Ketika menerima data yang banyak dalam bentuk file Excel yang memiliki tulisan tidak rapih seperti huruf yang tidak beraturan, tentu perlu waktu lama untuk merapihkannya. Di bawah ini kita akan membahas bagaimana cara cepat merapihkan huruf di dalam file Excel.

Mengubah Huruf di Excel

Cara di bawah ini juga bisa kamu ikuti untuk membuat huruf besar semua di excel, huruf pertama besar (capitalize), atau huruf kecil semua dengan rumus sehingga hemat waktu karena caranya lebih cepat daripada mengubah huruf secara manual (satu persatu).

Membuat Huruf Excel Besar Semua

mengubah huruf di excel

Anggaplah kamu memiliki data seperti gambar di atas dan ingin membuat huruf-hurufnya menjadi huruf besar semua. Ikut langkah-langkah berikut:

  • Klik pada cell kosong dimana nantinya kamu ingin menampilkan hasil perubahan ke huruf besar, misalnya klik cell B2
  • Ketik tanda sama dengan (=)
  • Ketik UPPER(
  • Klik pada cell yang hurufnya ingin diubah menjadi besar semua, misalnya cell A2
  •  Tekan ENTER pada keyboard

membuat huruf besar semua excel

Maka tulisan yang dipilih tadi menjadi huruf besar semua seperti pada gambar di atas, secara otomatis cell B2 pada gambar di atas sudah terisi rumus Excel yang membuat huruf menjadi besar semua.

Kamu bisa mengubah huruf pada cell-cell berikutnya secara otomatis dengan cara klik pada cell yang sudah terisi rumus Excel membuat huruf menjadi besar kemudian tarik ujung kanan bawah hingga ke cell yang kamu ingin jadikan hurufnya besar semua. Atau cara lebih cepatnya lagi cukup klik 2x ujung kanan bawah pada cell yang sudah terisi rumus tersebut maka secara otomatis cell-cell di bawahnya akan berubah menjadi huruf besar semua.

Membuat Huruf Excel Kecil Semua

Untuk membuat huruf menjadi kecil semua di Excel tidak berbeda jauh dengan cara membesarkan semua huruf seperti langkah di atas, hanya rumusnya saja yang berbeda. Ikuti langkah di bawah ini:

  • Klik pada cell kosong dimana nantinya kamu ingin menampilkan hasil perubahan ke huruf besar, misalnya klik cell B2
  • Ketik tanda sama dengan (=)
  • Ketik LOWER(
  • Klik pada cell yang hurufnya ingin diubah menjadi besar semua, misalnya cell A2
  •  Tekan ENTER pada keyboard

membuat huruf kecil semua di excel - posciety

Maka tulisan yang dipilih tadi menjadi huruf kecil semua seperti pada gambar di atas, secara otomatis cell B2 pada gambar di atas sudah terisi rumus Excel yang membuat huruf menjadi huruf kecil semua.

Kamu bisa mengubah huruf-huruf pada cell selanjutnya secara otomatis dengan cara klik cell yang sudah terisi rumus Excel membuat huruf menjadi kecil semua kemudian tarik ujung kanan bawah hingga ke cell yang kamu ingin jadikan hurufnya kecil semua. Atau cara cepatnya lagi cukup klik 2x ujung kanan bawah pada cell yang sudah terisi rumus tersebut maka secara otomatis cell-cell di bawahnya akan berubah menjadi huruf kecil semua.

Membuat Huruf Excel Pertama Kapital

Setiap huruf pertama pada tulisan akan berubah menjadi huruf kapital atau huruf besar, ini berlaku untuk huruf selanjutnya setelah spasi (misalnya ada 2 kata dalam 1 cell) atau yang biasa disebut capitalize. Anggaplah kamu memiliki data awal seperti ini:

huruf awal besar pada excel

Ikut langkah-langkah berikut untuk membuat setiap huruf awal menjadi besar / kapital:

  • Klik pada cell kosong dimana nanti kamu ingin menampilkan hasil dari rumus ini, misalnya cell B2
  • Ketik tanda sama dengan (=)
  • Ketik rumus PROPER(
  • Klik pada cell yang ingin diubah huruf awalnya menjadi kapital, misalnya cell A2
  • Tekan ENTER pada keyboard

membuat huruf awal jadi besar di excel - posciety

Maka tulisan yang dipilih tadi setiap huruf awalnya akan berubah menjadi besar seperti pada gambar di atas, secara otomatis cell B2 pada gambar di atas sudah terisi rumus Excel yang membuat huruf awal menjadi besar.

Kamu bisa menerapkan rumus yang sama pada cell selanjutnya secara otomatis dengan cara klik cell yang sudah terisi rumus Excel membuat huruf awal menjadi besar kemudian tarik ujung kanan bawah hingga ke cell yang kamu ingin jadikan huruf awalnya menjadi besar.

Atau cara cepatnya lagi cukup klik 2x ujung kanan bawah pada cell yang sudah terisi rumus tersebut maka secara otomatis semua cell di bawahnya akan berubah menjadi huruf besar di setiap awal kata.