign ini misalnya berdasarkan Language maka pilih Language pada menu tarik-turun pertama lalu disampingnya adalah kondisi dan di menu tarik-turun ketiga adalah value atau nilainya, Tentukan kondisi sesuai yang kalian perlukan.

Tapi bisa juga berdasarkan email dengan beralih ke tab Paste emails, fungsinya untuk menambahkan email baru menjadi termasuk atau tidak termasuk dalam pengiriman campaign ini.

Setelah selesai klik Next.

Berikutnya bagian Setup

Yaitu bagian setup email campaign, disini terdapat beberapa opsi dan kolom yang bisa ditentukan.

Campaign name

adalah nama dari campaign ini, silahkan isi agar tidak membingungkan kalian jika memiliki banyak campaign dan nama ini hanya tampil untuk akun kalian bukan pada email pelanggan.

Email subject

adalah subjek email pada email masuk pelanggan, subjek email sebaiknya jangan dikosongkan karena beberapa layanan email memerlukan subjek. Batas karakter pada kolom ini adalah 15 karakter, kalianpun dapat mengisinya dengan emoticon

From name

Adalah nama pengirim email yang akan tampil sebagai nama pengirim pada kotak masuk email pelanggan. Biasanya diisi dengan nama perusahaan atau nama situs web / blog kalian.

From email address

adalah alamat email yang ditampilkan sebagai pengirim pada kotak masuk email pelanggan. Biasanya diisi dengan alamat email perusahaan atau alamat email domain situs web / blog kalian.

Catatan: Beberapa bulan lalu, MailChimp menerapkan kebijakan baru dengan adanya verfikasi email dan domain untuk pengiriman menggunakan alamat email perusahaan atau alamat email domain sendiri. Untuk mengatur verifikasi ini silahkan pergi ke halaman Account -> Verify Domain.

Personalize the “To” field

Adalah personalisasi bidang yang diambil dari merge tag MailChimp. Merge tag ini bergantung pada pengaturan bidang daftar pelanggan misalnya pada daftar pelanggan ini memiliki bidang nama dengan nama merge tag nya *|NAMA|* maka kalian masukkan *|NAMA|* pada kolom Specify *|MERGETAGS|* for recipient name.

Fungsinya adalah untuk membuat email kalian terlihat lebih personal dan lebih akrab dengan pelanggan dengan menyebutkan nama mereka. Untuk mengetahui apa nama merge tag bidang nama pada daftar pelanggan ini silahkan pergi ke daftar pelanggan bersangkutan -> Merge Tags.

Pelajari lebih lanjut tentang penggunaan Merge Tags disini.

Opsi Lainnya

Ada beberapa opsi lainnya yang dapat kalian gunakan sesuai keperluan, opsi lainnya ini ada yang berbayar dan ada yang gratis. Fitur berbayar pada halaman ini ditandai dengan Paid accounts only dan jika akun kalian memiliki paket gratis maka tidak dapat menggunakannya.

Sosial Media

Dibagian bawah ada opsi untuk sosial media yaitu Auto Tweet yang berfungsi membuat tweet otomatis ke akun Twitter dan Post Facebook yang berfungsi mengirim ke kiriman Facebook. Hal ini akan terjadi sesuai jadwal pengiriman campaign di step sebelumnya. Untuk menggunakan fitur ini silahkan centang kotaknya dan kalian perlu menghubungkan media sosial ke akun MailChimp kalian terlebih dahulu, caranya silahkan pergi ke menu Account -> Detail.

Setelah selesai klik Next.

Berikutnya bagian Template

Merupakan halaman pemilihan template / desain untuk email yang akan dikirim. Ada beberapa menu template yang bisa dipilih sesuai selera dan kebutuhan.

Basic

Adalah template dasar yang disediakan dengan berdasarkan jumlah kolom / kotak pada email tersebut.

Themes

Adalah tema email yang disediakan MailChimp untuk langsung pakai dengan macam-macam desain.

Saved Template

Adalah template yang pernah kalian simpan di akun MailChimp.

Campaigns

Adalah template yang diambil dari campaign kalian sebelumnya, lebih pratis jika kalian ingin menggunakan template yang sama dengan campaign sebelumnya.

Code your own

Adalah fitur untuk membuat template custom, kalian dapat menggunakan ini jika tidak ada 1 template pun yang bagus menurut kalian dari daftar template diatas. Disini pun ada beberapa metode penggunaannya: Paste in code (menempelkan code HTML template yang sudah dibuat sendiri), Import from zip (mengunggah file .zip yang mengandung file .html yang akan digunakan sebagai template) dan Import from URL (hampir mirip dengan mengunggah file .zip tapi metode ini akan mengambil langsung dari URL bukan dari komputer kalian).

Setelah selesai, klik Next.

Berikutnya bagian Design

Adalah halaman untuk menyesuaikan template yang sudah dipilih dan mengatur tata letak sampai tulisan. Disinilah tempat kalian mengisi konten dari email, behubung ini adalah tutorial membuat Automation RSS Feed maka saya akan jelaskan tentang menyisipkan RSS Feed pada template.

Untuk menampilkan konten artikel blog kalian pada email ini, diperlukan merge tags RSS Feed. Klik pada text yang ada untuk mengeditnya, jika ingin menambahkan elemen text baru bisa seret element text dari daftar element disebelah kanan tarik dan jatuhkan di template.

Pada kotak pengeditan text silahkan masukkan kode *|RSSITEM:DATE|* untuk memasukkan tanggal secara otomatis (tanggal artikel dipublikasikan), *|RSSITEM:TITLE|* untuk judul, *|RSSITEM:AUTHOR|* untuk penulis artikel, *|RSSITEM:CONTENT_TEXT|* untuk isi artikel dan merge tag RSS lainnya yang diperlukan.

Jadi, ketika ada konten baru akan tampil secara otomatis di posisi merge tag RSS tersebut.

Mungkin kalian juga memerlukan *|RSSITEM:RECENT|*, yaitu gabungan dari merge tag RSS diatas yang ditampilkan berupa list /daftar. Akan sangat berguna jika ternyata kalian memiliki artikel terbaru lebih dari satu.

Ini adalah contoh yang saya gunakan: (lihat gambar)

Hasil dari template ini silahkan lihat disini (selalu update ketika ada artikel baru di situs blog riobermano.com). Pilih tanggal campaign dari daftar tersebut yang ingin kalian lihat. Begitulah hasilnya…

Jika ingin menambahkan merge tag RSS lainnya atau ingin mempelajari lebih lanjut silahkan klik disini.

Setelah selesai, klik Next.

Masih bingung ? Lihat : Video tutorial cara mengirim email otomatis saat blog ada konten baru.

Berikutnya bagian Confirm

Adalah halaman tinjauan dari awal pembuatan campaign ini. Pastikan tidak ada tanda error pada masing-masing bagian, jika ada tanda error artinya ada yang tidak sesuai atau salah dan silahkan perbaiki sebelum dapat mengirim / mengaktifkan RSS campaign ini.

Jika sudah yakin, klik tombol Start RSS. Maka RSS akan mulai aktif dan akan mulai mengirimkan campaign nya ke daftar pelanggan yang dipilih sesuai jadwal.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...

POS Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi